TRIMESTER 1
29 Oktober 2020

13+ Manfaat Buah Duku untuk Ibu Hamil, Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh!

Bisa juga untuk mencegah kanker lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Buah duku memang punya rasa yang enak. Tapi, tahukan Moms kalau ternyata ada banyak manfaat buah duku, termasuk untuk ibu hamil.

Saat Moms hamil, penting untuk makan-makanan bergizi dan menghindari kalori kosong. Faktanya, jika kebanyakan makan junk food saat hamil, Moms mungkin membuat Si Kecil untuk memiliki kebiasaan makan yang buruk seumur hidup.

Satu studi dari The Faseb Journal menemukan bahwa bayi dari ibu yang makan junk food saat hamil lebih cenderung kecanduan diet tinggi lemak dan tinggi gula. Kemudian, penelitian British Medical Bulletin juga menguatkan bahwa bayi yang belum lahir yang tidak menerima nutrisi yang tepat mengalami perubahan permanen dalam fisiologi dan metabolisme mereka di dalam rahim. Perubahan ini dapat memicu penyakit di kemudian hari.

Tetapi apa yang dapat dilakukan jika tidak terlalu menyukai buah? Atau apakah morning sickness membuat Moms mual melihat buah? Nah, bila mual melihat buah yang biasa dimakan seperti pisang atau jeruk, maka boleh mencoba buah duku untuk ibu hamil.

Menurut Food and Agriculture of United Nations, buah duku atau lansium parasiticum, adalah spesies pohon dalam famili Mahoni dengan buah-buahan yang dibudidayakan secara komersial untuk dimakan.

Spesies ini terutama tumbuh di Asia Tenggara, di seluruh Kepulauan Melayu dari Semenanjung Thailand, Malaysia, dan di Indonesia. Ini dibudidayakan secara luas di Semenanjung Malaysia selatan.

Baca Juga: Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Buah Duku

Manfaat buah duku, Foto : Freepik

The American Pregnancy Association merekomendasikan makan dua hingga empat porsi buah dan empat porsi sayuran setiap hari. Secara umum satu porsi buah adalah sepotong buah utuh sedang seukuran bola tenis. Lalu, apa manfaat buah duku untuk ibu hamil?

1. Dapat Membantu Saluran Pencernaan

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat membantu saluran pencernaan. Keluhan umum ibu hamil adalah sembelit. Dengan konsumsi buah duku yang memiliki kandungan serat yang cukup dapat mengatasi masalah saluran pencernaan seperti sembelit dan obstruksi usus besar.

Bahkan, kandungan kalori, mineral dan zat besi pada buah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan apel atau jeruk manis.

Oleh karena itu, jika pencernaan sehat maka akan dapat terhindar dari penyakit seperti kanker usus besar dan penyakit yang disebabkan oleh masalah pencernaan.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Gigi

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan gigi. Kandungan fosfor yang dimiliki buah duku dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan terbukti dalam masalah kesehatan gigi seperti mencegah sakit gigi, menguatkan gigi dan dapat memutihkan gigi secara alami.

Kesehatan gusi dapat diatasi dengan mengonsumsi vitamin C. Seperti yang telah disebutkan bahwa buah duku memiliki kandungan vitamin C yang membantu menjaga kesehatan gusi terutama bagi ibu hamil.

Baca Juga: Coba Rajin Konsumsi, Ternyata Begini Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

3. Mengobati Gatal Akibat Gigitan Serangga

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengobati gatal akibat gigitan serangga. Manfaat buah duku untuk ibu hamil tak sekedar untuk kesehatan semata. Kulit buah duku dapat digunakan untuk mengobati gatal akibat gigitan seranggga, menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit dan masalah kulit lainnya.

Cara mengobati gatal akibat gigitan serangga adalah dengan cara mengoleskan kulit buah duku pada kulit yang gatal, kemudian rasa gatal tersebut berkurang.

Menurut jurnal BMJ, serangga utamanya nyamuk tertarik dengan pada kelembapan dan karbon dioksida saat ibu hamil hamil menghembuskan nafas. Kedua, perut ibu hamil lebih panas 0,7 derajat Celsius sehingga memudahkan nyamuk untuk mendeteksinya.

