KEHAMILAN
3 Februari 2020

6 Manfaat Buah Anggur bagi Ibu Hamil, Cek di Sini Moms!

Makan banyak buah segar dapat membantu dan memastikan bahwa ibu hamil akan sehat. Termasuk mengonsumsi buah anggur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Buah anggur punya rasa yang manis dan menyegarkan. Tidak heran, banyak ibu hamil ngidam untuk makan anggur. Tapi, Moms mungkin bertanya-tanya apakah buah anggur aman untuk ibu hamil. Apakah manfaat buah anggur bagi ibu hamil.

Sebuah studi dari University of Medicine and Pharmacy, Romania, mengungkapkan ibu hamil dapat mengonsumsi anggur dalam jumlah sedang karena memberikan nutrisi penting seperti vitamin, antioksidan, asam organik, serat, asam folat, pectin dan lainnya, yang mendukung perubahan biologis selama masa kehamilan.

Namun, Anda harus menghindari makan anggur di trimester terakhir karena sifat penghasil panasnya. Konsumsi anggur yang berlebihan dapat menjadi racun karena tingginya tingkat resveratrol.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Stretch Mark!

Manfaat Buah Anggur Bagi Ibu Hamil

Sebuah fakta mengungkapkan anggur merupakan favorit ibu hamil pada jaman dahulu. Berdasarkan Handbook of the new library of congress in Washington, para arkeologis juga menemukan beberapa lukisan ibu hamil berada di semak-semak anggur.

Lalu, apa saja manfaat buah anggur bagi ibu hamil?

1. Mengontrol Artritis dan Asma

Ilustrasi asma pada ibu hamil

Manfaat buah anggur bagi ibu hamil yang pertama adalah sifat anti-inflamasinya yang bisa mengontrol radang sendi dan asma. Kemampuan hidrasi anggur meningkatkan kelembaban di paru-paru, sehingga menjauhkan Moms dari asma.

2. Antioksidan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi ibu hamil sehat

Manfaat buah anggur bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dilansir dari arsip Oregon State University, buah anggur kaya akan antioksidan seperti flavonol, anthocyanin, linalool, geraniol dan tannin, yang semuanya meningkatkan kekebalan Anda dan mencegah infeksi.

3. Magnesium Meredakan Kram Otot

kram otot artikel hero

Manfaat buah anggur bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah meredakan kram otot. Moms mengalami kram otot selama kehamilan, nah boleh mencoba mengonsumsi anggur karena mengandung jumlah magnesium yang baik selain suplemen magnesium yang biasanya diresepkan untuk meringankan kram karena memainkan peran penting dalam transmisi neuromuskuler.

Baca Juga: Ini Dia 4 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa

4. Hindari Sembelit dengan Serat

Ilustrasi sembelit

Manfaat buah anggur bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah menghindari sembelit. Tengah mengalami sembelit saat kehamilan, bisa jadi anggur sebagai salah satu solusinya. Karena, anggur memiliki sumber serat yang baik dan bertindak sebagai pencahar yang kuat.

Buah anggur membantu masalah sembelit yang biasa terjadi pada kehamilan dan mendukung sistem pencernaan.

5. Resveratrol Mengontrol Kadar Kolesterol

Ilustrasi kolesterol tinggi

Manfaat anggur pada ibu hamil lainnya adalah ketika mengonsumsi anggur merah yang mengandung senyawa resveratrol dapat membantu mengontrol kolesterol selama kehamilan.

Nah, enzim ini meningkatkan kinerja empedu, menjaga lemak darah tetap terkendali. Jurnal dari Wiley Birth Defect Research, juga mengungkapkan segelas jus anggur setiap hari akan membantu meredakan hipertensi.

6. Polifenol Melindungi Jantung

ilustrasi kesehatan jantung ibu hamil

Selama kehamilan, calon ibu bisa mengalami masalah jantung. Untuk itu, dengan mengonsumsi anggur polifenol hadir dalam anggur memperluas dukungan ke sistem jantung Anda sesuai dengan artikel keluaran dari Nutrition Research.

Baca Juga:Seribu Satu Manfaat Biji Anggur

Baca

Tidak Semua Ibu Hamil Boleh Makan Anggur

manfaat buah anggur bagi ibu hamil

Senang bahwa Anda bisa menikmati buah dan mendapat manfaat darinya juga? Akan tetapi, perlu diketahui bila Moms berada dalam kelompok di bawah ini, maka harus menghindari makan anggur selama kehamilan karena dapat menyebabkan komplikasi parah.

  • Diabetes melitus
  • Kegemukan
  • Rentan terhadap alergi
  • Gangguan pencernaan

Juga, makan lah anggur hanya di musim berbuahnya karena anggur yang bukan musim ditanam dengan menggunakan pestisida dan bahan kimia. Gunakan varietas organik bila memungkinkan.

Artikel Terkait