KESEHATAN
4 Maret 2020

4 Manfaat Beras Merah untuk Diabetes, Sehat Banget!

Penderita diabetes disarankan untuk mengganti konsumsi beras putih dengan beras merah. Apa manfaatnya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Diabetes tipe 2 menjadi masalah kesehatan yang berkembang di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperkirakan lebih dari 422 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit ini.

Dan sekitar 1,6 juta orang meninggal setiap tahun sebagai akibat langsung dari diabetes. Angkanya cukup membuat jeri!

Penyakit ini jugalah yang dapat menyebabkan kebutaan, stroke, serangan jantung, gagal ginjal, dan amputasi anggota tubuh bagian bawah. Menariknya, masalah diabetes meningkat cepat, baik di negara-negara kaya, menengah, dan berpenghasilan rendah.

Ternyata meningkatnya konsumsi nasi putih menjadi salah satu faktor yang berbanding lurus dengan meningkatnya pula masalah diabetes di dunia. Tetapi penelitian menunjukkan beralih ke beras merah dapat membantu mengatasi diabetes.

Manfaat Beras Merah untuk Diabetes

Berikut beberapa manfaat beras merah bagi penderita diabetes!

1. Kandungan Serat Tinggi

manfaat beras merah untuk diabetes - kandungan serat tinggi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat beras merah untuk diabetes yang pertama adalah kandungan serat tinggi. Dibanding beras putih, kandungan serat di beras merah lebih tinggi.

Serat ternyata berperan dalam menghambat pelepasan glukosa ke dalam darah, sehingga dengan mengkonsumsi beras merah mengurangi risiko memengaruhi gula darah dalam tubuh.

Hal ini penting bagi penderita diabetes karena tubuh penderita diabetes tipe 2 tidak dapat mengatur dan menggunakan gula dengan baik dalam aliran darah.

Dengan tingginya kandungan serat, beras merah dapat membantu menurunkan kolesterol, memindahkan sisa limbah makanan melalui saluran pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Menu Diet Keto untuk Pemula

2. Tidak Mengandung Lemak Trans

manfaat beras merah untuk diabetes - tida mengandung lemak trans.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat beras merah untuk diabetes yang selanjutnya adalah tidak mengandung lemak trans. Beras merah merupakan bahan makanan bergizi tinggi. Beras merah terdiri dari biji-bijian utuh yang relatif rendah kalori (216 kalori per cangkir). Selain tinggi serat, beras erah biasanya juga bebas gluten.

The US Rice Federation bahkan mencatat bahwa beras merah tidak mengandung lemak trans atau kolesterol. Beras merah hanya memiliki sedikit lemak dan natrium sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

3. Kaya Vitamin dan Mineral

manfaat beras merah untuk diabetes - kaya vitamin mineral.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat beras merah untuk diabetes yang selanjutnya adalah kaya vitamin dan mineral. Beras merah ternyata juga dilengkapi banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin B, zat besi, kalsium, dan zink.

Beras merah juga diketahui mengandung selenium dan magnesium. Selenium memainkan peran penting dalam enzim antioksidan dan mempengaruhi fungsi tiroid.

Magnesium membantu membangun tulang yang kuat dan terlibat dalam reaksi enzim yang tak terhitung jumlahnya dalam membantu mensintesis DNA dan protein yang diperlukan untuk kontraksi otot dan konduksi saraf yang tepat.

Baca Juga: Tidak Disangka, 5 Bahan Dapur Ini Bisa jadi Obat Kolesterol Ampuh

4. Rendah Indeks Glikemik

manfaat beras merah untuk diabetes - indeks glikemik rendah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat beras merah untuk diabetes yang selanjutnya adalah rendah indeks glikemik. Beras merah dianggap makanan rendah indeks glikemik.

Nah, dikutip dari Harvard School of Public Health, indeks glikemik ini mengacu pada seberapa cepat dan seberapa banyak makanan dapat meningkatkan gula darah seseorang setelah makan.

Pada beras putih, indeks glikemik memiliki rata-ratanya 64, termasuk kategori sedang. Sementara indeks glikemik untuk beras merah adalah 50 dan termasuk ke dalam kategori rendah.

Artinya, beras merah memang aman dikonsumsi oleh orang dengan diabetes.

"Nasi putih dicerna jauh lebih cepat dan diubah menjadi gula dalam darah Anda jauh lebih cepat, sehingga tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak insulin dalam menanggapi nasi putih. Sedangkan biji-bijian utuh seperti beras merah dipecah menjadi glukosa jauh lebih lambat," ujar Alissa Rumsey, RD, ahli gizi di New York-Presbyterian Hospital, New York.

Baca Juga: 7 Penyebab Perut Buncit Pria yang Sering Diabaikan

Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Harvard School of Public Health menemukan hasil bahwa orang dapat mengurangi risiko terkena diabetes sebesar 11 persen ketika mereka mengkonsumsi nasi merah dua kali atau lebih per minggunya.

Itulah beberapa manfaat beras merah untuk pasien diabetes. Jika Moms dan Dads merasa berpeluang mengalami diabetes tipe 2 akibat gaya hidup, Moms dan Dads bisa mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi beras merah.

Memang tekstur dan rasanya tidak senikmat saat menyantap nasi putih hangat, tapi pengaruh kesehatan patut jadi bahan pertimbangan.

(DI/ERN)

Artikel Terkait