4. Obati Diare

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengobati diare. Bagi Moms yang sedang mengalami diare, tidak ada salahnya jika mencoba mengonsumsi buah duku secara rutin setiap hari hingga sembuh. Buah duku mengandung serat, vitamin C dan mineral yang cukup banyak sehingga diare berangsur-angsur sembuh.

Dilansir dari Medical News Today, Diare dapat menyebabkan dehidrasi parah dan malnutrisi, yang dapat membahayakan wanita dan janin. Seorang wanita hamil harus segera mendapatkan perawatan medis jika dia mengalami salah satu gejala berikut seperti tinja yang mengandung darah atau nanah dan diare yang berlangsung lebih dari 48 jam.

5. Cegah Kanker

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah kanker. Dengan adanya antioksidan pada buah duku, di percaya sangat ampuh dalam mencegah penyakit kanker, karena zat antioksidan tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dan menghancurkannya serta membuang limbah melalui saluran pembuangan.

Antioksidan sendiri merupakan nutrisi yang berfungsi menghindarkan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh.

Antioksidan juga berperan mencegah tubuh dari kerusakan akibat polusi dan zat beracun penyebab kanker.

6. Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan mengonsumsi buah duku setiap hari dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah tinggi yang dapat memicu terjadinya stroke. Lantaran, buah ini mengandung kalium dalam jumlah yang baik.

Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Jadi manfaat buah duku juga menawarkan perlindungan terhadap tekanan darah tinggi dan stroke.

Bahkan, buah duku membawa sejumlah kecil mineral seperti kalsium (19 mg), fosfor (31 mg) dan besi (0,9 mg).

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dibutuhkan setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C pada buah duku berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh dan berkhasiat juga untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan.

8. Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah baik untuk penderita diabetes. Bila Moms mengalami diabetes gestasional saat hamil, maka buah duku menjadi solusi cemilan sehat. Karena, kandungan seratnya yang tinggi, bersama dengan adanya antioksidan polifenol, membantu meningkatkan kadar glukosa dengan memperlambat penyerapan gula.

Selain itu, menurut NHS, Kebanyakan wanita dengan diabetes gestasional mengalami kehamilan normal dengan bayi yang sehat. Namun, diabetes gestasional saat hamil dapat menyebabkan masalah seperti Si kecil tumbuh lebih besar dari biasanya hal ini dapat menyebabkan kesulitan selama persalinan dan meningkatkan kemungkinan memerlukan persalinan induksi atau operasi caesar.

Baca Juga: Apa Bedanya Diabetes Pregestasional dan Diabetes Gestasional pada Kehamilan?

9. Meredakan Serangan Migrain

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meredakan serangan migrain. Beberapa penelitian telah mengungkapkan dampak positif riboflavin (Vitamin B2) dalam meminimalkan dan memerangi serangan migrain, manfaat buah duku untuk ibu hamil yang mengandung vitamin dalam jumlah yang cukup banyak dapat dimasukkan dalam daftar makanan yang dapat ditambahkan oleh ibu hamil yang alami migrain ke dalam pola makannya untuk mengurangi kemungkinan serangan.

10. Mengurangi Demam

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengurangi demam. Selain berbagai nutrisi yang terdapat pada daging buah duku, bagian lain dari buah duku juga dapat dimanfaatkan. Bijinya telah dikenal mampu menurunkan demam. Umumnya, Moms tidak ingin makan biji karena rasanya pahit, tetapi dalam kasus di mana perlu, seperti demam saat hamil.

Maka, disarankan juga biji buah duku dihancurkan dengan cara mengekstraksi nutrisi paling banyak dan menyeduhnya dengan air panas. Untuk menghancurkan biji langsat, Moms perlu mengeringkannya terlebih dahulu.

