2-3 TAHUN
16 Maret 2019

6 Manfaat Bermain Pasar-pasaran untuk Anak, Bisa Melatih Problem Solving!

Bermain pasar-pasaran adalah kegiatan yang menyenangkan bagi Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms tentu tahu bahwa bermain peran memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil. Bermain peran ini dapat berupa main dokter-dokteran, berkemah, menjadi pemadam kebakaran, masak-masakan, dan pasar-pasaran.

Menurut Millwood Education, bermain peran akan membuat anak-anak belajar tentang aktivitas dan situasi di dunia nyata.

Bermain peran, termasuk pasar-pasaran, dapat membangun kepercayaan diri Si Kecil jika dihadapkan pada situasi seperti itu di kemudian hari.

Ternyata, masih banyak lagi manfaat bermain pasar-pasaran bagi anak. Yuk simak ulasannya!

1. Mengajarkan Dasar-dasar Keuangan

shutterstock 772046401

Di era sekarang ini, kita memang sudah hidup di dunia mata uang virtual dan transaksi keuangan yang begitu cepat.

Namun, anak-anak tidak mungkin belajar dan memahami bagaimana keuangan tersebut jika mereka tidak memahami konsep dasar uang tunai. Oleh sebab itu, bermain jual beli akan memperkenalkan mereka pada tahapan pertama transaksi pertukaran uang dan barang.

2. Belajar Mengambil Keputusan

shutterstock 1191455644

Meski masih kecil, belajar untuk mengambil keputusan adalah hal yang penting. Jangan biarkan anak Moms, merasa kesulitan dalam berpikir.

Latihlah mereka untuk berani menentukan pilihan dari hal yang sederhana, misalnya apa yang mau mereka beli hari ini. Meski terlihat sederhana hal ini akan berpengaruh bagi kehidupan mereka kelak.

Baca Juga: Ternyata Ini 4 Manfaat Luar Biasa Dari Bermain Peran Bagi Anak

3. Matematika Dasar

shutterstock 1201857979

Kemampuan untuk melakukan matematika cepat sangat berguna dalam kehidupan dan bisnis.

Bermain jual beli dengan anak merupakan sebuah momen untuk Moms mengajarkan mereka matematika dasar seperti penambahan dan pengurangan.

4. Melatih Komunikasi

shutterstock 1008931171

Secara tidak langsung saat bermain jual beli dengan anak Moms tentu akan berinteraksi dengan mereka. Hal inilah yang akan membuat mereka terbiasa untuk belajar bagaimana berkomunikasi secara lebih jelas dan lancar.

Mereka juga akan dengan perlahan belajar mendeskripsikan sesuatu yang ingin mereka beli atau yang mereka tawarkan.

“Dengan bermain bersama anak yang lebih tua dan lebih muda, kecerdasan emosional akan pun akan semakin terlatih,” ujar Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), MSi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Anak Perempuan, Ini 7 Rekomendasi Mainan Masak-masakan untuk Si Kecil

5. Mengasah Kreativitas

shutterstock 1009429063

Proses belajar seorang anak tentu dimulai dari bagaimana mereka mampu berimajinasi. Saat bermain pasar-pasaran, daya imajinasi seorang anak akan sangat terlatih.

Secara tidak langsung mereka akan berimajinasi apa yang sedang mereka jual atau apa yang ingin mereka beli.

6. Cermat Dalam Memilih

shutterstock 305951237

Hal yang tak kalah penting adalah mengajarkan mereka bagaimana lebih cermat dalam memilih dan mempertimbangkan sesuatu.

Saat bermain jual beli, anak-anak akan langsung belajar memilih barang yang baik untuk dibeli. Bukan hanya itu, saat menjadi penjual mereka juga akan berusaha agar selalu mendapatkan untung.

Tak perlu bingung, mulailah dengan hal yang sederhana saja, seperti dengan bermain jual beli seperti di pasar, atau jual beli makanan layaknya di restoran.

Setelahnya ketika usianya sudah lebih besar dan lebih mudah untuk mengerti tentang uang, cobalah untuk bermain monopoli dengan mereka.

“Bila anak mempunyai potensi bawaan kecerdasan dan dirangsang terus-menerus sejak kecil dengan cara yang menyenangkan dan jenis yang bervariasi, maka ia akan mempunyai banyak bentuk kecerdasan,” jelas dr. Soedjatmiko.

Meski memiliki banyak manfaat, bermain pasar-pasaran dan jual beli bukanlah satu-satunya cara untuk mengajarkan anak tentang matematika dan keuangan.

Masih banyak hal lain yang bisa Moms lakukan, sehingga saat permainan ini terasa sulit bagi anak Moms masih bisa mencari jenis permainan lain.

(MDP)

Artikel Terkait