KESEHATAN
4 Oktober 2020

9 Manfaat Buah Plum, Bikin Moms Semakin Sehat!

Apa saja yang bisa kita peroleh dari buah asam manis ini?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Buah plum memang bukan asli dari Indonesia, namun kepopulerannya tidak diragukan lagi.

Sering dijual dalam bentuk kering, ternyata ada banyak manfaat buah plum untuk kesehatan. Nah, kira-kira apa saja yang bisa kita peroleh dari buah asam manis ini?

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang manfaat buah plum yang ajaib berikut ini, Moms.

Apa Saja Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan?

Plum mengandung banyak nutrisi

Foto: Freepik.com

Dibalik bentuknya yang kecil, manfaat buah plum tidak dapat dianggap remeh.

Berbagai penelitian tentang manfaat buah plum untuk kesehatan manusia terus dilakukan karena memiliki potensi besar dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Apa saja manfaat buah plum?

1. Sumber Vitamin dan Mineral

Dalam setiap buah plum, terdapat banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam satu buah plum antara lain:

  • 30 kKal
  • 8 gram karbohidrat
  • 1 gram serat
  • 7 gram gula
  • Vitamin A: 5% dari RDI (recommended daily intake atau anjuran asupan harian)
  • Vitamin C: 10% dari RDI
  • Vitamin K: 5% dari RDI
  • Potassium: 3% dari RDI
  • Mangan: 2% dari RDI
  • Tembaga: 2% dari RDI
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Folat
  • Fosfor

Buah plum yang dikeringkan, atau sering dikenal sebagai prune, juga mengandung vitamin dan mineral yang sama dengan buah plum segar, namun pada buah yang sudah dikeringkan, jumlah kalori dan gula menjadi sedikit lebih tinggi.

Pada 28 gram prune terdapat 67 kKal dan 11 gram gula, namun serat pada prune juga lebih tinggi, yaitu sebanyak 2 gram.

Untuk merasakan manfaat buah plum, disarankan untuk memakan buah plum di pagi hari sebagai sarapan untuk mendapatkan manfaatnya dengan lebih optimal.

2. Mengatasi Konstipasi atau Sembelit

Plum untuk konstipasi

Foto: Freepik.com

Manfaat buah plum sebagai pencegah dan mengatasi konstipasi sudah cukup terkenal. Selain mengandung banyak serat, plum juga mengandung banyak sorbitol, yaitu sejenis gula yang bereaksi sebagai laksatif (pencahar) alami.

Serat pada buah plum tidak larut dengan air, sehingga bergabung bersama kotoran dan mempercepat proses pencernaan.

Moms bisa mengonsumsi buah plum cukup sebanyak 44 - 87 gram dalam sehari. Jangan sampai berlebihan ya, karena efek laksatif yang berlebihan dapat menyebabkan diare.

Baca Juga: 4 Gejala Konstipasi Balita yang Sering Diremehkan Orang Tua

3. Mengontrol Gula Darah

Sebagai buah yang banyak mengandung serat, manfaat buah plum juga untuk membantu mengontrol gula darah agar naik secara perlahan, bukan tiba-tiba, setelah memakan karbohidrat.

Buah plum juga memberikan sinyal kepada tubuh untuk memproduksi hormon adiponectin, yaitu hormon yang membantu meregulasi level gula darah dalam tubuh.

Serat dalam buah plum juga membantu memperlambat tubuh menyerap karbohidrat setelah makan, sehingga gula darah naik secara perlahan dan tidak tiba-tiba.

4. Sehat untuk Tulang

Plum baik untuk kesehatan tulang

Foto: Freepik.com

Beberapa penelitian menemukan manfaat buah plum yang dikonsumsi sebagai penurun risiko masalah pada tulang seperti osteoporosis dan osteopenia, kedua masalah ini memiliki karakteristik rendahnya kepadatan tulang.

Tak hanya mencegah kerusakan tulang, plum dan prune juga memiliki potensi memperbaiki tulang yang telah rusak.

Dalam Dried Plums, Prunes, and Bone Health, peneliti menyimpulkan bahwa dampak prune atau plum kering pada kesehatan tulang mungkin disebabkan oleh kandungan phenolics di dalamnya.

Studi pada hewan dan sel menunjukkan prune dan ekstraknya dapat meningkatkan formasi tulang dan menghalangi resorpsi tulang.

Penelitian ini didukung oleh studi klinis yang menunjukkan bahwa prune juga berkhasiat untuk kepadatan mineral tulang.

Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa wanita dalam fase postmenopausal dapat mengonsumsi plum kering untuk memenuhi rekomendasi asupan harian karena bermanfaat untuk melindungi tulang dari pengeroposan.

Namun, manfaat buah plum satu ini masih dalam penelitian lebih lanjut dan hasil penemuan ini masih dalam tahap percobaan pada hewan dan sel.

Peneliti berpendapat, kemungkinan antioksidan, vitamin, dan mineral yang terkandung dalam Plum mendukung kesehatan tulang, di antaranya vitamin K, fosfor, magnesium, dan potassium.

Sejauh ini, plum adalah buah yang paling efektif mencegah dan memperbaiki kesehatan tulang.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Osteoporosis, Hindari Sekarang!

5. Kaya Antioksidan

Manfaat buah plum juga dapat dirasakan mereka yang menderita gangguan kecemasan umum (General Anxiety Disorder) dan depresi.

Dalam Indian Journal of Psychiatry menjelaskan, untuk melawan perubahan biokimia yang terjadi akibat stres, antioksidan berperan sebagai pertahanan dalam sistem biologis manusia.

