KESEHATAN
15 Oktober 2020

5+ Manfaat Buah Ciplukan, Si Mungil Berwarna Emas

Ada banyak cara untuk menikmati dan mendapatkan manfaat buah ciplukan, apa saja?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms pernah mendengar tentang buah ciplukan? Ternyata ada banyak lho manfaat buah ciplukan.

Buah ini rasanya manis namun agak asam khas buah-buahan tropis, berwarna hijau atau kuning yang berukuran sedikit lebih kecil dari tomat ceri, dan memiliki kulit tipis di luarnya yng harus dikupas sebelum dimakan.

Banyak orang menikmati semburan rasa yang berair dalam buah ciplukan sebagai camilan atau tambahan salad, saus, dan selai.

Sebenarnya, ciplukan bisa tumbuh di mana saja. Menurut Cancer Chemoprevention Research Center Farmasi UGM, ciplukan atau Physalis angulata L. biasanya tumbuh di kebun, tegalan, tepi jalan, semak, atau hutan.

Ciplukan juga memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Buah ciplukan terkenal di Jawa dengan nama Ceplukan, di Inggris dikenal dengan nama morel berry, cecendet di Sunda, keceplokan di Bali, dan leletokan di Minahasa.

Selain rasanya yang menarik, ada banyak juga manfaat buah ciplukan untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat buah ciplukan? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Buah Anggur, Camilan Sehat untuk Bayi

Kandungan Buah Ciplukan

6 Manfaat Buah Ciplukan -1.jpg

Foto: Goldberry.lv/Istockphoto.com

Menurut U.S. Department Of Agriculture (USDA) satu cangkir atau 140 gram buah ciplukan mengandung:

  • Kalori: 74
  • Karbohidrat: 15,7 gram
  • Serat: 6 gram
  • Protein: 2,7 gram
  • Lemak: 1 gramVitamin C: 21 persen dari RDI untuk perempuan dan 17 persen untuk pria
  • Tiamin: 14 persen dari RDI untuk perempuan dan 13 persen untuk pria
  • Riboflavin: 5 persen dari RDI
  • Niacin: 28 persen dari RDI untuk perempuan dan 25 persen untuk pria
  • Vitamin A: 7 persen dari RDI untuk perempuan dan 6 persen untuk pria
  • Zat besi: 8%persen dari RDI untuk perempuan dan 18 persen untuk pria
  • Fosfor: 8 persen dari RDI
  • Buah ciplukan juga memiliki jumlah beta-karoten dan vitamin K yang tinggi bersama dengan sedikit kalsium, menurut penelitian yang dipublikasikan di National Institute of Health

Ciplukan mengandung senyawa chlorogenik acid, asam sitrum dan fisalin. Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi seperti asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, serta elaidic acid.

Buah Ciplukan juga kaya nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D hingga vitamin K. Kandungan tersebut tentunya sangat baik bagi kesehatan. Vitamin A dalam buah ciplukan yang dapat meningkatkan penglihatan serta menyehatkan mata.

Buah ciplukan juga mengandung zat lutein, beta karoten, dan karotenoid yang dapat mencegah dari degenerasi makula. Vitamin C dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh. Vitamin K dalam buah ciplukan berfungsi menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga tekanan darah untuk tetap nomal.

Manfaat Buah Ciplukan

6 Manfaat Buah Ciplukan -3.jpg

Foto: Organicfacts.com

Melihat banyaknya kandungan buah Ciplukan, tentu ada banyak manfaat buah ciplukan. Apa saja? Simak ulasan manfaat buah ciplukan di bawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Penelitian mengenai manfaat buah Ciplukan dilakukan Mahalakshmi AM dan Ramesh B. Nidavani dalam Indo American Journal of Pharmaceutical Research menyebutkan, buah ciplukan terlibat dalam efek imunologis atau sistem imunitas tubuh.

Penelitian Maya Fitria dkk juga menunjukkan hal yang menggembirakan. Peneliti mengeringkan ciplukan dan mengekstraksinya dengan etanol 70 persen. Hasilnya, ekstrak ciplukan tersebut memberikan dampak positif dan mampu menginduksi apoptosis (kematian) pada sel kanker payudara.

Meski membutuhkan penelitian lanjutan, namun hasil ini bisa menjadi data yang bagus untuk bisa dikembangkan menjadi salah satu terapi kanker yang diakui.

