KESEHATAN
28 Oktober 2020

7 Manfaat Buah Palem yang Jarang Diketahui

Buah kaya antioksidan yang jarang orang tahu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Tanaman dari suku palem-paleman (Arecaceae) merupakan salah satu jenis yang paling banyak tumbuh subur di Indonesia. Salah satunya yang paling sering kita temui selain pohon kelapa adalah pohon palem raja alias Roystonea regia.

Palem raja sebenarnya berasal dari kawasan Karibia dan Amerika tropika. Palem raja merupakan tumbuhan biji tertutup atau angiospermae, karena biji buah palem raja terbungkus daging.

Palem raja atau Roystonea regia dtapat tumbuh di berbagai tempat, bahkan tetap bisa tumbuh pada ketinggian 1400 meter di aas permukaan laut. Meski begitu, tanaman ini paling banyak di temukan di kawasan pulau Jawa.

Mungkin Moms belum begitu familiar dengan buah palem. Tetapi, ada ragam manfaat buah palem yang bisa menjadi alasan mengapa Moms perlu mengonsumsinya.

Simak lebih lanjut jawabannya berikut ini, Moms.

Manfaat Buah Palem

Pohon palem raja umumnya bisa dengan mudah kita temukan di pinggir jalan atau di taman sebagai tanaman hias. Namun, tak jarang orang tahu jika buah dari pohon palem ini dapat dimanfaatkan.

Buah palem berbentuk bulat kecil dan bergerombol. Biasanya memiliki kulit luar yang relatif tebal dan menutupi bagian dalam yang berair atau berserat. Saat sudah matang, buah palem akan berubah warna dari hijau menjadi merah terang.

Sebenarnya di Indonesia belum banyak referensi dan penelitian yang valid mengenai manfaat buah palem raja.

Namun banyak orang percaya jika manfaat buah palem ini cukup beragam bagi kesehatan dan juga kecantikan, seperti tujuh di antaranya berikut ini.

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

1. Kaya Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

flickr.com.jpg

Foto: flickr.com

Manfaat buah palem yang pertama adalah sebagai penangkal radikal bebas.

Hal ini dikemukakan dalam hasil penelitian Asian Journal of Plant Science and Research pada tahun 2013. Ekstrak air dan metanol dari buah palem raja dinilai aktivitas antioksidannya menggunakan uji DPPH dan uji daya reduksi.

Ekstrak metanol buah palem raja menunjukkan adanya kandungan fenolik tertinggi. Sementara itu, ekstrak metanol juga menghasilkan aktivitas antioksidan tertinggi dibandingkan ekstrak air.

Senyawa fenolik sendiri dikenal sebagai antioksidan pemecah rantai radikal bebas yang kuat, sehingga aktivitas antioksidan suatu ekstrak bahan dapat diprediksi dari total kandungan fenolnya.

Lebih lanjut, senyawa polifenol memiliki efek penghambatan pada mutagenesis dan karsinogenesis pada manusia.

Konsumsi bahan makanan yang kaya antioksidan memberikan perlindungan terhadap penyakit kanker, kardio, dan serebrovaskular. Ini menjadi salah satu manfaat buah palem.

Senyawa aktif tersebut dapat mengikat radikal bebas yang merupakan penyebab kerusakan sel dalam tubuh seperti oksidatif lipid, protein, dan asam nukleat.

2. Mengatasi Pembengkakan Kelenjar Prostat

manfaat buah palem-2

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah palem raja berikutnya adalah dapat mengurangi risiko penyakit pembesaran prostat jinak atau benign prostatic hyperplasia (BPH). BPH merupakan keadaan saat kelenjar prostat membesar, sehingga aliran urin menjadi tidak lancar.

Akibatnya buang air kecil pun terkesan tak lega.

Hasil penelitian Asian Journal of Andrology pada tahun 2009 menemukan manfaat ekstrak lipid buah palem raja atau Roystonea regia terhadap penyakit BPH pada pria.

Mereka melakukan uji coba pada 34 relawan laki-laki berusia 20-55 tahun dalam keadaan sehat dan tanpa gejala saluran kemih bagian bawah.

Mereka memgonsumsi kapsul D-004 selama enam minggu berturut-turut. D-004 merupakan ekstrak lipid buah Roystonea regia yang diperoleh dari hidrolisis dasar dan ekstraksi heksana tambahan. Kapsul ini mengandung campuran asam lemak bebas.

Pemeriksaan akhir dilakukan masing-masing setelah 3 dan 6 minggu terapi meliputi pemeriksaan fisik dan juga laboratorium.

Kesimpulannya, D-004 menunjukkan efek antioksidan pada penanda oksidatif plasma pada pria sehat, yang konsisten dengan temuan dari studi eksperimental laboratorium.

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

3. Dapat Meningkatkan Gairah Seksual pada Pria

manfaat buah palem-3

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat buah palem raja yang banyak dipercaya adalah dapat meningkatkan gairah seksual pada pria.

