GAYA HIDUP
12 Desember 2019

4 Manfaat Buah Bengkuang bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Kanker!

Bengkuang bisa menjaga kesehatan jantung
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Kalau Moms suka makan rujak, tentu familiar dengan buah bengkuang. Ternyata ada banyak manfaat buah bengkuang bagi kesehatan tubuh lho, Moms.

Buah bengkuang memiliki kulit tipis keemasan, daging warna putih, dan tekstur yang bertepung. Daging bengkuang berair dan renyah, serta punya rasa yang agak manis.

Lalu, apa saja manfaat buah bengkuang? Yuk, cari tahu lebih lanjut berikut ini, Moms.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bengkuang

1. Kaya Kandungan Antioksidan

manfaat buah bengkuang-1

Bengkuang mengandung antioksidan vitamin C, vitamin E, selenium, dan beta-karoten yang merupakan senyawa bermanfaat yang membantu mencegah kerusakan sel.

Antioksidan membantu melindungi terhadap kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas, molekul berbahaya yang menyebabkan stres oksidatif.

Menurut European Journal of Medicinal Chemistry, stres oksidatif telah dikaitkan dengan penyakit kronis termasuk kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular dan penurunan kognitif.

Karena itu, diet tinggi makanan kaya antioksidan seperti bengkuang dapat membantu melawan stres oksidatif dan dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit kronis.

Baca Juga: 6 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat buah bengkuang-2

Manfaat buah bengkuang didapatkan karena tanaman ini memiliki banyak nutrisi yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Bengkuang mengandung sejumlah besar serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus, serta mencegah hati membuat lebih banyak kolesterol, menurut jurnal Food & Function.

Jicama juga mengandung kalium, yang membantu menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah. Kandungan kalium menurunkan tekanan darah dan melindungi dari penyakit jantung dan stroke.

3. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

manfaat buah bengkuang-3

Bengkuang mengandung antioksidan vitamin C dan E, selenium dan beta-karoten. Antioksidan ini menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan kanker.

Karena itu, manfaat buah bengkuang adalah menjadi sumber serat makanan yang terkenal karena menyehatkan pencernaan dari risiko kanker usus besar, menurut jurnal Acta Scientiarum Polonorum Technologia Alimentaria.

Baca Juga: Kenali 5 Ciri Kanker Darah yang Berisiko Pada Si Kecil

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat buah bengkuang-4

Bengkuang adalah makanan padat nutrisi tetapi dengan jumlah kalori yang relatif rendah. Bengkuang tinggi kandungan air dan serat, yang membantu menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Manfaat buah bengkuang juga karena kandungan serat yang dapat membantu menjaga gula darah stabil. Serat memperlambat pencernaan, yang membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat usai makan.

Jicama juga mengandung inulin serat prebiotik, yang telah dikaitkan dengan penurunan berat badan, dan terbukti berdampak pada hormon yang memengaruhi rasa lapar dan kenyang, menurut jurnal Advances in Nutrition.

Itu dia Moms, manfaat buah bengkuang yang penting untuk kesehatan. Mulai mengonsumsinya secara rutin, ya!

(AP/DIN)

Artikel Terkait