Studi lain yang dipublikasikan oleh National Health for Biotechnology Information pada sel manusia mencatat bahwa buah ciplukan mengandung banyak polifenol yang menghalangi pelepasan penanda kekebalan inflamasi tertentu. Ini akan membantu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

Vitamin C yang terkandung dalam buah ciplukan juga memainkan beberapa peran kunci dalam respons sistem imunitas tubuh yang sehat.

2. Tinggi Antioksidan

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya adalah tinggi antioksidan. Buah ciplukan mengandung senyawa tumbuhan tinggi yang disebut antioksidan. Senyawa ini berfungsi untuk melindungi dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yaitu molekul yang terkait dengan penuaan dan penyakit, seperti kanker, menurut penelitian US Proceedings of The National Academy of Science .

Dikutip dari penelitian yang dipublikasikan di Researchgate, antioksidan yang terkandung dalam buah Ciplukan berperan aktif mengatasi penyakit hepatitis, malaria, rematik, dermatitis, asma, hingga kanker.

Hingga saat ini, penelitian telah mengidentifikasi 34 senyawa unik dalam buah ciplukan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan. Seperti senyawa fenolik yang dapat memblokir pertumbuhan sel kanker payudara dan usus besar dalam penelitian tabung reaksi.

Dalam studi tabung reaksi lain yang dilakukan oleh Frontiers in Chemistry , ekstrak buah Ciplukan segar dan dehidrasi ditemukan meningkatkan kehidupan sel sekaligus mencegah pembentukan senyawa yang menyebabkan kerusakan oksidatif.

Kulit buah ciplukan juga memiliki hampir tiga kali jumlah antioksidan dibandingkan daging buahnya. Selain itu, tingkat antioksidan berada pada puncaknya saat buah matang.

Baca Juga: Resep Pie Buah yang Manis dan Segar

3. Manfaat Anti Inflamasi

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi. Senyawa dalam buah ciplukan yang disebut withanolides mungkin memiliki efek anti-inflamasi di dalam tubuh yang bermanfaat untuk melindungi dari kanker usus besar.

Dalam penelitian Jounal of Chron’s and Colitics, ekstrak kulit Ciplukan akan mengurangi peradangan pada tikus dengan penyakit radang usus. Selain itu, tikus yang diobati dengan ekstrak ini memiliki tingkat penanda inflamasi yang lebih rendah di jaringannya.

Meskipun tidak ada penelitian manusia yang sebanding, penelitian tabung reaksi pada sel manusia mengungkapkan efek yang menjanjikan terhadap peradangan.

4. Memelihara Kesehatan Tulang

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya adalah memelihara kesehatan tulang. Buah Ciplukan tinggi vitamin K, vitamin larut lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang yang merupakan komponen penting dari tulang dan tulang rawan dan juga terlibat dalam tingkat perombakan tulang yang sehat. Ini merupakan cara bagaimana tulang rusak dan terbentuk kembali dengan baik.

Bukti terbaru menunjukkan bahwa vitamin K harus dikonsumsi bersamaan dengan vitamin D untuk kesehatan tulang yang optimal, dikutip dari International Journal of Endocrinology .

5. Meningkatkan Sistem Penglihatan

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya adalah meningkatkan sistem penglihatan. Buah ciplukan mengandung lutein dan beta-karoten, bersama dengan beberapa karotenoid lainnya.

Makanan tinggi karotenoid dari buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan.

Secara khusus, karotenoid lutein terkenal untuk mencegah penyakit mata. Lutein dan karotenoid lainnya, termasuk zeaxanthin dan lycopene dalam buah Ciplukan, telah terbukti bermanfaat untuk melindungi dari kehilangan penglihatan akibat diabetes, menurut penelitian di National Health Institute.

Mathew Eng PharmD, seorang apoteker berlisensi dengan pengalaman klinis di bidang onkologi, penyakit menular, dan manajemen diabetes mengatakan, Pterigium yang juga dikenal sebagai mata surfer, adalah penyakit yang melibatkan pertumbuhan berlebihan pada kornea.

Ini terkait dengan pertumbuhan sel yang disebut fibroblas. “Dalam penelitian pada kelinci, jus buah Ciplukan membantu mencegah pertumbuhan jaringan mata yang berlebihan akibat penuaan,” kata dia.

Baca Juga: 3 Resep Jus Buah dan Sayur yang Mudah dan Enak

6. Sifat Anti Kanker

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya adalah punya sifat anti kanker. Buah Ciplukan belum terbukti dapat mengobati atau mencegah kanker. Efek potensial buah beri pada kanker hanya diteliti pada hewan dan sel. Penting untuk diperhatikan bahwa banyak zat memiliki efek anti kanker dalam sel, bahkan bahan kimia beracun.

