KESEHATAN
15 Oktober 2020

15+ Manfaat Buah Kiwi, Bikin Kulit Jadi Sehat!

Buah yang umumnya berwarna hijau dengan tekstur lembut dan terasa asam manis menyegarkan ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Buah kiwi memang bukan buah yang berasal dari Indonesia, namun karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan, buah ini cukup populer dan mudah ditemukan di supermarket besar. Yang tidak kalah penting, ada banyak manfaat buah kiwi.

Menyimpan berbagai vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan, apa saja manfaat buah kiwi yang dapat kita peroleh?

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Gosberi China atau yang dikenal dengan sebutan buah kiwi merupakan buah yang berasal dari lembah Sungai Yangtze di Cina utara dan Provinsi Zhejiang di pantai Cina timur. Biji atau benih buah kiwi pertama kali dikirim keluar wilayah China pada tahun 1904 tepatnya ke Selandia Baru.

Beberapa orang menyadari bahwa tanaman buah kiwi akan menjadi sangat populer untuk dijadikan sebagai tanam. Buah kiwi menjadi sangat populer karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Buah satu ini juga terkenal akan kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Selain Vitamin C, buah kiwi juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti Vitamin K, E, B9, kalium dan merupakan sumber antioksidan yang tinggi.

Meskipun buah kiwi berukuran kecil, namun buah satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daging buah kiwi yang berwarna hijau dan memiliki rasa yang asam manis ini ternyata memiliki kandungan vitamin-vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Nah, kira-kira apa saja ya manfaat buah kiwi untuk kesehatan? Simak di bawah ini yuk, moms!

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Meredakan Gejala Asma

Buah kiwi bermanfaat meredakan gejala asma

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah kiwi yang pertama adalah meredakan gejala asma. Karena kandungan Vitamin C dan antioksidannya, buah kiwi dipercaya memiliki manfaat untuk meredakan gejala asma.

Dalam sebuah studi pada tahun 2000 menemukan mengkonsumsi buah segar secara teratur termasuk buah kiwi dapat memberikan efek baik pada fungsi paru-paru. Vitamin C dan antioksidan pada buah kiwi dipercaya mampu mengurangi sesak nafas.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan pencernaan menjadikannya patut masuk ke dalam menu diet karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Dalam studi baru-baru ini ditemukan bahwa ekstrak buah kiwi mengandung bakteri proteolitik yang disebut juga actinidin dan berfungsi sebagai pemecah protein di dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Kismis yang Jarang Diketahui

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kiwi dapat menjaga sistem kekebalan tubuh

Foto: Freepik.com

Dalam Good House Keeping, dua buah kiwi ukuran kecil mengandung lebih banyak Vitamin C dibandingkan dengan satu buah jeruk ukuran sedang. Vitamin C sendiri sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal penyakit.

Penelitian lain menambahkan, kiwi dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan timbulnya penyakit seperti flu atau pilek.

Faktanya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, jadi sangat penting untuk mendapatkan cukup nutrisi ini melalui makanan untuk melindungi tubuh dari zat-zat berbahaya.

4. Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Karena kandungan antioksidan, manfaat buah kiwi untuk kesehatan juga mampu menangkal dan mengurangi jumlah radikal bebas di dalam tubuh. Dalam Free Radicals: Properties, Sources, Targets, and Their Implication in Various Diseases , jika tubuh memiliki terlalu banyak radikal bebas yang menumpuk, hal ini akan berdampak buruk bagi tubuh karena dapat menyebabkan stres oksidatif.

Stres oksidatif ini lah yang akan memicu kerusakan pada sel-sel tubuh yang dapat menimbulkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Buah kiwi dapat menjaga tekanan darah agar stabil

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya mampu menjaga kekebalan tubuh, rupanya buah kiwi juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian membuktikan bahwa zat bioaktif dalam tiga buah kiwi yang dikonsumsi per hari dapat menurunkan tekanan darah lebih daripada satu apel per hari.

Untuk jangka panjang, hal ini juga bisa menurunkan resiko penyakit akibat tekanan darah tinggi seperti stroke atau serangan jantung.

Baca Juga: Tak Perlu Dikupas, 5 Buah Ini Kulitnya Bermanfaat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Ada juga manfaat buah kiwi jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu hamil cenderung memiliki nafsu makan yang lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil, apakah Moms juga mengalami hal ini ketika sedang hamil?

