PERNIKAHAN & SEKS
13 Maret 2019

3 Manfaat Berpegangan Tangan dengan Suami, Bisa Hilangkan Stres!

Apakah Moms masih sering pegangan tangan dengan suami?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat Moms pergi dengan suami, apakah masih bergandengan tangan? Jika iya, apa yang Moms rasakan? Senang, tenang, dan nyaman kan?

Pegangan tangan merupakan salah satu cara berkomunikasi non-verbal yang efektif untuk bisa menunjukkan rasa sayang, cinta, melindungi, dan peduli.

Dengan sentuhan atau genggaman tangan, maka akan timbul rasa kasih sayang satu sama lain, antara Moms dan suami.

Menurut Tiffany Field, direktur Touch Research Institute (TRI) di Fakultas Kedokteran Universitas Miami/Miller, mengatakan bahwa pegangan tangan menjadi salah satu bentuk sentuhan paling kuat karena kulit adalah organ yang membutuhkan stimulasi, seperti halnya telinga dan mata.

Lebih lanjutnya, yuk Moms kita bahas manfaat dari berpegangan tangan dengan suami!

1. Melepas Stres

thinkstockphotos 580107862 1280x640

Foto: themighty.com

Manfaat pegangan tangan dengan suami yang pertama adalah dapat melepas stres. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa berpegangan tangan dapat membantu pasangan menghilangkan stres.

Salah satunya pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. James A. Coan, seorang psikolog di University of Virginia dan tim penelitinya menemukan bahwa berpegangan tangan dapat membantu Moms tetap tenang dan bebas stres.

Saat Moms berpegangan tangan dengan suami, tubuh akan memproduksi serotonin yang menjadi zat penimbul rasa bahagia dan mengurangi hormon stres yaitu kortisol.

Baca Juga: Stres Menjadi Working Mom? Atasi dengan 5 Cara Ini!

2. Bukti Cinta dan Komitmen

blurred background hands holding hands 715807

Foto: pexels.com

Selain itu, dengan Moms pegangan tangan dengan suami, juga akan membuktikan suatu hubungan yang sehat, harmonis, dan romantis. Pegangan tangan dengan suami menjadi salah satu bentuk komitmen percintaan yang serius.

Penelitian yang dilakukan Universitas California Los Angeles (UCLA), menunjukkan bahwa sentuhan manusia dapat memicu pelepasan oksitosin, alias "hormon cinta" di otak kita.

Oksitosin adalah neurotransmitter yang meningkatkan rasa percaya, kemurahan hati, dan kasih sayang, serta dapat mengurangi perasaan takut dan cemas.

Baca Juga: Nyaman Atau Bosan dalam Pernikahan? Kenali Perbedaannya

3. Sehat Untuk Jantung

blog marriage holding hands

Foto: family.org.sg

Manfaat pegangan tangan dengan suami ternyata juga sangat baik untuk kesehatan lho, Moms.

Sebuah studi dari Behavioral Medicine menghasilkan kesimpulan bahwa berpegangan tangan dengan suami atau pasangan dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi sendiri menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung.

Tentunya, saat Moms menjepit jari tangan dengan orang yang kita sayang dan cintai, kita tidak hanya mengurangi stres dan meningkatkan hubungan percintaannya saja.

Kita akan mendapatkan sensasi nyaman bagi hati yang akan berpengaruh pada kesehatan jantung, studi dari Behavorial Medicine juga mendukung klaim ini.

Itulah tiga manfaat pegangan tangan dengan suami yang perlu Moms ketahui. Jadikan kebiasaan pegangan tangan dengan suami jadi kebiasaan agar hubungan menjadi lebih harmonis!

(IRN)

Artikel Terkait