KESEHATAN
18 Juli 2020

Ternyata, Menyanyi Bermanfaat untuk Kesehatan

Tak hanya sekadar jadi hobi, berikut ini manfaat bernyanyi untuk kesehatan fisik dan mental.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, pernahkah mendengar kutipan “life is better when you sing”? Ternyata ini bukan sekadar ungkapan kosong belaka, karena memang ada banyak manfaat dari bernyanyi yang mungkin selama ini belum disadari. Pada dasarnya, musik memang sudah memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Harvard Medical School, tubuh manusia sudah biasa dengan irama, seperti detak jantung, pernapasan, dan gelombang otak semuanya berirama. Untuk itu, sebenarnya otak manusia dan sistem saraf kita sudah biasanya dengan sebuah irama. Musik pun sudah sejak lama dijadikan untuk banyak ritual terapi.

Sama halnya dengan manfaat mendengarkan musik, bernyanyi juga bisa bikin Moms lebih bahagia. Apa lagi manfaat bernyanyi yang bisa Moms dapatkan? Ini ulasannya selengkapnya.

Baca Juga: Mengajak Bayi Bernyanyi Ternyata Bermanfaat!

Manfaat Bernyanyi untuk Kesehatan

Jangan ragu untuk mulai melantangkan suara bernyanyi, Moms! Tak hanya bisa dijadikan hobi, bernyanyi mampu menunjang kesehatan tubuh. Baik kesehatan fisik maupun mental, ternyata bernyanyi sama-sama bermanfaat untuk tubuh.

Menurut studi dari Universitas Oxford, penelitian menemukan bahwa seseorang akan merasa lebih positif setelah aktif bernyanyi daripada mereka yang hanya mendengarkan musik. Nah, ini manfaat bernyanyi untuk kesehatan:

1. Bernyanyi untuk Kesehatan Fisik

manfaat bernyanyi-1.jpg

foto: freepik.com

Dilansir dari Trends in Cognitive Sciences, manfaat fisiologis dari bernyanyi sudah sejak lama dieksplorasi dari berbagai penelitian. Terbukti bernyanyi mampu melatih otak dan tubuh, sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan pernapasan, postur, dan ketegangan otot.

Bernyanyi juga terbukti menghilangkan rasa sakit. Ketika kita bernyanyi, maka secara alami tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang menjadi obat penghilang rasa sakit alami di dalam tubuh. Untuk itu, bernyanyi juga berperan dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

Baca Juga: Ternyata Ini 4 Manfaat Baik Bernyanyi Bersama Anak

Ternyata, baik bernyanyi sendiri atau bernyanyi dalam kelompok seperti paduan suara juga memberikan manfaat kesehatan pada tubuh. Hal ini didukung oleh Tom George, pemimpin paduan suara Rock Choir dari Surrey mengatakan bahwa bernyanyi membuat pikiran para anggotanya terbebas dari penyakit fisik dan mental.

“Kami telah menerima banyak kabar bahwa anggota pulih dari depresi, radang sendi, pembedahan, segala hal yang berurusan dengan efek kanker dan banyak penyakit lainnya,” ungkap Tom.

Bernyanyi memang melibatkan hampir setiap kelompok otot, meningkatkan kapasitas paru-paru, melatih otot-otot di wajah, meningkatkan postur tubuh, membersihkan sinus, dan meningkatkan jumlah oksigen dalam darah.

“Bernyanyi bisa sama halnya dengan latihan aerobik, karena juga berhubungan peningkatan pernapasan. Meskipun menyanyi sendirian itu baik, namun bernyanyi bersama orang lain akan memberikan manfaat lebih optimal,” ungkap Jeremy Hywel Williams, pemimpin paduan suara dari Wales.

Baca Juga: 4 Manfaat Fingerplay (Bernyanyi Sambil Menggerakkan Jari) Bagi Balita

2. Bernyanyi untuk Kesehatan Mental

manfaat bernyanyi-2.jpg

foto: freepik.com

Bernyanyi terbukti mampu meningkatkan rasa kebahagiaan, percaya diri, dan kesejahteraan seseorang. Bernyanyi dalam sebuah kelompok juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kita. Selain mampu memperluas kelompok sosial, bernyanyi bersama kelompok juga mampu meningkatkan energi dan mengurangi tingkat stres seseorang.

Namun, apabila Moms ingin bernyanyi sendiri di rumah, tentunya bukan menjadi masalah. Manfaat yang sama juga bisa Moms dapatkan.

Menurut studi dari Harvard Medical School, bernyanyi mampu membangkitkan semangat yang kendur, meningkatkan suasana hati, mengurangi gejala depresi, dan bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Tentunya kualitas tidur seseorang berpengaruh pada kesehatan mental.

Baca Juga: Bernyanyi Lebih Efektif Menenangkan Bayi

Jadi, yuk mulai bernyanyi dengan berbagai lagu kesukaan ya, Moms! Tentunya akan lebih menyenangkan melakukan hobi dan juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan.

Artikel Terkait