BAYI
7 Juli 2020

5 Manfaat Blueberry untuk Bayi, Enak dan Berkhasiat!

Blueberry, superfood yang memberi banyak manfaat untuk si bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apa yang biasanya menjadi pertimbangan Moms saat memberikan makanan untuk Si Kecil? Jika Moms mencari makanan yang kaya nutrisi, enak, dan mudah dicari, blueberry bisa menjadi pilihan terbaik.

Blueberry adalah sumber vitamin dan serat. Menjadi varian berry lain yang popular setelah stroberi, Moms tidak perlu khawatir saat hendak memberikannya kepada bayi. Bahkan, sebuah studi mengaitkan konsumsi blueberry dengan peningkatan kesehatan jantung.

Temuan ini berasal dari studi baru yang dipimpin oleh Dr Eric Rimm, profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard dan Sekolah Medis Harvard.

"Semakin cepat orang memulai jenis diet yang mencakup asupan blueberry dan stroberi yang lebih tinggi, semakin baik," kata Dr Eric.

Meski melakukan penelitian terhadap 93.600 perempuan selama 18 tahun, hasilnya mengatakan bahwa blueberry sangat bergizi untuk dikonsumsi semua umur, termasuk bayi.

"Orang-orang yang ingin merasakan manfaatnya untuk jantung, harus mengkonsumsi tiga atau lebih porsi setengah cangkir blueberry atau stroberi setiap minggu," tambahnya seperti dikutip dari Harvard Health Publishing.

Baca Juga: Seberapa Besar Manfaat Makanan Organik untuk Anak?

Manfaat Blueberry untuk Bayi

Selain baik untuk jantung, apalagi ya manfaat blueberry untuk bayi?

1. Superfood Kaya Gizi

Selain Enak Ini 5 Manfaat Blueberry untuk Si Kecil -1.jpg

Foto: benefitsofblueberry.com

Manfaat blueberry untuk bayi yang pertama adalah kaya akan gizi. Blueberry adalah sumber mikronutrien yang signifikan seperti magnesium, seng dan vitamin A, E, K, dan B-kompleks. Blueberry juga mengandung asam askorbat atau vitamin C dalam jumlah tinggi.

Selain itu, karena kaya nutrisi seperti kalsium, fosfor, dan kalium, menjadikannya paket lengkap sehingga disebut sebagai superfood.

Nilai gizi per 100 g Blueberry mengandung 14,49 gram Karbohidrat, 2,4 gram Serat, 0,74 gram Protein, 9,96 gram Gula Alami, 77 mg Kalium, 12 mg Fosfor, 6 mg Kalsium, 6 mg Magnesium, 0,57 mg Vitamin E, 9,7 mg Vitamin C, 0,418 mg Vitamin B3 dan 19,3 ug Vitamin K.

Meski blueberry termasuk dalam kategori buah berry, tapi blueberry tidak menjadi allergen yang dapat menyebabkan eksim dan gangguan pencernaan pada bayi. Jadi sangat cocok diberikan untuk Si Kecil.

2. Menjaga Kondisi dan Sirkulasi Darah

Selain Enak Ini 5 Manfaat Blueberry untuk Si Kecil -2.jpg

Foto: benefitsofblueberry.com

Manfaat blueberry untuk bayi yang selanjutnya adalah menjaga kondisi dan sirkulasi darah. Sebanyak 100 gram blueberry mengandung 77 mg potasium, yakni sebuah zat gizi mikro yang penting untuk menjaga tekanan darah ideal bahkan pada bayi.

Manfaat blueberry untuk bayi ini juga termasuk dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri dengan mengurangi kolesterol.

Bayi memiliki sistem peredaran darah yang terus berkembang. Jadi, saat Moms memasukkan blueberry ke dalam makanan bayi, ini akan membantu Si Kecil memiliki pembuluh darah yang sehat.

Baca Juga: Saatnya Berhenti Menyuapi Si Kecil, Ini Manfaat Anak Makan Sendiri

3. Membantu Pertumbuhan Tulang

Selain Enak Ini 5 Manfaat Blueberry untuk Si Kecil -3.jpg

Foto: etsy.com

Manfaat blueberry untuk bayi yang selanjutnya adalah membantu pertumbuhan tulang. Blueberry kaya akan vitamin K, magnesium dan kalsium. Kombinasi ketiga sifat ini sangat penting dalam perkembangan tulang.

Vitamin K dalam blueberry akan membantu membantu kinerja sintesis osteocalcin, yakni protein tulang.

Manfaat blueberry untuk bayi ini untuk membantu menjaga tulang kuat dan sehat. Kehadiran vitamin K bersama dengan kalsium dan magnesium membuat blueberry buah yang bagus untuk tulang.

4. Antioksidan Mengontrol Radikal Bebas

Selain Enak Ini 5 Manfaat Blueberry untuk Si Kecil -4.jpg

Foto: pinkpistachio.com

Manfaat blueberry untuk bayi yang selanjutnya adalah sebagai antikosidan untuk mengontrol radikal bebas. Menurut Pusat Nutrisi Manusia USDA (HNRCA), blueberry memiliki konsentrasi antioksidan terkaya di dunia buah-buahan dan sayuran. Antioksidan ini dapat membantu Si Kecil untuk mengendalikan radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah terkait penuaan.

Antioksidan ini dikenal untuk membantu mencegah penumpukan jenis sel radikal bebas yang didapatkan dari dunia luar.

Baca Juga: Kenapa Ibu Sering Melarang Anak Makan Es Krim? Ternyata Ini Manfaat Kesehatannya!

5. Mengurangi Kelelahan dan Meningkatkan Penglihatan

Selain Enak Ini 5 Manfaat Blueberry untuk Si Kecil -5.jpg

Foto: suprememom.com

Manfaat blueberry untuk bayi yang selanjutnya adalah mengurangi kelelahan dan meningkatkan penglihatan. Blueberry kaya akan mineral hidrasi yang baik untuk mata. Jika Si Kecil memiliki keluhan pada matanya, manfaat blueberry untuk bayi ini akan memastikan Si Kecil sembuh dengan cepat.

Selain itu, mengkonsumsi blueberry juga membuat mata Si Kecil terlihat segar dan rileks. Kandungan anthocyanin dalam blueberry membantu meningkatkan penglihatan pada bayi.

Setelah mengetahui manfaaat blueberry untuk bayi, tidak ada salahnya untuk menyetoknya dengan berbagai makanan bergizi lainnya untuk Si Kecil ya Moms.

Artikel Terkait