Hasrat makan setiap ibu hamil dapat berbeda-beda, namun sangat disarankan untuk lebih memilih makan sepotong buah daripada cokelat atau makanan manis lainnya.

Buah kiwi bisa menjadi salah satu alternatif buah yang bisa Moms konsumsi ketika sedang hamil. Lalu apa saja manfaat buah kiwi untuk ibu hamil?

6. Baik untuk Perkembangan Sistem Otak dan Saraf Pada Bayi

Nutrisi dalam buah kiwi baik untuk pertumbuhan janin

Foto: Freepik.com

Buah kiwi mengandung asam folat yang cukup banyak. Kandungan asam folat pada buah kiwi dapat membantu meningkatkan sistem kognitif pada bayi di dalam kandungan.

Selain itu, asam folat pada buah kiwi juga sangat baik untuk mencegah cacat bawaan pada bayi seperti spina bifida, yaitu kondisi medis di mana sumsum tulang belakang belum berkembang sepenuhnya. Mengkonsumsi buah kiwi selama fase awal kehamilan juga akan mengurangi kemungkinan mengalami keguguran.

7. Mencegah Diabetes Selama Kehamilan

Seperti buah-buahan lainnya, kandungan gula alami pada buah kiwi dapat membantu mengendalikan keinginan makan manis yang biasanya dialami oleh ibu hamil.

Rendahnya indeks glikemik pada buah kiwi, tidak akan menyebabkan lonjakan besar dalam kadar insulin. Hal ini penting untuk mengatur kadar gula darah karena diabetes gestasional selama kehamilan sangat umum terjadi.

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

8. Mengobati Sembelit Pada Ibu Hamil

Kiwi mengandung serat untuk membantu melancarkan pencernaan

Foto: Freepik.com

Menurut penelitian Treating constipation during pregnancy, diperkirakan 11-38 persen wanita hamil mengalami sembelit. Sembelit pada ibu hamil sangatlah umum terjadi karena tubuh seorang wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan fisiologis dan anatomis di sistem pencernaan.

Untuk itu, Moms disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk membantu mencegah diare, kembung, mual, sakit perut dan penyakit perut lainnya. Serat pada buah kiwi akan berperan menjaga kesehatan usus besar, karena makanan yang kaya akan serat sebagai obat pencahar alami yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

9. Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil

Ketika hamil, Moms mungkin dapat merasa lemas, kulit pucat, kurang nafsu makan dan merasakan mual. Bisa jadi ini adalah tanda-tanda kalau Moms kekurangan zat besi di dalam tubuh. Wanita yang hamil sangat rentan kehilangan zat besi di dalam tubuhnya, sehingga dapat menyebabkan anemia.

Zat besi sangat dibutuhkan untuk produksi sel darah merah untuk mencegah anemia pada ibu hamil serta membawa oksigen antar sel, sehingga sangat penting untuk meningkatkan energi Moms saat hamil. Inilah manfaat buah kiwi untuk kesehatan ibu hamil, yaitu sebagai salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi.

10. Membantu Perkembangan Tulang, Otot, Gigi, dan Jantung Pada Bayi

Nutrisi dalam buah kiwi membantu perkembangan otak, tulang, dan gigi bayi

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat membantu perkembangan tulang, otot, gigi serta jantung pada bayi. Hal ini disebabkan buah kiwi memiliki kalsium yang sangat baik terutama untuk kesehatan tulang.

Dalam Calcium: A Nutrient in Pregnancy, bahwa kalsium adalah mineral dalam tubuh yang jumlahnya berlimpah dan esensial untuk berbagai mekanisme dan reaksi seperti kontraksi otot, formasi tulang dan enzim, serta fungsi hormon.

Perubahan fisiologis yang signifikan saat hamil terjadi untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam tubuh. Sebagian besar kebutuhan mineral bayi didapat dengan cara menyerap kalsium dari tubuh Moms.

Suplementasi kalsium diperlukan saat hamil agar dapat memenuhi kebutuhan kalsium yang lebih banyak dari biasanya, untuk mencegah preeklemsia dan bayi lahir prematur, serta mendukung perkembangan tulang, otot, gigi, dan jantung bayi.

