KESEHATAN
29 Oktober 2020

15 Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan dan Kecantikan, Catat Ya!

Ternyata buah murbei atau mulberry memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang luar biasa lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Buah murbei (Morus sp.) adalah buah beri yang berasal dari pohon bernama Morus Alba. Dalam bahasa Inggris, buah ini dikenal dengan mulberry. Ada juga yang mengenal buah ini dengan sebutan 'Shahtoot'.

Siapa sangka, ada banyak manfaat buah murbei yang patut disimak, lho!

Buah murbei juga masih memiliki berhubungan dengan buah ara dan sukun. Moms mungkin berpikir bahwa buah murbei hanya berwarna merah, padahal sebetulnya ada juga buah murbei yang berwarna putih, hitam, dan biru.

Pohon murbei dapat tumbuh hingga tiga meter per tahun dan mencapai kematangan penuh pada ketinggian 9 meter. Daun pohon murbei merupakan makanan favorit ulat sutera, dan akan gugur di musim dingin dan tumbuh kembali di musim berikutnya.

Buah murbei biasanya matang selama beberapa bulan dan ia akan matang sepenuhnya pada bulan Mei. Buah murbei umumnya dijadikan wine, jus buah, teh, selai, atau makanan kaleng, tetapi buah ini juga bisa dikeringkan dan dimakan sebagai camilan.

Baca Juga: Cari Tahu Disini, 9 Manfaat Buah Melon Untuk Anak

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan

Foto: chestnuthilltreefarm.com

Buah murbei memiliki cita rasa yang manis. Struktur buahnya sangat mirip dengan blackberry dan rasanya mirip dengan jeruk Bali. Tak hanya itu, nilai gizinya juga sangat mengesankan sehingga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Mungkin di Indonesia buah ini kurang populer, tetapi buah murbei atau mulberry adalah buah yang cukup populer di seluruh belahan dunia. Nah, berikut ini adalah manfaat buah murbei untuk kesehatan yang perlu Moms ketahui:

1. Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah murbei yang pertama adalah untuk pencernaan. Buah ini mampu meredakan sembelit dan juga merupakan buah yang tepat untuk Moms yang sedang melakukan usaha penurunan berat badan.

Ini karena buah murbei memiliki kandungan serat yang tinggi. Tubuh membutuhkan serat makanan untuk mendapatkan pencernaan yang lancar.

Mengutip Mayo Clinic, serat akan menggembungkan feses di perut dan memfasilitasi pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Proses ini membantu meredakan sembelit, kembung, dan kram perut.

Dengan pencernaan yang sehat, maka manfaat buah murbei ini akan membantu menjaga berat badan optimal secara efisien.

Sebuah penelitian dilakukan oleh F. De Ritis Institute and the Catholic University of Sacred Heart di Italia, terdapat bukti bahwa buah murbei efektif untuk membantu penurunan berat badan.

Ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi buah murbei sebagai bagian dari rencana diet seimbang 1300 kalori akan mengalami penurunan berat badan sebanyak 10 persen dari total berat badan mereka dalam hampir tiga bulan.

Para peneliti juga memperhatikan bahwa kelompok yang mengkonsumsi buah murbei putih mengalami penyusutan lemak di area pinggang dan paha.

Nah, jika Moms ingin memiliki pinggang ramping dan paha kencang, maka tak ada salahnya untuk memasukkan buah murbei ke dalam asupan harian.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat buah murbei putih, khususnya, dapat membantu menjaga kadar gula darah. Bahan kimia tertentu yang ada dalam buah ini mirip dengan obat yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2.

Melansir artikel di Web MD, senyawa dalam buah murbei putih membantu menjaga kadar gula tubuh pada kisaran optimal dengan secara perlahan memecah gula di usus dan membiarkannya diserap perlahan ke dalam darah.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat buah murbei selanjutnya adalah melindungi tubuh dari kanker. Ini karena buah murbei kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang membantu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel tumor sehingga melindungi tubuh dari kanker.

Mengutip artikel dari Natural News, buah murbei putih juga penuh dengan antosianin yang membantu mencegah sel kanker berkembang.

