DI ATAS 5 TAHUN
16 Juli 2019

4 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Anak

Bermanfaat untuk kesehatan dan kemampuan sosial anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Dina Vionetta

Anak-anak sangat menyukai berbagai macam kegiatan yang mengharuskan mereka bergerak aktif namun tetap menyenangkan, salah satunya adalah bersepeda.

Aktivitas ini akan menjadi lebih menarik ketika dilakukan di tempat terbuka dan luas di mana Si Kecil bisa sekaligus menikmati pemandangan.

Nah, selain dapat membuat anak semakin bahagia, ternyata bersepeda juga berpengaruh pada kesehatan anak. Apa saja manfaat bersepeda untuk kesehatan anak?

1. Menyehatkan Jantung

Balita Malas Menggosok Gigi Berpotensi Terkena Sakit Jantung 2.jpg

Studi yang dilakukan menunjukkan bahwa salah satu manfaat bersepeda adalah dapat menyehatkan jantung karena seluruh tubuh ikut bergerak, begitu juga jantung yang terus berdenyut cepat.

Organ penting ini akan semakin terlatih dan prima sehingga jauh dari kemungkinan jantung koroner.

Baca juga: Memilih Sepeda Roda Tiga Untuk Balita

2. Tulang dan Sendi Lebih Kuat

awas 4 penyakit tulang pada balita ini mengintai si kecil 1

Kesehatan anak juga sering dihubungkan dengan kondisi tulang dan otot tubuh mereka.

Dengan mengayuh sepeda, secara otomatis, bagian bawah tubuh anak seperti kaki dan perut akan bergerak terus-menerus.

Buah hati akan jauh dari penyakit sendi yang bisa menghalangi aktivitas sehari-harinya.

Bersepeda juga melatih sistem koordinasi tubuh anak yang pastinya akan berguna untuk masa depan buah hati.

3. Membuat Tubuh Fit

6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak agar Tetap Cemerlang 02.jpg

Si Kecil bisa menjalani program diet dengan olahraga bersepeda secara rutin.

Hal ini perlu dilakukan mengingat selain dengan mengonsumsi makanan sehat, kondisi kesehatan anak juga perlu ditingkatkan melalui kegiatan fisik.

Manfaat selanjutnya adalah, anak juga dapat memiliki umur yang panjang karena seluruh tubuh anak dibiasakan untuk bergerak dan menghasilkan keringat secara rutin sehingga lebih sehat.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Bersepeda dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menjauhkan berbagai macam penyakit karena organ dalam tubuh juga semakin sehat.

Selain sistem imun, anak pun jauh dari stres jika rajin bersepeda. Merasakan hembusan angin dan bersepeda keliling taman sudah bisa membuat anak jauh dari perasaan sedih dan stres.

Anak-anak bisa dilatih agar lebih sehat dengan bersepeda untuk pergi ke sekolah. Jika memang tidak ada sepeda, berjalan kaki juga tidak kalah sehat lho, Moms.

Baca juga: Kenali Bentuk Kaki Balita Saat Pertama Kali Berjalan

Memiliki Manfaat untuk Kehidupan Sosialnya

yuk, kenali tahapan perkembangan sosial emosional balita 4

Tak hanya untuk kesehatan, Si Kecil yang sering bersepeda di sekitar rumah juga akan mampu berkomunikasi dengan orang lain seperti tetangga dan teman-teman sebayanya.

Kegiatan bersepeda tidak hanya mampu meningkatkan kesehatan anak dan kemampuan bersosialisasi dirinya, ia juga akan belajar bagaimana melatih gerak refleksnya saat jatuh lalu bangun lagi ketika bersepeda yang tentunya menjadi bekal nanti saat ia sudah dewasa.

Anak-anak yang sudah sering bersepeda juga akan belajar tentang apa itu peraturan lalu lintas dan bagaimana cara menyikapinya. Moms tentu ingin semua hal positif tersebut ada pada buah hati, bukan?

Melihat tidak sedikit nilai plus yang diberikan olahraga ini untuk meningkatkan kesehatan anak, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya.

Tak perlu bersepeda menempuh jarak yang jauh, karena yang terpenting adalah konsistensi melakukannya setiap hari. Dengasn begitu, manfaat berepeda bisa Si Kecil dapatkan.

Baca Juga: Anak Pintar Bersepeda dengan 5 Tips Berikut Ini

Yuk biasakan Si Kecil menggerakkan otot kakinya dengan bersepeda mulai sekarang!

(BILNA)

Artikel Terkait