GAYA HIDUP
29 Juli 2020

Ini Manfaat Bengkoang bagi Kesehatan yang Tak Terduga!

Bengkoang bisa menjaga kesehatan jantung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Kalau Moms suka makan rujak, tentu familiar dengan buah bengkoang. Ternyata ada banyak manfaat bengkoang bagi kesehatan tubuh lho, Moms.

Buah bengkoang memiliki kulit tipis keemasan, daging warna putih, dan tekstur yang bertepung. Daging bengkoang berair dan renyah, serta punya rasa yang agak manis.

Lalu, apa saja manfaat bengkoang untuk kesehatan? Yuk, cari tahu lebih lanjut berikut ini, Moms.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan

Bengkoang terkenal karena manfaat kesehatannya. Tanaman ini juga kerap digunakan dalam produk perawatan kulit karena memiliki sifat anti-inflamasi, mengutip jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine.

U.S. Department of Agriculture, secangkir bengkoang (136 gram) memiliki sekitar 158 kalori. Ini juga mengandung sekitar 5 g serat, 19 mg kalsium, dan 17 mg vitamin C (2).

1. Kaya Kandungan Antioksidan

manfaat buah bengkuang-1

Foto: Orami Photo Stock

Bengkoang mengandung antioksidan vitamin C, vitamin E, selenium, dan beta-karoten yang merupakan senyawa bermanfaat yang membantu mencegah kerusakan sel.

Antioksidan membantu melindungi terhadap kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas, molekul berbahaya yang menyebabkan stres oksidatif. Ini menjadi manfaat bengkoang untuk kesehatan yang menarik.

Menurut European Journal of Medicinal Chemistry, stres oksidatif telah dikaitkan dengan penyakit kronis termasuk kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular dan penurunan kognitif.

Karena itu, diet tinggi makanan kaya antioksidan seperti bengkoang dapat membantu melawan stres oksidatif dan dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit kronis.

Baca Juga: 6 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat buah bengkuang-2

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat bengkoang untuk kesehatan bisa didapatkan karena tanaman ini memiliki banyak nutrisi yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Bengkoang mengandung sejumlah besar serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus, serta mencegah hati membuat lebih banyak kolesterol, menurut jurnal Food & Function.

Bengkoang atau jicama juga mengandung kalium, yang dapat menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah. Kandungan kalium menurunkan tekanan darah dan melindungi dari penyakit jantung dan stroke.

3. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

manfaat buah bengkuang-3

Foto: Orami Photo Stock

Bengkoang mengandung antioksidan vitamin C dan E, selenium dan beta-karoten. Antioksidan ini menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan kanker.

Karena itu, manfaat bengkoang adalah menjadi sumber serat makanan yang terkenal karena menyehatkan pencernaan dari risiko kanker usus besar, menurut jurnal Acta Scientiarum Polonorum Technologia Alimentaria.

Baca Juga: Kenali 5 Ciri Kanker Darah yang Berisiko Pada Si Kecil

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat buah bengkuang-4

Foto: Orami Photo Stock

Bengkoang adalah makanan padat nutrisi tetapi dengan jumlah kalori yang relatif rendah. Bengkoang tinggi kandungan air dan serat, yang membantu menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Hal ini menjadi manfaat bengkoang untuk kesehatan, karena kandungan serat dapat membantu menjaga gula darah stabil. Serat memperlambat pencernaan, yang membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat usai makan.

Jicama juga mengandung inulin serat prebiotik, yang telah dikaitkan dengan penurunan berat badan, dan terbukti berdampak pada hormon yang memengaruhi rasa lapar dan kenyang, menurut jurnal Advances in Nutrition.

5. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

manfaat bengkoang untuk kesehatan-tingkatkan fungsi otak

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Nutrients yang melakukan studi 12 minggu, orang-orang yang mengonsumsi suplemen ekstrak bengkoang memiliki skor lebih tinggi pada tes fungsi otak daripada orang yang berada dalam kelompok plasebo.

Bengkoang mengandung senyawa unik yang disebut diosgenin, yang telah ditemukan untuk mempromosikan pertumbuhan neuron dan meningkatkan fungsi otak, dan menjadi manfaat bengkoang bagi kesehatan yang lain.