Manfaat buah murbei juga mengandung resveratrol, yang memiliki sifat anti kanker. Sifat penghambat kanker resveratrol ini akan membantu memerangi kanker usus besar, kanker kulit, kanker prostat, dan tiroid.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Pinang Bagi Wanita, Apakah Moms Sudah Tahu?

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Buah murbei juga bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga ia mampu mengontrol tekanan darah, dan membersihkan darah.

Antioksidan yang ada dalam buah ini membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan menjaganya tetap lentur dan melebar, yang mengarah pada kontrol tekanan darah karena ada aliran bebas darah dari jantung ke bagian tubuh lainnya.

Tak hanya itu, manfaat buah murbei juga bisa mendorong produksi sel darah merah karena kaya zat besi.

Dilansir dari Stylecraze, buah murbei atau mulberry juga mengandung polifenol yang menjaga pembuluh darah tetap sehat. Mereka juga mengandung potasium, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Sejak dulu, buah ini juga telah digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi gangguan kesehatan.

Seperti misalnya pengobatan tradisional Tiongkok memasukkannya ke dalam tonik darah mereka yang digunakan untuk membersihkan darah dan meningkatkan produksinya.

5. Kesehatan Jantung Lebih Baik

Manfaat buah murbei terdapat serat, antioksidan, dan kandungan flavonoid yang akan memelihara kesehatan jantung. Senyawa-senyawa ini akan membantu dalam menjaga aliran darah yang konsisten, sehingga mencegah serangan jantung dan stroke.

Mulberry juga kaya akan polifenol, yang sudah sejak lama dianggap sehat untuk jantung.

6. Baik untuk Kesehatan Mata

Seperti halnya wortel, manfaat buah murbei juga bagus untuk mata. Buah ini akan meningkatkan penglihatan dan melindungi mata dari radikal bebas yang menyebabkan degenerasi retinal atau bahkan kebutaan.

Manfaat buah murbei juga mengandung zeaxanthin, yang membantu mengurangi stres oksidatif dalam sel-sel yang membentuk mata.

Mengutip jurnal yang diterbitkan di U.S. National Library of Medicine, karotenoid di dalamnya pun membantu mencegah katarak dan degenerasi makula.

7. Meningkatkan Kesehatan Otak

Penelitian yang diterbitkan U.S. National Library of Medicine juga menunjukkan bahwa manfaat buah murbei sangatlah baik untuk melindungi otak, dan menjaganya tetap muda dan waspada.

Buah satu ini juga menyediakan kebutuhan kalsium untuk otak, sehingga membuatnya tetap sehat. Buah murbei juga menjadi pengobatan yang sangat baik untuk mencegah Alzheimer.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah murbei selanjutnya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan mengaktifkan makrofag melalui alkaloid yang ada di dalamnya.

Makrofag ini akan menjaga sistem kekebalan tetap waspada setiap saat. Tak hanya itu, buah murbei adalah sumber vitamin C, yang merupakan elemen penguatan kekebalan tubuh lainnya.

9. Membangun Jaringan Tulang

Manfaat buah murbei juga mengandung vitamin K, kalsium, dan zat besi, yang merupakan kombinasi nutrisi terbaik untuk menjaga dan membangun jaringan tulang dan tulang yang kuat.

Nutrisi ini akan membantu tulang membalikkan tanda-tanda degradasi tulang dan mencegah gangguan tulang seperti osteoporosis, artritis, dan masih banyak lagi.

10. Mencegah Flu Dan Pilek

Flu dan pilek adalah penyakit ringan yang bisa menurunkan produktivitas. Untungnya dengan konsumsi buah murbei, flu dan pilek bisa teratasi.

Buah murbei putih, khususnya, telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk flu. Mengutip artikel dari Purdue University, buah murbei putih dianggap astringent, bakterisida, dan tonik.

Manfaat buah murbei ini bekerja dengan benar untuk mencegah dan mengobati flu dan pilek. Mereka juga mengandung Vitamin C dan flavonoid, yang ampuh mencegah pilek dan flu.