11. Membantu Keseimbangan Hormon

Siapa yang jadi lebih moody ketika sedang hamil? Pasti banyak di antara Moms yang merasakan hal demikian. Perubahan hormon sangatlah normal terjadi di masa kehamilan. Perubahan hormon tidak bisa disepelekan begitu saja karena dapat berakibat buruk, misalnya menderita depresi, sering merasa lelah, atau bahkan stress.

Menurut ahli gizi Dr. Fiastuti Witjaksono Sp. GK (K), berdasarkan studi bioavailabilitas, dengan mengkonsumsi dua buah kiwi dalam sehari selain dapat meningkatkan asupan Vitamin C, buah kiwi juga dipercaya dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mencegah terjadinya perubahan suasana hati.

Baca Juga: 17 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Menakjubkan!

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kecantikan

Rasanya tidak akan habis jika membahas manfaat buah kiwi. Karena banyaknya nutrisi yang terkemas, manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh cukup banyak.

Selain manfaat buah kiwi untuk kesehatan dan juga untuk ibu hamil, rupanya buah kiwi juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Apa saja manfaat buah kiwi untuk kecantikan?

12. Menunda Tanda Penuaan

Buah kiwi yang banyak nutrisi mampu mengurangi tanda penuaan pada kulit

Foto: Freepik.com

Manfaat buah kiwi untuk kecantikan yang pertama adalah buah ini dipercaya mampu menunda penuaan. Buah kiwi yang terkenal sebagai salah satu buah dengan sumber antioksidan terbesar dan jumlah Vitamin C yang banyak ini mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

13. Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan musuh bagi wanita, karena adanya jerawat di wajah membuat penampilan menjadi terlihat kurang maksimal. Bahkan beberapa orang menjadi tidak percaya diri karena jerawat yang tumbuh, terutama di bagian wajah yang mudah terlihat.

Mengutip Mayo Clinic, jerawat merupakan kondisi kulit yang terjadi saat folikel rambut tersumbat oleh minyak dan kulit mati. Lalu, bagaimana peran buah kiwi dapat mengobati jerawat?

Dalam buah kiwi terdapat zat yang merupakan zat anti-inflamasi yang dapat mengobati jerawat. Zat ini juga terbukti dapat mencegah pembentukan jerawat dan beberapa masalah kulit lainnya.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Buah Biksu, Ketahui 5 Manfaat Buah Lo Han Kuo untuk Kesehatan

14. Mengontrol Kelebihan Sebum

Buah kiwi dapat membantu mengurangi minyak pada wajah

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti sering mendengar istilah sebum, bukan? Sebum merupakan zat yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Pada jumlah yang tepat, peran sebum sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit.

Namun, jika produksi sebum berlebihan makan akan menimbulkan masalah seperti kulit berminyak dan timbulnya jerawat. Ajaibnya, buah kiwi terkenal memiliki sifat “mendinginkan” serta kandungan asam amino dan Vitamin C yang sama-sama berfungsi untuk mengontrol produksi sebum.

15. Mengurangi Lingkar Hitam Pada Mata

Masalah lingkar hitam pada mata menjadi salah satu masalah terbesar bagi wanita. “Mata panda” begitu banyak wanita menyebutnya. Lingkar mata yang terlalu hitam tentunya akan sulit untuk ditutup bahkan dengan make up sekalipun.

Kandungan vitamin C dan vitamin E pada buah kiwi dipercaya mampu mengurangi lingkar hitam pada mata. Tidak hanya itu, penggunaan ekstrak buah kiwi secara teratur pada mata dapat mengurangi banyak masalah mata lainnya.

16. Membuat Kulit Sehat

Kulit sehat berkat vitamin E dari buah kiwi

Foto: Freepik.com

Manfaat buah kiwi untuk kecantikan yang terakhir adalah mampu mengatasi dan mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet atau abrasi.

Kandungan Vitamin E dalam buah kiwi memiliki fungsi memperbaiki kulit yang rusak. Vitamin E juga berperan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: 4 Ide MPASI Bayi 6 Bulan dengan Buah Kiwi yang Segar

Inilah berbagai manfaat buah kiwi untuk kesehatan. Buah kiwi dapat menjadi pilihan bagi Moms yang bosan dengan buah yang itu-itu saja dalam menu diet. Mudah dikonsumsi dan diolah, buah kiwi juga terasa segar dimakan saat cuaca sedang panas.

Artikel Terkait