“Ini tidak berarti bahwa zat tersebut memiliki nilai medis. Sebaliknya, sebagian besar zat baik alami atau sintetis yang diteliti dalam sel kanker gagal lolos dari penelitian hewan atau uji klinis lebih lanjut karena kurangnya keamanan atau keefektifannya,” jelas Mathew.

Berdasarkan pemikiran tersebut, para peneliti telah menemukan bahwa senyawa dalam buah Ciplukan yang disebut 4beta-Hydrozywithanolide E, mungkin memiliki sifat anti kanker. Efek ini telah dipelajari pada hewan dan sel pada jenis kanker berikut:

Potensi Efek Samping

6 Manfaat Buah Ciplukan -2.jpg

Foto: Food.ndtv.com

Memang ada banyak manfaat buah ciplukan, tapi ternyata ada juga potensi efek sampingnya lho Moms. Buah ciplukan mungkin akan beracun jika Moms memakannya mentah. Sebab, buah Ciplukan mentah mengandung solanine, racun yang secara alami ditemukan pada sayuran nightshade, seperti kentang dan tomat.

Menurut penelitian yang dilakukan Veterinary and Human Toxicology, solanine dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti kram dan diare dan bisa berakibat fatal dalam kasus yang jarang terjadi.

Untuk meminimalisir risiko tersebut, sebaiknya Moms memakan buah Ciplukan yang sudah matang tanpa bagian hijau agar mendapatkan beragam manfaat yang dimiliki.

Selain memiliki kandungan yang berpotensi beracun, makan buah ciplukan terlalu banyak juga bisa berbahaya. Dalam sebuah penelitian pada hewan, jus buah Ciplukan beku-kering dengan dosis sangat tinggi 5.000 mg per kg setiap hari, mengakibatkan kerusakan jantung pada tikus jantan tetapi tidak pada tikus betina.

Keamanan buah ciplukan belum dapat diketahui karena kurangnya uji klinis. Penelitian yang tersedia menunjukkan bahwa bentuk dan dosis tertentu dari buah ciplukan mungkin tidak aman.

Dalam sebuah kasus di Turki, penggunaan buah ciplukan secara ekstensif untuk menurunkan berat badan mungkin menjadi salah satu alasan yang menyebabkan pendarahan di otak dan tekanan darah tinggi.

Berdasarkan penelitian pada hewan, dosis buah ciplukan yang sangat tinggi khususnya daunnya dapat menyebabkan toksisitas usus, yang berpotensi menyebabkan muntah, sakit kepala, dan dalam kasus yang jarang terjadi adalah kematian.

Namun, tidak ada efek samping lain yang diamati , dikutip dari penelitian di National Center for Biotechnology Information. Tidak ada juga studi keamanan saat memakannya dengan jumlah banyak dan jangka panjang tentang buah Ciplukan pada manusia.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan di Pagi Hari Ini Bisa Diatasi dengan Makan Buah-buahan

Cara Menikmati Buah Ciplukan

6 Manfaat Buah Ciplukan -6.jpg

Foto: Wikipedia.org

Untuk bisa menikmati manfaat buah ciplukan, Moms juga harus tahu cara mengonsumsinya. Bagi Moms pecinta buah segar dan masam, buah ciplukan langsung konsumsi setelah bungkusnya dibuka atau dikeringkan setelah sekamnya yang tipis dibuang. Buah ciplukan segar dapat ditemukan di pasar petani dan banyak toko bahan makanan, atau dibeli secara online.

Buah ciplukan juga sering dijual dalam bentuk buah kering dan juga sering dijual dengan nama ‘Inca berry’. Karena buah ciplukan akan menambah rasa unik pada hampir semua hidangan atau camilan, berikut beberapa cara enak saat menikmati buah ciplukan yang bisa dicoba:

  • Makan mentah sebagai camilan.
  • Tambahkan ke salad buah.
  • Taburkan di atas salad gurih.
  • Haluskan menjadi smoothie.
  • Celupkan ke dalam saus cokelat untuk pencuci mulut.
  • Ubah menjadi saus untuk dinikmati dengan daging atau ikan.
  • Aduk menjadi salad gandum.
  • Tambahkan di atas yogurt dan granola.

Itulah beberapa manfaat buah ciplukan. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik ya Moms. Karenanya, untuk mendapatkan manfaat buah ciplukan, konsumsi secara biasa dan nikmati setiap gigitan segarnya.

Artikel Terkait