Diosgenin juga meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar pada tikus dalam berbagai tes labirin. Namun, perlu lebih banyak penelitian untuk sepenuhnya memahami bagaimana bengkoang dapat bermanfaat bagi kesehatan otak.

Baca Juga: Berat Badan Naik Saat Menopause, Apa Sebabnya?

6. Meredakan Gejala Menopause

manfaat bengkoang untuk kesehatan-menopause

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat lain dari konsumsi bengkoang untuk kesehatan adalah dapat membantu meringankan beberapa gejala menopause.

Dalam satu studi 30 hari yang dipublikasikan pada jurnal National Library of Medicine, 24 wanita pascamenopause beralih dari makanan beras dan diganti dengan makan bengkoang dengan total 390 gram per hari.

Hasilnya, kadar estrone dan estradiol dalam darah mereka masing-masing meningkat 26% dan 27%. Kadar estron dan estradiol ini biasanya menurun selama menopause.

Dengan meningkatkan kedua kadar estrogen di atas, dapat meringankan gejala menopause.

Namun, penelitian enam bulan lainnya menemukan bahwa krim bengkoang yang dioleskan secara topikal memiliki efek yang sangat kecil pada gejala menopause, seperti kemerahan, dibandingkan dengan krim plasebo.

Karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki peran yang mungkin dimiliki bengkoang dalam meredakan gejala menopause.

7. Membantu Pengobatan Diabetes

manfaat bengkoang untuk kesehatan-membantu kurangi risikodiabetes

Foto: Orami Photo Stock

Moms tentu sudah tahu bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi di Indonesia. Jenis diabetes sendiri ada banyak macamnya, namun yang paling umum adalah diabetes tipe 2.

Siapa yang menyangka, bahwa konsumsi bengkoang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, termasuk juga dengan penyakit diabetes lho, Moms.

Diabetes disebabkan oleh penurunan atau defisiensi sekresi insulin (atau dari peningkatan resistensi seluler terhadap insulin).

Studi yang dilakukan pada jurnal National Library of Medicine yang menguji tikus menemukan bahwa ubi dapat berkontribusi pada memperbaiki kadar metabolisme glukosa.

Namun, perlu penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat ini pada manusia.

Selain itu, gula dalam ubi menambahkan rasa manis alami pada makanan dan mengurangi keinginan Moms untuk gula. Ini juga menjadi manfaat bengkoang untuk kesehatan lainnya yang tak kalah menakjubkan.

Selain itu, pada bengkoang ada kandungan allantoin, yang dapat memodulasi stres oksidatif. Kandungan ini juga meningkatkan fungsi hati, sehingga mempertahankan kadar insulin dan glukosa.

Baca Juga: Diabetes Bisa Meningkatkan Risiko Sepsis? Kok Bisa?

8. Mengatasi Masalah Peradangan

manfaat bengkoang untuk kesehatan-masalah peradangan

Foto: Orami Photo Stock

Kulit luar bengkoang ternyata kaya akan senyawa yang disebut saponin. Saponin dapat membantu melawan peradangan.

Dengan demikian, manfaat bengkoang untuk kesehatan dapat memerangi peradangan dan membantu mengendurkan (dan bahkan merawat) otot perut dan panggul.

Sifat antioksidan dari saponin juga dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan berbagai penyakit, menurut jurnal Critical Reviews in Biochemistry and Molecular Biology.

Selain itu, kandungan antioksidan sebagai manfaat bengkoang untuk kesehatan dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan kronis ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kesehatan, misalnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Karena itu, makan makanan anti-inflamasi, seperti bengkoang, dapat membantu mengelola peradangan kronis.

Beberapa penelitian pada tikus telah mengamati bahwa konsumsi bengkoang mengurangi peradangan yang berhubungan dengan beberapa penyakit, termasuk kanker usus besar, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan bisul perut.

Namun, perlu lebih banyak penelitian untuk memastikan apakah makan bengkoang memiliki efek anti-inflamasi yang sama pada manusia.

Itu dia Moms, manfaat bengkoang yang penting untuk kesehatan. Mulai mengonsumsinya secara rutin, ya!

Artikel Terkait