BALITA DAN ANAK
23 Juli 2020

5 Manfaat Bermain Musik Bagi Perkembangan Anak

Kenali anak sedini mungkin dengan musik agar bisa merasakan manfaatnya di kemudian hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms pasti selalu ingin mendukung minat dan bakat Si Kecil, bukan? Banyak sekali bakat yang bisa dikembangkan sejak anak usia dini. Mulai dari bakat akademis, olahraga, ataupun yang bersifat seni seperti bermain musik.

Saat ini, banyak sekali para Moms berlomba-lomba memasukkan anaknya ke sanggar musik untuk mengasah kemampuan anak dalam bermain bermusik. Tapi apakah Moms tahu persis manfaat bermain musik untuk perkembangan anak?

Sebelum menjawab hal tersebut, ada baiknya Moms tahu kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan musik pada anak. Dikutip dari Public Broadcasting Service, seorang Dekan Fakultas Musik dari Universitas Southern California yang bernama Robert A. Cutietta mengatakan bahwa kebanyakan anak baru mulai siap menerima pendidikan musik secara formal ketika memasuki usia lima tahun.

Pada usia ini, tujuan anak mempelajari musik bukan untuk menjadi pemain musik yang hebat, tetapi untuk memberikan pemahaman musik lebih dalam kepada anak.

Seperti pengenalan tangga nada, tempo, atau jenis-jenis musik. Alat musik yang paling banyak dipelajari pada usia ini kebanyakan piano dan biola.

Manfaat Bermain Musik untuk Perkembangan Anak

Setelah Moms tahu kapan bisa memperkenalkan musik kepada Si Kecil, kini waktunya Moms mengetahui manfaat bermain musik untuk perkembangan anak secara spesifik.

1. Membangun Rasa Percaya Diri

manfaat bermain musik untuk perkembangan anak 1.jpg

Foto: Pexels.com

Apabila Moms menyadari Si Kecil memiliki masalah dengan rasa percaya diri, mendaftarkan anak ke lembaga pelatihan musik sepertinya ini menjadi langkah yang tepat.

Sebab, ketika anak mulai menyadari bahwa dirinya mampu memainkan alat musik, ia akan dengan senang hati menunjukkan kemampuannya. Jika kebiasaan ini berlanjut, akan tumbuh rasa percaya diri pada anak.

Percaya diri erat kaitannya dengan self-esteem. Berdasarkan kutipan dari Kids Health, self-esteem pada anak penting ditumbuhkan, karena ini akan membantu Si Kecil mengatasi kesalahan yang ditemuinya.

Ia akan mencoba lebih baik dari sebelumnya dan ini bekal yang positif untuk membentuk karakter anak di lingkungan sekolah, rumah, maupun dalam pergaulannya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Alat Musik untuk Anak, Banyak Manfaatnya!

2. Melatih Kesabaran

manfaat bermain musik untuk perkembangan anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Manfaat bermain musik bagi perkembangan anak berikutnya yaitu menumbuhkan kesabaran. Mungkin Moms masih ingat saat pertama kali belajar masak? Berkat kesabaran dan kegigihan Moms secara terus menerus akan membentuk keahlian baru. Begitupun saat anak belajar musik.

Anak akan dilatih untuk bersabar mengikuti setiap metode yang diberikan pada sesi latihan. Untuk itu, sangat penting bagi Moms memilih tutor belajar musik dengan karakter positif, agar anak diarahkan untuk lebih fokus dengan cara-cara yang menarik.

3. Media untuk Mengekspresikan Diri

manfaat bermain musik untuk perkembangan anak 3.jpeg

Foto: Pexels.com

Si Kecil sering tiba-tiba menangis atau sulit sekali diajak berdiskusi? Bisa jadi ini tanda anak Moms sulit mengekspresikan dirinya. Coba arahkan anak untuk memulai bermain musik, Moms.

Karena salah satu manfaat bermain musik untuk perkembangan anak yaitu anak bisa dengan mudah mengekspresikan dirinya. Salah satu caranya bisa lewat menulis lirik lagu, memilih jenis musik yang sesuai dengan suasana hati, ataupun tampil dalam sebuah panggung pertunjukan.

Baca Juga: 3 Cara Membiasakan Anak Mengekspresikan Rasa Sayang

4. Menanamkan Disiplin

manfaat bermain musik untuk perkembangan anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Mempelajari alat musik sampai benar-benar mahir membutuhkan durasi latihan yang tidak sebentar. Datang ke sekolah musik tepat waktu dan terus hadir pada setiap sesi latihan akan membentuk sikap disiplin pada Si Kecil.

Apabila ini menjadi kebiasaan, modal kedisiplinan Si Kecil dapat membentuk karakternya sampai dewasa sebagai bekal untuk mencapai setiap target hidupnya. Inilah mengapa manfaat bermain musik untuk perkembangan anak bisa dirasakan dalam jangka panjang.

5. Meningkatkan Kemampuan Matematika

manfaat bermain musik untuk perkembangan anak 5.jpeg

Foto: Pexels.com

Kalau mendengar kata matematika pasti Moms beranggapan bahwa ini kemampuan akademis yang tidak ada kaitannya dengan musik, kan?

Padahal, menurut pendiri Music Rhapsody di Redondo Beach, California bernama Lynn Kleiner yang dikutip dari Peters on Family Foundation, musik dan matematika saling berkaitan.

Dengan memahami ketukan, ritme, skala, anak-anak akan membagi, membuat pecahan, dan mengenali pola. Keseluruhan sistem ini akan membantu otak anak untuk lebih baik dalam memahami materi matematika.

Baca Juga: Ikuti 5 Cara Seru Ini Untuk Bantu Anak Belajar Matematika

Ternyata manfaat bermain musik untuk perkembangan anak sangat banyak dan cukup penting ya, Moms?

Jadi, jika usia Si Kecil sudah mencukupi dan anak menunjukan minat yang cukup kuat dalam bermusik, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke lembaga kursus musik yang berkualitas agar metode dan juga kemampuan Si Kecil dapat diasah secara maksimal, ya.

Artikel Terkait