KESEHATAN
29 Agustus 2020

Manfaat Bersepeda untuk Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya!

Bersepeda kini banyak digemari untuk olahraga sehari-hari, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bersepeda kini menjadi olahraga yang mulai banyak digemari masyarakat. Bersepeda bisa menjadi pilihan bagi Moms dan keluarga untuk tetap melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. Hal ini karena bersepeda bisa diikuti oleh setiap kalangan usia.

Bersepeda membutuhkan usaha yang berasal dari energi. Energi yang terbakar ini membantu Moms untuk mampu menghilangkan lemak dalam tubuh. Namun, secara umum, bersepeda mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports mengungkapkan manfaat bersepeda pada orang dewasa. Studi ini menyebutkan, manfaatnya yaitu penurunan risiko terkena penyakit jantung, diabetes tipe-2, tekanan darah tinggi, sindrom metabolik, dan stroke.

Bersepeda juga disebutkan mampu menurunkan berat badan dan mengurangi tingkat depresi. Lantas, seberapa efektif bersepeda untuk menurunkan berat badan? Ini ulasannya.

Bersepeda untuk Menurunkan Berat Badan

Perlu diketahui, menurunkan berat badan bukan ilmu yang pasti. Artinya, setiap orang akan berbeda pula pengalamannya. Namun, secara garis besar dapat dikatakan bahwa bersepeda mampu menurunkan berat badan.

Ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan juga terkait menurunnya berat badan karena bersepeda, yaitu:

1. Tambah Asupan Protein

Apakah Bersepeda Efektif untuk Turunkan Berat Badan-1.jpg

foto: wellandgood.com

Menurunkan berat badan bukan berarti menunda jam makan agar terlihat semakin langsing. Hal tersebut malah bisa membuat tubuh lemas dan tidak bertenaga saat bersepeda. Covert Bailey, pakar diet dari Boston, AS, mengungkapkan penurunan berat badan juga bisa berasal dari jaringan otot. Jika Moms hanya memotong kalori, namun tidak memerhatikan nutrisi, maka Moms tidak mendapatkan tubuh yang sehat.

“Jangan lupa bahwa otot membakar kalori. Semakin banyak volume otot yang dimiliki, semakin banyak kalori yang dapat dibakar tubuh. Untuk itu, pastikan mengonsumsi protein yang cukup akan tetap mengoptimalkan otot sambil menurunkan berat badan,” ungkap Bailey, menjelaskan.

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Protein Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

2. Hal yang Dilakukan Usai Bersepeda

Apakah Bersepeda Efektif untuk Turunkan Berat Badan-2.jpg

foto: freepik.com

Jika selama ini Moms berpikir, berat badan akan turun lebih cepat apabila tidak makan setelah bersepeda, maka hal ini salah besar. Sebaliknya, tubuh membutuhkan pemulihan seusai bersepeda.

Untuk itu, segera isi bahan bakar tubuh dengan karbohidrat dan protein. Jika tidak, maka tubuh Moms akan cenderung lemah dan berisiko sakit.

3. Tetap Perhatikan Keamanan

Apakah Bersepeda Efektif untuk Turunkan Berat Badan-3.jpg

foto: freepik.com

Journal of Public Health Policy mengungkapkan, saat bersepeda tetap utamakan keamanan demi keselamatan pribadi. Pasalnya, risiko paling tinggi dari bersepeda adalah kecelakaan. Untuk itu, sebaiknya gunakan helm khusus sepeda untuk mencegah cedera kepala dan gunakan pakaian yang nyaman.

Selain itu, jaga tubuh selalu terhidrasi saat sedang bersepeda, terutama ketika cuacanya sedang panas dan lembap. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Sediakan minum air putih untuk mengisi kembali elektrolit yang hilang melalui keringat.

Baca Juga: 6 Artis yang Hobi Bersepeda, Ada yang Suka Sejak Kecil!

4. Nutrisi yang Seimbang

Apakah Bersepeda Efektif untuk Turunkan Berat Badan-4.jpg

foto: freepik.com

Mengonsumsi makanan bernutrisi seperti sayur-sayuran memang penting. Tapi, tidak ada salahnya untuk makan sedikit es krim atau makanan penutup, asalkan dalam porsi yang tidak berlebihan. Hal ini untuk menyeimbangkan nutrisi di dalam tubuh.