Baca Juga: Asli Papua, Ini Manfaat Buah Matoa Untuk Anak

Manfaat Buah Murbei untuk Kecantikan

Manfaat Buah Murbei untuk Kecantikan

Foto: dreamstime.com

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, ada juga manfaat buah murbei untuk kecantikan lho, Moms. Berikut manfaat buah murbei untuk kecantikan yang akan Moms dapatkan:

11. Agen Anti Penuaan yang Efektif

Tahukah Moms, bahwa manfaat buah murbei memiliki kemampuan untuk membuat Moms terlihat muda dan segar?

Ya, ini karena mereka mengandung resveratrol, yang menurut U.S. National Library of Medicine bisa melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Mulberry juga kaya akan antioksidan, yang merupakan agen anti-penuaan yang hebat. Manfaat buah murbei juga membuat kulit tampak cerah dan bebas dari kerutan.

Antioksidan dalam buah murbei seperti beta-karoten akan menetralkan radikal bebas yang merusak kulit dan menimbulkan garis halus. Tak hanya itu, buah murbei juga mengandung vitamin A, C dan E, yang bisa mencegah munculnya garis halus keriput.

12. Membersihkan Bintik dan Noda Hitam

Antioksidan dalam buah murbei juga mampu mencegah terjadinya noda pada kulit. Buah murbei akan membantu mengatur sintesis melanin di kulit, yang secara alami membersihkan bintik-bintik hitam.

Manfaat buah murbei ini juga mengandung antioksidan yang akan melembabkan, membuka pori-pori yang tersumbat, dan membuang racun dari kulit, sehingga menjaga kulit tetap segar dan cerah.

13. Merawat Kulit Kering dan Sensitif

Kekurangan vitamin A dan E bisa menyebabkan kulit kering.

Untungnya, manfaat buah murbei kaya akan vitamin tersebut, dan membantu merawat kulit kering dan halus. Mereka akan menghidrasi kulit dari dalam. Ekstrak akar murbei juga bisa menenangkan kulit yang teriritasi.

14. Menjadikan Kulit Lembut dan Cerah

Moms hanya perlu duduk dan makan semangkuk buah murbei setiap hari untuk mendapatkan kulit yang lembut dan bercahaya, ini karena buah ini kaya akan mineral yang memberikan elastisitas, kelenturan, dan nutrisi pada kulit.

Alhasil, kulit Moms akan tampak cerah dan terasa lembut yang menjadi manfaat buah murbei ini.

15. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut dan Membantu Mencegah Rambut Beruban

Kehadiran antioksidan dalam mulberry membantu menjaga kesehatan rambut, dan ia akan meningkatkan pertumbuhan rambut, dan mencegah kerusakan.

Selain itu, manfaat buah murbei yang dikombinasikan dengan beberapa ramuan tradisional Tiongkok juga dikenal dapat membantu mencegah rambut beruban lebih awal.

Nutrisi dalam mulberry seperti kalsium, zat besi, Vitamin C, dan B ini yang memainkan peran penting dalam mencegah uban.

Baca Juga: 8 Makanan Sehat Untuk Membuat Kulit Cantik

Tips Memasukkan Buah Murbei ke dalam Menu Harian

Tips Memasukkan Buah Murbei ke dalam Menu Harian

Foto: parenting.firstcry.com

Karena manfaat buah murbei yang sangat banyak, maka memasukkannya ke menu harian adalah hal yang tepat.

Namun, tahukah Moms bahwa bukan hanya buah murbei yang bisa dimakan, daun, kulit kayu, dan batang tanaman juga bisa dibuat diolah menjadi makanan yang sehat.

Moms bisa memakan buah murbei mentah, atau mengeringkan dan memakannya sebagai camilan penambah energi dengan mencampurkannya dengan pisang atau buah kering lainnya.

Atau, Moms juga bisa membuat jus murbei dan meminumnya di antara jam makan.

Moms juga bisa membuat sirup dengan buah murbei dan mengkonsumsinya secara teratur untuk mendapatkan manfaat dari kebaikannya.

Daun murbei juga bisa dikeringkan dan dibuat menjadi teh, dan teh murbei ini sama bermanfaatnya dengan makan mulberry mentah. Selamat mencoba ya Moms!

Artikel Terkait