BALITA DAN ANAK
6 Juli 2020

Manfaat Buah Bit Bagi Anak-Anak

Buah bit yang berwarna ungu ini ternyata punya sejuta manfaat bagi kesehatan anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Nampaknya, tingkat konsumsi buah bit pada masyarakat Indonesia memang masih kurang familiar ya, Moms.

Mungkin yang Moms tahu, buah bit hanya untuk bahan pewarna alami saat membuat kue atau dipakai untuk obat tertentu saja. Tapi apakah Moms tahu ternyata manfaat buah bit untuk anak sangat banyak, lho!

Buah bit termasuk tanaman dari golongan Amaranthaceae-Chenopodiaceae, yang masih satu jenis dengan sayur lobak dan jenis sayuran yang memiliki akar. Buah bit sangat terkenal dan banyak dikonsumsi di Amerika dan Inggris.

Sayangnya, buah bit masih jarang ditemui di pasar tradisional, tapi Moms masih bisa membelinya di supermarket dengan harga yang masih cukup terjangkau. Seperti yang dikutip pada Nutrition Value, berikut nilai nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam setiap 100 gram buah bit:

  • Betaine 128,7mg
  • Folate 109mcg
  • Vitamin A 33IU
  • Beta-caroten 20mcg
  • Vitamin C 4,9mg
  • Kalsium 16mg
  • Magnesium 23mg
  • Mangan 0,329mg
  • Fosfor 40mg
  • Potassium 325mg
  • Sodium 78mg
  • Trytophan 0,019g
  • Phytosterol 25mg

Manfaat Buah Bit bagi Anak-Anak

Untuk tahu lebih jauh manfaat buah bit untuk anak berdasarkan nilai nutrisi tersebut, berikut informasinya dan juga beberapa opsi cara penyajian buah bit yang menarik agar Si Kecil berminat untuk mulai mencobanya.

1. Penangkal Radikal Bebas

Manfaat buah bit untuk anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Radikal bebas dapat merusak sel penting dalam tubuh termasuk pada sel tubuh Si Kecil yang menjadi pemicu penyakit serius seperti kanker, penyakit jantung, dan juga kerusakan pada paru-paru.

Menurut jurnal yang diterbitkan Huntington’s Outreach Project For Education Stanford University, radikal bebas dapat terpapar lewat makanan, minuman, asap rokok, dan lewat polusi udara.

Dibutuhkan senyawa bernama antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal racun dalam tubuh anak. Ini mengapa manfaat buah bit untuk anak sangat baik, karena mengandung antioksidan yang didapatkan dari zat yang bernama Betalain. Zat ini juga berfungsi sebagai antiinflamasi.

Moms bisa membuat ice cream stick dari buah bit dengan cara mencampur buah bit dengan susu dalam food processor dan masukkan ke dalam cetakan, kemudian berikan stick ice cream dan masukkan dalam freezer semalaman agar es membeku sempurna. Untuk Si Kecil yang suka sekali rasa manis, pasti akan sangat menyukainya.

Baca Juga: 4 Makanan yang Ampuh Menangkal Radikal Bebas Akibat Polusi Udara

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah bit untuk anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Si Kecil punya masalah dengan pencernaannya, Moms? Cobalah konsumsi buah bit secara rutin. Manfaat buah bit untuk anak juga sangat baik untuk organ pencernaan Si Kecil karena dalam 100 gram buah bit terdapat 2,8 gram serat. Kebutuhan serat Si Kecil harus terpenuhi dengan baik, Moms.

Mengutip sebuah artikel dari Healthy Women, kekurangan serat di dalam tubuh dapat menyebabkan konstipasi, kembung, dan juga sebagai pemicu obesitas.

Tentu Moms tidak ingin hal ini terjadi pada Si Kecil. Untuk itu, menyediakan buah bit sebagai campuran smoothie dan ditaburi dengan almond atau buah-buahan segar bisa menjadi alternatif sajian yang lezat setiap pagi.

Baca Juga: 7 Camilan yang Mengandung Probiotik, Baik untuk Pencernaan Anak

3. Mencegah Anemia

Manfaat buah bit untuk anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Gejala anemia pada anak sangat mudah dideteksi. Periksa apakah Si Kecil terlihat lemas, pucat, dan sering mengeluh sakit kepala? Jika sering mengalami gejala seperti itu, cobalah mulai rutin mengonsumsi buah bit.

Kandungan zat besi yang tinggi menjadi salah satu manfaat buah bit untuk anak yang dapat mencegah Si Kecil dari penyakit anemia. Moms bisa menyajikan potongan buah bit di dalam salad buah segar yang dapat dinikmati sebagai camilan sehat di rumah.

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat buah bit untuk anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Jangan salah Moms, anak-anak juga bisa terserang darah tinggi, lho. Mengutip informasi dari Mayo Clinic, darah tinggi pada anak bisa dipicu oleh beberapa sebab, di antaranya karena adanya kelainan jantung, bawaan genetik, kelainan hormon, dan pada kasus anak yang memiliki berat badan berlebih.

Manfaat buah bit untuk anak dapat menjadi solusi alami untuk menstabilkan tekanan darah karena kandungan potasiumnya tergolong tinggi. Agar lebih simple, Moms bisa mencampur buah bit kedalam jus aneka buah dan sayur yang bisa menjadi menu pelengkap sarapan setiap pagi.

Baca Juga: 5 Gejala Tekanan Darah Tinggi pada Anak

Setelah Moms tahu manfaat buah bit untuk anak, Moms bisa mulai mencoba bereksperimen dengan beberapa menu sederhana terlebih dahulu. Bukan tidak mungkin, buah bit akan menjadi buah baru kesukaan Si Kecil di rumah. Selamat mencoba.

Artikel Terkait