“Harus jujur dengan diri sendiri tentang apa yang dimakan. Artinya, cobalah mengurangi minum soda atau makan junk food. Tapi, bukan berarti tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Segala sesuatu yang berlebihan pasti akan mengganggu metabolisme tubuh,” ungkap Frank Overton, pemilik dan pendiri FasCat Coaching di Boulder, Colorado.

Baca Juga: Sehat dan Bernutrisi, Ini 5 Ide Menu Sarapan yang Mudah Dibuat

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Medical News Today, fisik yang aktif akan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa dibandingkan dengan gaya hidup santai.

Walaupun tidak ada ukuran pasti dalam menunjukkan seberapa besar efek positifnya. Moms bisa simak manfaat bersepeda untuk kesehatan di bawah ini:

1. Manajemen Berat Badan

Manfaat bersepeda untuk kesehatan - 1 berat badan.jpg

Foto: shutterstock.com

Bersepeda dengan intensitas tinggi dapat membantu menurunkan kadar lemak tubuh, yang mempromosikan manajemen berat badan sehat.

Dilansir Healthline, manfaat bersepeda juga mampu meningkatkan metabolisme serta membentuk otot yang memungkinkan Moms membakar lebih banyak kalori, termasuk ketika istirahat.

Baca Juga: 4 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Anak

2. Meningkatkan Kekuatan Kaki

Manfaat bersepeda untuk kesehatan - 2 meningkatkan kekuatan kaki.jpg

Foto: shutterstock.com

Bersepeda dapat meningkatkan keseluruhan fungsi tubuh pada bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki, tanpa terlalu menekannya. Hal ini dikarenakan, olahraga bersepeda menargetkan paha depan, glutes, paha belakang, serta betis.

Untuk membuat kaki lebih kuat, Moms bisa mencoba latihan angkat berat, seperti squat, leg presses, serta lunges. Selain itu, dengan latihan angkat berat beberapa kali dalam seminggu, dapat meningkatkan kinerja Moms ketika bersepeda.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat bersepeda untuk kesehatan - 3 meningkatkan kesehatan mental.jpg

Foto: shutterstock.com

Bersepeda bisa meredakan perasaan stres, depresi, dan kecemasan. Berfokus pada jalan ketika Moms bersepeda dapat membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran. Olahraga bersepeda juga bisa membantu untuk mengalihkan fokus Moms dari masalah yang mengganggu mental serta pikiran

Jika Moms merasa lesu, cobalah bersepeda setidaknya 10 menit. Karena, dengan bersepeda dapat melepaskan endorfin, yang pada gilirannya bisa membantu seseorang merasa lebih baik sambil menurunkan tingkat stres.

Baca Juga: Amankah Bersepeda Saat Hamil? Simak Penjelasannya di Sini

4. Membantu Penderita Kanker

Manfaat bersepeda untuk kesehatan - 4 membantu penderita kanker.jpg

Foto: shutterstock.com

Bersepeda merupakan olahraga fisik yang baik dilakukan, jika Moms sudah atau sedang berada dalam masa pemulihan kanker. Manfaat bersepeda juga dapat membuat tubuh tetap ramping dan menjadi bugar, yang dapat mengurangi risiko menderita jenis kanker tertentu, salah satunya adalah kanker payudara.

5. Mencegah dan Mengelola Kondisi Medis

Manfaat bersepeda untuk kesehatan - 5 mencegah dan mengelola kondisi medis.jpg

Foto: shutterstock.com

Jika Moms ingin mencegah masalah kesehatan tertentu, olahraga teratur merupakan kuncinya. Dalam hal ini, bersepeda dengan teratur adalah salah satu cara untuk bisa menghindari gaya hidup tidak menentu dan masalah kesehatan yang biasanya menyertainya.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

Itulah hal-hal penting yang harus diketahui tentang bersepeda untuk menurunkan berat badan. Moms juga perlu memahami bahwa bersepeda tidak mampu mengurangi lemak pada bagian tertentu, misalkan perut atau lengan. Moms memerlukan latihan lainnya untuk fokus mengurangi lemak pada area tersebut. Selamat mencoba!

Artikel Terkait