Pertahanan tubuh yang kedua adalah oleh antioksidan non-enzimatik seperti vitamin E, C, dan Beta Karoten. Diketahui pada pasien gangguan kecemasan umum dan depresi kekurangan vitamin A, C, dan E yang signifikan.

Untuk penelitian, 80 pasien diberikan suplemen vitamin selama 6 minggu. Hasilnya skor kecemasan dan depresi pasien menurun signifikan, serta ditemukan meningkatnya level antioksidan dalam darah.

Antioksidan juga membantu melindungi tubuh dari kerusakan tissue dan sel akibat radikal bebas, yang dapat memicu perkembangan penyakit seperti diabetes, Alzheimer’s, Parkinson, dan kanker.

6. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

manfaat buah plum.jpg

Foto: gardeningknowhow.com

Karena mengandung potassium, manfaat buah plum juga baik untuk tekanan darah dengan dua cara. Yang pertama dengan membuang kelebihan garam melalui urin, kemudian mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Jika tekanan darah normal, maka risiko terkena penyakit stroke juga ikut turun.

Penelitian tentang dampak buah plum terhadap tekanan darah tinggi menunjukkan hasil yang positif. Pasien diminta untuk meminum jus prune dan memakan 3-6 buah prune setiap pagi selama 8 minggu untuk dibandingkan hasilnya dengan grup yang hanya meminum segelas air setiap pagi. Mereka yang mengonsumsi prune dan jus prune tekanan darah dan jumlah kolesterolnya menurun secara signifikan.

Baca Juga: Mulai Konsumsi Antioksidan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat 'New Normal'

7. Baik untuk Jantung

Mencegah penyakit jantung juga merupakan salah satu manfaat buah plum yang tidak boleh disia-siakan. Buah plum mengandung Phytochemicals dan nutrisi yang membantu mengurangi inflamasi yang dapat memicu penyakit jantung.

Buah plum dan prune yang dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat dalam darah, karena faktanya, keduanya merupakan faktor risiko tinggi untuk penyakit jantung.

8. Cocok untuk Diet

Plum untuk diet

Foto: Freepik.com

Rendah kalori, tak berlemak, dan mengandung banyak air, membuat buah plum cocok sebagai cemilan sehat di menu diet.

Dengan khasiatnya yang mampu melancarkan pencernaan serta tinggi antioksidan, untuk merasakan manfaat buah plum ini sebaiknya masuk ke dalam daftar menu untuk Moms dan Dads yang sedang berusaha menurunkan atau menjaga berat badan.

Rasanya juga enak dimakan begitu saja ataupun diolah menjadi smoothies, selai, dan lain-lain.

9. Melawan Sel Kanker

Plum dan prune mengandung antioksidan polyphenol yang tinggi, bermanfaat untuk kesehatan tulang dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Ini menjadi manfaat buah plum lain yang tidak boleh dilewatkan.

Hasil beberapa penelitian pada hewan menunjukkan manfaat buah plum sebagai buah yang tinggi polyphenol dapat melawan inflamasi dan mencegah kerusakan sel yang biasanya dapat menjadi penyakit.

Penelitian lainnya juga menunjukkan polyphenol dalam prune mampu mengurangi inflamasi pada sendi dan penyakit paru-paru, diabetes, dan kanker.

Mengonsumsi buah plum juga dihubungkan dengan penurunan risiko kanker pada kepala dan leher.

Buah plum yang berwarna keunguan dan merah gelap mengandung anthocyanin (pigmen warna pada tumbuhan yang berwarna merah, ungu, dan biru), telah diteliti dapat memberikan aktivitas kemopreventif dan kemoterapi, serta dapat meningkatkan efek pengobatan pada kanker.

Walau terlihat sangat menjanjikan, manfaat buah plum dalam melawan berbagai penyakit ini masih perlu diteliti lebih lanjut pada manusia.

Baca Juga: Makanan Kaya Antioksidan Bantu Tingkatkan Kesuburan, Ini Penjelasannya!

Apakah Plum Merah dan Plum Hitam Berbeda?

Plum sebagai sumber antioksidan

Foto: Freepik.com

Moms sudah mengetahui ragam manfaat buah plum. Tetapi, bagaimana dengan jenis buah plum itu sendiri?

Buah plum atau dikenal juga sebagai prem, merupakan buah yang berasal dari Tiongkok, Amerika, dan Eropa. Memiliki biji yang tidak dapat dimakan di tengah, buah ini memiliki ragam bentuk, ukuran, dan warna.

Secara garis besar varietas buah plum dapat dibagi menjadi dua, yaitu Plum Jepang dan Plum Eropa. Tetapi, plum yang sering kita temui di pasaran biasanya adalah jenis plum Jepang.

Plum Jepang ini cenderung berbentuk bulat, buah plum merah dan plum hitam biasanya dapat ditemui di supermarket besar. Apakah yang berbeda di antara keduanya?

Perbedaan plum merah dan plum hitam ternyata terletak pada rasanya. Kedua plum ini memiliki tekstur yang juicy dan sama-sama bernutrisi.

Rasa buah plum hitam terasa manis dan biasanya cocok diolah menjadi selai atau dikeringkan, sedangkan buah plum merah terasa lebih asam manis dan cocok diolah menjadi selai atau jelly sebagai pelengkap dessert yang manis.

Saat ini buah plum segar biasanya hanya dapat ditemukan di supermarket besar, tetapi manfaat buah plum juga bisa didapat dari buah plum yang telah dikeringkan atau prune yang dapat lebih mudah ditemukan di toko online.

Yuk, mulai coba konsumsi plum secara rutin!

Artikel Terkait