KESEHATAN
29 Juli 2016

Manfaat Berjalan Kaki 10 Menit

Hanya butuh 10 menit untuk merubah hidup!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Rasanya tidak bijak bila mengkambinghitamkan kesibukan sehari-hari sebagai alasan untuk berhenti menjaga kebugaran tubuh. Jangan batasi konsep olahraga Anda dengan gerakan-gerakan yang berat ataupun wajib mengelilingi lapangan sebanyak belasan kali. Cukup dengan rutin berjalan kaki selama 10 menit setiap harinya, maka Anda akan mendapatkan segudang keuntungan ini:

Membakar 1.000 Kalori

Bila rutin berjalan kaki selama 10 menit dalam seminggu maka Anda berhasil membakar 1.000 kalori. Hal ini tentunya akan efektif jika didukung dengan pola makan yang sehat dan tidur yang berkualitas.

Menguatkan Jantung

Hasil penelitian dari American Heart Month memaparkan bahwa berjalan kaki 10 menit dalam sehari mampu mencegah potensi serangan jantung hingga 50%. Duduk lebih dari 6 jam dalam sehari akan menghambat aliran darah Anda sehingga melemahkan kinerja jantung. Solusi terbaik adalah melakukan gerakan aktif atau berjalan setidaknya 10 menit setiap hari.

Membantu Pernapasan

Tak hanya baik untuk jantung tetapi juga paru-paru. Tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak ketika berolahraga. Sama halnya dengan berjalan kaki, artinya paru-paru juga bekerja lebih keras. Semakin sering Anda memacunya maka kapasitas paru paru pun turut meningkat. Hal ini sangat membantu untuk memperbaiki sistem pernapasan.

Meningkatkan Kinerja Otak

Berjalan kaki memang tidak mengubah IQ, tetapi mampu meningkatkan daya konsentrasi Anda. Aktivitas sederhana ini juga mampu melepas penat dan membantu otak untuk melepaskan hormon serotonin.

Hidup Lebih Lama

Tidak perlu diragukan lagi, dari beberapa manfaat kesehatan yang telah disebutkan maka kegiatan berjalan kaki dapat membuat Anda hidup lebih lama. Tubuh yang bugar menjadi modal hidup utama. Masih mau bermalas-malasan? Mulailah rutinitas sehat ini dari sekarang!

--SR

Foto: ncoa.com

Artikel Terkait