3-5 TAHUN
26 September 2019

Luar Biasa! 4 Manfaat Bermain Rubik Bagi Anak

Permainan susah-susah gampang yang bermanfaat untuk otak anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Di balik cara bermainnya yang cukup menantang, manfaat bermain rubik bagi anak terbukti baik untuk perkembangan mental, terutama yang berkaitan dengan bidang STEM.

Rubik atau Rubik’s cube adalah puzzle berbentuk kubus 3 dimensi yang diciptakan secara tidak sengaja oleh profesor arsitektur Erno Rubik di tahun 1974.

Permainan yang awalnya dimaksudkan untuk mengenalkan siswa sekolah pada struktur objek dalam berbagai dimensi ini kemudian menjadi sangat populer dan banyak dijadikan bahan penelitian ilmiah.

Yuk Moms, baca dulu sampai selesai untuk tahu lebih banyak tentang manfaat bermain rubik bagi anak.

Baca Juga: 5 Manfaat Main Balok untuk Anak, Bisa Bikin Percaya Diri!

1. Meningkatkan Kemampuan Analisis

Luar Biasa! 4 Manfaat Bermain Rubik Bagi Anak 1.jpg

Seperti dikatakan oleh James Brown, direktur STEM Education Coalition, bermain rubik adalah cara menyenangkan untuk mengakrabkan anak dengan berbagai prinsip penting dalam matematika dan bidang lain.

Salah satu diantara prinsip tersebut adalah kemampuan menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang, dimana untuk melakukannya anak harus bisa berpikir kritis dan bekerja secara sistematis dan terukur.

Nah, menurut pengakuan Patrick Bossert, penulis buku You Can Do the Cube, semua kemampuan tadi bisa terasah saat anak memutar dan membalik bidang warna untuk menyelesaikan rubik.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mainan Puzzle yang Cocok untuk Balita

2. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Luar Biasa! 4 Manfaat Bermain Rubik Bagi Anak 2.jpg

Moms yang sudah pernah memainkannya pasti tahu, butuh fokus dan konsentrasi penuh untuk menyelesaikan sebuah rubik.

Semakin sering bermain rubik, anak semakin terbiasa melakukan aktivitas yang sama dalam jangka waktu lama dan rentang perhatiannya juga jadi semakin panjang.

Manfaat bermain rubik bagi anak ini bukan hanya akan dirasakan saat menyimak pelajaran di kelas, tapi juga mengajarkan untuk selalu gigih mencapai tujuan dalam hidup. Sungguh tidak disangka ya, Moms?

3. Meningkatkan Kesadaran Spasial

Luar Biasa! 4 Manfaat Bermain Rubik Bagi Anak 3.jpg

Kesadaran spasial adalah kemampuan untuk melihat dan memahami hubungan antar objek, baik dengan objek lain maupun dengan diri sendiri. Kalau digambarkan secara sederhana, mirip dengan konsep “di atas,” “di bawah,” atau “di belakang,” dan semacamnya.

Walau terkesan sepele, kemampuan membayangkan kondisi spasial dan memanipulasinya, seperti memutar bidang kubik ke kiri dan atas supaya warnanya sejajar, sebenarnya adalah proses kognitif yang cukup rumit untuk seorang anak.

Dalam studi yang dirilis jurnal Pediatrics juga disebutkan kalau kesadaran spasial itu penting untuk mendukung kehidupan anak. Mulai dari menemukan rute menuju lokasi tertentu, memperbaiki atau memasang benda, dan banyak lagi.

Baca Juga: 6 Manfaat Bermain Pasar-pasaran untuk Anak, Bisa Melatih Problem Solving!

4. Menguatkan Kemampuan Pengenalan Pola

Luar Biasa! 4 Manfaat Bermain Rubik Bagi Anak 4.jpg

Manfaat bermain rubik untuk anak lainnya yang dikemukakan oleh Feliks Zemdegs, pemegang rekor waktu tercepat menyelesaikan rubik dari Australia, adalah menguatkan kemampuan pengenalan pola.

Nah, kemampuan untuk mengenali dan menyelesaikan pola itu ternyata sangat penting untuk membantu anak memahami rumus matematika atau dan konsep angka yang sulit.

Bagaimana Moms, itu dia berbagai manfaat bermain rubik bagi anak. Tertarik untuk mulai mengenalkan Si Kecil pada rubik?

(WA)

Artikel Terkait