3-12 BULAN
29 April 2020

Manfaat Bermain untuk Bayi, Telah Terbukti oleh Sains!

Bukan hanya menyenangkan, tapi juga membantu perkembangan Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Anak-anak biasanya akan kegirangan saat Moms mengajak mereka bermain.

Suasana yang menyenangkan, penuh canda tawa, bertabur mainan dan akan menjadi kenangan bagi Si Kecil. Namun, bagaimana dengan bayi?

Ternyata, bermain juga menjadi sesuatu yang menarik untuk bayi. Meski biasanya terkadang Moms tidak menyadarinya, tetapi manfaat bermain untuk bayi sangat luar biasa.

Bahkan, jika Moms hanya melakukan hal kecil dengan waktu yang tidak terlalu lama. Sains bisa membuktikan bahwa terdapat manfaat saat kita bermain dengan bayi.

Baca Juga: 4 Alasan Bermain dengan Cermin Bagus untuk Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat Bermain untuk Bayi

manfaat bermain (2).jpg

Foto: honeykidsasia.com

Pakar perilaku anak, konselor dan terapis bermain Dr. Stacy Stefaniak Luther mengatakan, bermain sebenarnya bawaan yang merupakan bagian dari aspek perkembangan biologis, psikologis, dan sosial.

“Anak-anak bermain untuk memahami dunia mereka dan mempraktikkan hal-hal yang telah mereka pelajari dan amati, mempraktikkan keterampilan baru, berinteraksi dengan orang lain, dan berkomunikasi,” kata Stacy.

1. Mengembangkan Ketrampilan Sosial

Dilansir American Academy of Pediatrics, bermain sangat penting untuk perkembangan otak anak. Melalui permainan, bayi bisa berinteraksi dan bereksplorasi dengan dunia di sekitarnya.

"Waktu bermain dengan bayi akan membantu mengembangkan keterampilan sosial, intelektual, bahasa, dan pemecahan masalah bayi," kata Marilyn Segal, PhD, direktur program studi anak usia dini di Nova Southeastern University di Fort Lauderdale.

2. Meningkatkan Ketrampilan Motorik

Bermain dan memainkan mainan akan membantu Si Kecil belajar menguasai keterampilan motorik dan mencari tahu hal-hal yang menarik baginya.

Ketika dia menumpuk cincin mainan misalnya, bayi akan menjelajahi bentuknya dan apa yang akan terjadi ketika dilempar.

Bayi akan mengembangkan koordinasi tangan-mata serta belajar mengenali pola dan warna, bagaimana segala sesuatunya sama dan berbeda, dan konsep spasial seperti ‘naik’ dan ‘turun’.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mainan Bayi 10 Bulan

3. Menjadi Lebih Dekat dengan Orang Tua

Hal terpenting dalam bermain bukanlah mainan, tetapi Moms. Saat bermain bersama, Si Kecil akan menyukai perhatian dan senyuman yang Moms berikan untuknya.

Bermain adalah cara bonding yang baik, sehingga membuat Si Kecil menyukai Moms.

Inilah hal lain yang akan dia pelajari dari mainan dan aktivitas favoritnya - dan bagaimana Moms dapat memainkan pelajaran penting ini.

4. Kualitas Tidur yang Baik

Manfaat bermain untuk bayi lainnya adalah Si Kecil akan memiliki kualitas tidur yang baik.

Ia juga dapat memiliki stabilitas emosional, peningkatan fokus, berkurangnya stres, berkurangnya amarah, peningkatan kreativitas, dan tentunya mendapatkan banyak kebahagiaan.

Bagaimana Mulai Bermain?

manfaat bermain (1).jpg

Foto: gettyimages.com

Proses bermain sangat penting dalam masa pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tapi, sebelum buah hati memahami apa itu bermain, Moms bisa mendorong perilaku bermain.

Dapat dimulai dari seringnya kontak mata, mengajak bayi berbicara sesering mungkin, dan mulai mengenalkan seperti apa bentuk permainannya.

Saat waktunya bermain, Moms harus benar-benar mencurahkan perhatian. Si Kecil akan merasakannya juga dan membuatnya bahagia.

Biasanya, Si Kecil akan menyadari suatu permaian secara spontan. Spontanitas dapat digambarkan sebagai respons terhadap impuls. "Spontanitas bermain biasanya terjadi bukan hanya pada suatu hal," kata Dr. Michael Alcée, seorang psikolog klinis di Tarrytown, New York.

Misalnya, saat Moms mulai menggelitiki Si Kecil. Biasanya senyum kecil akan terlihat namun tanpa disadari olehnya.

Saat Si Kecil merasa bahwa tersenyum dan kegiatan menggelitik itu menyenangkan, ia akan menunjukkan ketertarikannya dengan menunjukkan senyum lebih sering kemudian tertawa.

”Sangat penting untuk bermain karena permainan dimulai ketika kita lebih terhubung ke sisi otak kanan imajinatif kita,” jelas Michael.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Mainan Bayi 2 Bulan, Bantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Para peneliti telah mempelajari bagaimana anak-anak menentukan apakah sesuatu itu menyenangkan atau tidak. Moms bisa saja mencoba banyak cara kepadanya, dan lihat responsnya.

Untuk bermain dengan bayi, American Academy of Pediatrics menyarankan untuk mengobrol bersama bayi, memperlihatkan obyek berwarna-warni, dan menempatkan bayi di posisi berbeda supaya ia bisa melihat dunia dari sisi yang lain.

“Anak-anak perlu merasa cukup bebas untuk bermain, tetapi juga cukup aman di lingkungan mereka untuk terlibat di dalamnya dan mendapatkan manfaat bermain,” tambahnya.

Melihat manfaat bermain untuk bayi di atas tentu akan membuat Moms merasa senang kan? Karena selain membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil, bonding antara Moms dengan bayi pun akan terbentuk. Yuk lebih sering bermain dengan Si Kecil!

Artikel Terkait