Setelah bijinya cukup kering untuk dipanggang, hancurkan bijinya. Setelah itu seduh biji langsat yang sudah dihaluskan dengan air hangat. Namun, sebelum melakukannnya tetap konsultasikan ke dokter kandungan agar terhindar dari efek samping yang tak diinginkan.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Saat hamil, beberapa Moms mengalami kusam di wajah. Nah, untuk menjaga kesehatan kulit bisa dengan konsumsi buah duku. Buah ini mengandung banyak vitamin E sehingga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit seperti mencegah penuaan dini, melembutkan dan melembutkan kulit, menjaga kelembapan kulit, menjaga kulit dari sinar UV dan membantu menyembuhkan luka.

Banyak buah-buahan telah digunakan sebagai obat jerawat alami. Mulai dari jeruk nipis, pepaya, tomat, dan lemon, buah duku juga memiliki kemampuan yang sama, meski tidak sekuat buah yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil yang Moms Perlu Tahu!

12. Memperkuat Tulang

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah memperkuat tulang. Buah duku mengandung vitamin A yang disebut juga retinol atau karotenoid, dan fosfor. Vitamin A sebenarnya adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang berperan penting dalam menjaga gigi dan tulang rangka.

Fosfor juga berguna sebagai agen pembentukan tulang dan gigi. Mengkonsumsi buah duku akan memungkinkan lebih banyak vitamin dan mineral ini masuk ke tubuh Moms terutama saat hamil.

Selama kehamilan, bayi yang sedang tumbuh di rahim ibunya membutuhkan banyak kalsium untuk mengembangkan kerangkanya. Kebutuhan ini sangat besar selama 3 bulan terakhir kehamilan. Jika ibu tidak mendapatkan cukup kalsium, bayinya akan mengambil apa yang dibutuhkan dari tulang ibu sehingga buah duku bisa menjadi salah satu alternative cemilan yang aman dikonsumsi selama kehamilan.

13. Jaga Kelembapan Alami Rambut

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah menjaga kelembapan alami rambut. Duku juga dapat menjaga kelembapan alami rambut dari dalam, berkat kandungan nutrisinya. Namun Moms juga bisa melakukan perawatan di luar dengan manjadikannya sebagai masker alami untuk rambut.

Selain menjaga kelembapan, juga mencegah rambut rontok, dan menutrisi rambut.

14. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat buah duku, Foto : Orami Photo Stock

Manfaat buah duku untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengontrol kadar kolesterol. Metabolisme kolesterol dalam tubuh akan menjadi asam empedu. Bagi penderita penyakit kolesterol, hal tersebut dapat terbantu dengan seringnya konsumsi buah duku.

Buah duku sendiri membawa serat makanan dalam jumlah yang baik, 0,8 g per 100 g. Diet serat yang baik membantu mengontrol kadar kolesterol dan berat badan.

Terlepas dari manfaat buah duku untuk ibu hamil, Moms yang tengah mencoba program diet bisa mengonsumsi buah ini. Buah duku tidak seharusnya juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan.

Buah duku akan membantu tubuh mendapatkan karnitin. Karnitin akan mengarahkan molekul lemak ke jaringan pembakar lemak. Molekul lemak ini patut diperhatikan bagi siapa saja yang sedang menurunkan berat badan karena jika terjadi kekurangan molekul lemak maka tubuh akan terasa lelah dan kekurangan energi.

Jadi, jika karnitin di dalam tubuh berkurang akan terjadi penumpukan lemak. Buah duku juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan manfaat apel bagi yang sedang menjalani program diet.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Cara Mudah Mengolahnya!

Meskipun buah duku tidak memiliki efek samping yang diketahui, konsumsi berlebihan diyakini dapat memengaruhi kesehatan secara negative karena dikenal juga sebagai salah satu buah yang bisa menyebabkan gas dan kembung. Jadi, tetap konsumsi dengan jumlah terbatas untuk mendapatkan manfaat buah duku bagi ibu hami.

Di samping itu, buah duku memang benar mengandung banyak vitamin dan mineral esensial, namun bila hendak buah duku saat hamil ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum memasukkan buah tersebut sebagai menu harian buah saat Moms hamil.

Artikel Terkait