Dilansir dari lama Ciri-ciri Pohon, pria yang mengonsumsi esktrak buah palem raja secara rutin dapat menambah performa seksual dan durasi hubungan seksual. Selain itu, manfaat buah palem raja lainnya adalah untuk menjaga kebugaran pada pria.

Meski begitu, keterangan tentang manfaat buah palem raja untuk seksualitas pria masih belum didukung dengan penelitian yang jelas.

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh Current Therapeutic Research, Clinical and Experimental mengenai manfaat buah palem raja dalam meningkatkan gairah seksual pada pria.

Mereka menilai perbedaan efek ekstrak lipid buah palem raja (D-004) dan ekstrak lipidosterolik buah saw palmetto (LESP) yang diberikan selama 30 hari, terhadap aktivitas seksual pada tikus jantan.

Hasilnya, tidak ada perubahan yang menjanjikan terhadap 50 ekor tikus jantan yang dilibatkan dalam penelitian tersebut.

Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam jumlah rata-rata peningkatan, intromisi, tingkat latensi, atau latensi intromisi pada kelompok tikus yang mengonsumsi D-004 atau LESP maupun yang tidak.

Mereka juga tidak menemukan perbedaan perilaku kawin di antara kedua kelompok. Semua tikus bertahan sampai studi selesai dengan perilaku normal.

Pertambahan berat badan, asupan makanan, dan observasi harian dari tikus tersebut seluruhnya normal. Tak ditemukan adanya tanda toksisitas maupun efek samping yang dapat diamati selama penelitian.

4. Mengatasi Masalah Kulit

penyebab kulit siku kering.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Masih dikutip dari laman Ciri-ciri Pohon, manfaat buah palem lainnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit dan menyembuhkan luka lebih cepat.

Meskipun kini sudah banyak produk perawatan kulit tubuh yang bisa ditemukan dan dijual bebas, namun tidak ada salahnya mencoba cara alami dengan buah palem raja.

Buah palem raja memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mempercepat durasi penyembuhan luka pada kulit.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Bisa untuk MPASI!

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

pinterest.com4.jpg

Foto: pinterest.com

Vitamin A memainkan peran penting dalam penglihatan dengan menjaga kornea yang sehat. Kornea merupakan lapisan luar mata yang perlu dipastikan kondisinya. Menjaga kesehatan mata menjadi manfaat buah palem selanjutnya.

Vitamin ini juga merupakan komponen rhodopsin, yakni protein di mata yang memungkinkan kita melihat dalam kondisi cahaya redup.

Vitamin A bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan kaya vitamin A, salah satunya seperti buah palem raja. Sehingga, buah palem raja dapat membantu memelihara kesehatan mata.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

manfaat buah palem-4

Foto: Orami Photo Stock

Kesehatan mulut tak kalah penting untuk diperhatikan, meliputi gigi, gusi, mulut, dan lidah.

Apalagi gigi merupakan bagian tubuh yang tidak dapat meregenerasi diri, sehingga ketika gigi kita rusak dan berlubang, maka keadaannya akan tetap begitu hingga seterusnya.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, salah satunya buah palem. Ini menjadi manfaat buah palem lainnya.

Buah palem, dipercaya dapat menguatkan gigi agar tak gampang berlubang dan terinfeksi bakteri. Hal ini karena buah palem raja memiliki kandungan kalsium tinggi.

Tak hanya gigi, manfaat buah palem raja juga dapat melindungi kesehatan gusi. Selain gigi dan gusi, buah palem raja dipercaya bisa mengatasi mulut kering dan bibir pecah-pecah.

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan, Bisa Menguatkan Tulang

7. Sebagai Alternatif Mengatasi Cacingan

www.warrenphotographic.co.uk.jpg

Foto: warrenphotographic.co.uk

Cacingan atau yang dalam bahasa medis disebut askariasis paling sering menyerang anak-anak di bawah usia 10 tahun. Hal ini dikarenakan anak-anak lebih sering bermain dan bersinggungan dengan tanah di usia tersebut.

Infeksi parasit cacing di usus alias cacingan tidak dapat menular dari manusia satu ke manusia alinnya.

Seringnya anak kecil terkena askariasis akibat tidak sengaja memasukan tangan ke mulut setelah terkena tanah terkontaminasi feses atau mengandung telur cacing.

Selain itu, sayur dan buah yang ditanam di tanah terkontaminasi cacing juga berpotensi menyebabkan cacingan apabila tak dibersihkan dengan benar. Terkait hal ini, manfaat buah palem dipercaya dapat mengatasi cacingan secara alami.

Itu tadi tujuh manfaat buah palem raja bagi kesehatan.

Meski dipercaya bisa menjadi alternatif obat bagi beberapa kondisi medis, namun tinjauan lebih jelas temtang penggunaannya pada manusia perlu dilakukan.

Sehingga penting diingat untuk tidak mengonsumsi buah ini sembarangan baik secara langsung maupun dalam bentuk lainnya.

Artikel Terkait