KESEHATAN
26 Juli 2020

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit, Wajib Tahu!

Buah delima ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kulit Moms, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Mendengar tentang buah delima, apa yang terlintas dalam pikiran Moms? Buah delima atau pomegranate, berasal dari kata pomme dan garnete, yang artinya apel unggulan.

Buah delima dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan. Jadi, delima tidak hanya baik untuk dikonsumsi, tetapi juga kerap dijadikan sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit.

Mungkin Moms juga sudah sering mendengar tentang kandungan pomegranate dalam sebuah produk skincare, bukan? Lalu, apa saja ya manfaat buah delima untuk kecantikan kulit? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Baca Juga: 5 Buah-buahan untuk Kulit Glowing, Yuk Mulai Dikonsumsi!

Manfaat Delima untuk Kulit

Secara umum, buah delima memang baik untuk kesehatan tubuh, baik dengan minum jus delima dan/atau mengonsumsi ekstrak delima.

Menurut jurnal Emerging Science, buah delima membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, mengontrol kolesterol jahat, serta mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, manfaat buah delima baik untuk kecantikan kulit. Khususnya bagi kulit berminyak dan acne prones bisa mendapatkan banyak manfaat dari buah delima.

Hal ini karena fungsi utama dari delima untuk kulit adalah detoksifikasi kulit. Adapun beberapa manfaat delima untuk kesehatan kulit, yaitu:

1. Melawan Radikal Bebas

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit-1.jpg

Foto: healthline.com

"Delima adalah buah yang kaya akan polifenol seperti antosian, asam ellagic, dan banyak tanaman polifenol lainnya. Bahan-bahan ini menjadikan delima efektif membantu detoksifikasi kulit dan melawan radikal bebas,” ungkap Dr. Shuting Hu, dokter dan juga pendiri dari Acaderma mengutip Byrdie.

Proses detoksifikasi kulit ini mampu melawan kulit dari radiasi UV. Seperti yang sudah sering diketahui, paparan sinar UV bisa membuat penuaan dini dan menyebabkan keriput di wajah.

Antosian dalam buah delima dapat bekerja sama dengan vitamin C untuk memberikan manfaat optimal.

Baca Juga: 4 Makanan yang Ampuh Menangkal Radikal Bebas Akibat Polusi Udara

2. Perlindungan dari Sinar Matahari

manfaat buah delima untuk kecantikan

Foto: freepik.com

Buah delima punya manfaat lain untuk kecantikan, karena memiliki senyawa pelindung sinar matahari.

Hal ini menjadikan delima mampu melindungi kulit secara mendalam, membantu mencegah kanker kulit, meredakan kulit terbakar, dan mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Sementara itu, minyak biji delima berfungsi untuk melindungi kulit karena kandungan asam ellagic, antioksidan polifenol.

Menurut American Academy of Dermatology, cara lainnya untuk melindungi kulit dari sinar matahari adalah selalu memakai sunscreen setiap hari. Pakai sunscreen dengan SPF minimal 30 atau lebih paling tidak 15 menit sebelum Moms beraktivitas di luar ruangan.

3. Mencegah Kulit Iritasi

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit-3.jpg

Foto: freepik.com

Buah delima dikenal bermanfaat untuk pemilik kulit kering dan kombinasi. Namun, bukan berarti pemilik kulit kering tidak bisa mendapatkannya.

Buah delima mampu menembus jauh ke dalam kulit, sehingga efektif merawat kulit kering.

Manfaat buah delima untuk kecantikan mampu menenangkan kulit kering, pecah-pecah, dan kulit iritasi. Ini karena delima mengandung asam punicic, yaitu asam lemak omega 5 yang mampu menghidrasi kulit secara mendalam.

Baca Juga: Iritasi Kulit karena Parfum, Apa Sebabnya?

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit-4.jpg

Foto: freepik.com

Jurnal Experimental and Therapeutic Medicine menyebutkan, antioksidan yang terkandung dalam buah delima bermanfaat untuk kecantikan dengan mengurangi munculnya bintik-bintik dan kerutan penuaan pada kulit.

Meskipun tidak sepenuhnya mencegah, namun hal ini bisa Moms lakukan untuk merawat kulit tetap awet muda. Hal ini karena delima meningkatkan regenerasi sel pada kulit, yaitu kemampuan meremajakan kulit sehingga mencegah penuaan dini.

Itulah beberapa manfaat buah delima untuk kecantikan kulit. Namun, ingat bahwa Moms tidak bisa hanya mengonsumsi delima untuk memenuhi kebutuhan antioksidan dalam kulit, ya, Moms.

Harvard Health Publishing mengungkapkan, rawat kulit dengan rutin membersihkan menggunakan pembersih yang lembut dan tetap ketahui apa yang dibutuhkan setiap jenis kulit.

Artikel Terkait