TREN
26 Agustus 2016

Manfaat Bekerja Paruh Waktu untuk Mahasiswa

Manfaat lain dari sekedar mencari uang tambahan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Sebagai mahasiswa apalagi mahasiswa tingkat akhir yang punya banyak waktu luang, dan hanya menghabiskan waktunya untuk nongkrong, hura-hura, dan masih meminta uang jajan ke orangtua. Bersenang-senang boleh saja, menikmati masa muda memang perlu. Tapi bukankah waktu Anda yang berharga itu bisa dilakukan untuk hal yang lebih bermanfaat? Bagaimana jika Anda coba untuk bekerja paruh waktu? Selain untuk menghasilkan uang, ternyata ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan.

Belajar Disiplin

Mungkin sebagai mahasiswa Anda sering menyepelekan arti kedisiplinan. Sering bolos dari kelas, atau terlambat pada saat ujian. Makin lama, mngkin akan menjadi kebiasaan yang sulit dipisahkan dari hidup Anda. Latih kedisiplinan Anda dengan mencoba kerja paruh waktu. Anda akan tahu bagaimana menjadi seorang karyawan yang harus patuh dengan peraturan dan sistem kerja yang baku. Semakin Anda disiplin, semakin bagus mental Anda terbentuk. Ini menjadi modal yang baik untuk Anda bersaing di dunia kerja yang sesungguhnya.

Melatih Kemandirian

Jika di ruang kelas merasa kesulitan dengan tugas yang diberikan dosen, Anda dengan mudah mencontek pekerjaan teman Anda, atau sering masih bersikap manja kepada orangtua. Tidak akan terjadi jika Anda merasakan bekerja paruh waktu. Anda akan dituntut profesional untuk menyelesaikan pekerjaan Anda sendiri. Kemandirian Anda akan terasah dan secara tidak langsung, mental Anda akan lebih mandiri dalam mengambil keputusan atau dalam memecahkan masalah.

Tau Arti Kerja Keras

Jika Anda sudah merasakan bagaimana beratnya bekerja. Pasti Anda akan sangat menghargai arti dari sebuah kerja keras. Bukan dari berapa penghasilan yang didapatkan, Anda akan lebih menghargai orang yang bekerja keras untuk Anda. Terutama kepada orangtua Anda. Mereka sudah sangat bekerja keras sampai Anda bisa duduk diperguruan tinggi, dan memberikan segala yang terbaik untuk Anda.

Menghargai Uang

Tidak banyak uang yang Anda hasilkan dari bekerja paruh waktu, tapi pola pikir Anda tentang uang akan berubah. Selama ini Anda menganggap remeh uang, dan beranggapan orangtua Anda akan terus memberikan Anda uang. Dengan menjadi pekerja Anda akan tahu, bahwa uang tidak selayaknya digunakan secara berlebihan atau sekedar mengejar gaya hidup yang dianggap anak muda jaman sekarang dengan kata “hits”. Sudut pandang Anda akan lebih sederhana dan mawas diri. Ini tentu baik untuk menghindari sifat konsumtif yang biasanya dilakukan usia remaja. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencari pekerjaan saat ini?

--LMF

Artikel Terkait