KESEHATAN
26 Juli 2020

Jadi Tren Makanan Sehat, Ini Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh

Chia seeds disebut-sebut miliki segudang manfaat untuk tubuh. Apa saja?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Amelia Puteri

Biji chia atau chia seed baru-baru ini populer di kalangan masyarakat. Makanan yang satu ini menjadi pelengkap atau tambahan pada smoothie, salad, dan/atau menu lainnya.

Biji chia dikenal sebagai salah satu superfood yang padat nutrisi. Moms mungkin juga ingin mencari tahu apa saja manfaat chia seed bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh

Chia seed mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) National Nutrient Database, satu porsi chia seed atau setara dengan 28 gram mengandung:

  • Kalori: 131 gram
  • Karbohidrat: 13,07 gram
  • Serat: 11,2 gram
  • Protein: 5,6 gram
  • Lemak: 8,4 gram
  • Kalsium: 28 gram

Banyaknya nutrisi yang terkandung, tentu chia seed mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh. Ini dia 5 manfaat kesehatan chia seed.

Baca Juga: Resep Blue Chia Seeds Pudding, Lembut Banget!

1. Membantu Turunkan Berat Badan

manfaat chia seeds - 1 Membantu menurunkan berat badan.jpg

Foto: shutterstock.com

Makanan yang tinggi serat membantu orang merasa kenyang lebih lama, dan biasanya lebih rendah kalori. Peningkatan asupan serat dan diet tinggi serat telah terbukti membantu menurunkan berat badan.

Dilansir dari Medical News Today, chia seed mengandung hampir 5 gram serat per sendok makan, dan kadar tinggi asam lemak omega-3 dan asam alfa-linoleat mungkin bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Biji-bijian ini juga dapat dikonsumsi sebagai gel saat dicampur dengan air.

Ini menyebabkannya mencerna lebih lambat di dalam tubuh sehingga berpotensi mencegah rasa lapar untuk waktu yang lebih lama.

Namun, studi yang diterbitkan dalam Nutrition Research, menyimpulkan bahwa pada orang dewasa yang kelebihan berat badan, chia seed tidak memiliki pengaruh pada massa atau komposisi tubuh, atau berbagai ukuran faktor risiko penyakit.

Diet penurunan berat badan menggunakan chia seed bukanlah sebagai makanan tunggal. Seluruh pola makan diperhitungkan, serta perilaku gaya hidup lainnya seperti tidur dan olahraga.

Ketika dikombinasikan dengan diet berbasis makanan gizi seimbang dan gaya hidup sehat, chia seed pasti dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

manfaat chia seeds - 2 Membantu mengatur kadar gula darah.jpg

Foto: shutterstock.com

Kadar gula darah tinggi secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung. Lonjakan sementara dalam kadar gula darah setelah makan mungkin juga memiliki efek kesehatan yang sama buruknya.

Mengonsumsi chia seed memiliki manfaat untuk kesehatan dengan mengontrol kadar gula darah.

Sebuah studi yang diterbitkan di National Library of Medicine, chia seed meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah, juga menstabilkan kadar gula darah setelah makan pada hewan.

Ada juga penelitian pada manusia dengan menunjukkan bahwa makan roti yang mengandung chia seed menurunkan kenaikan gula darah pasca makan dibandingkan dengan roti yang tidak memakai chia seed.

Baca Juga: Seberapa Penting Periksa Gula Darah Saat Hamil?

3. Mengurangi Peradangan Kronis

manfaat chia seeds - 3 Mengurangi peradangan kronis.jpg

Foto: shutterstock.com

Peradangan adalah respons normal tubuh terhadap infeksi atau cedera. Kulit merah dan bengkak adalah ciri-ciri khasnya.

Meskipun peradangan membantu tubuh menyembuhkan dan melawan bakteri, virus, dan agen infeksi lain, kadang-kadang dapat menyebabkan kerusakan.

Hal ini terutama berlaku untuk peradangan kronis yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker.

Pada jurnal National Library of Medicine, dilakukan studi dalam 3 bulan pada 20 orang dengan diabetes. Ditunjukkan bahwa makan 37 gram biji chia setiap hari mengurangi penanda inflamasi hs-CRP sebesar 40 persen.

Sebaliknya, mereka yang memakan gandum tidak mengalami manfaat yang signifikan. Ini bisa menjadi manfaat kesehatan lain dari konsumsi chia seed.

4. Baik untuk Kesehatan Tulang

manfaat chia seeds - 4 Mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang.jpg

Foto: shutterstock.com

Ada manfaat chia seed untuk kesehatan dengan kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang. Ini termasuk kalsium, fosfor, magnesium dan protein.

Bahkan, kadar kalsium dalam biji chia termasuk tinggi, yakni 28 gram, yang lebih tinggi dari susu lho, Moms.

Kombinasi dari mineral-mineral ini, di samping nutrisi lain dan aktivitas fisik yang teratur, bisa melindungi kepadatan tulang. Kandungan kalsium dari biji chia juga menjadikannya sumber mineral penting yang baik bagi mereka yang kurang suka dengan susu.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Tulang, Kenali 3 Manfaat Vitamin K Berikut Ini

5. Menurunkan Risiko Penyakit Mematikan

manfaat chia seeds - 5 Menurunkan risiko penyakit mematikan.jpg

Foto: shutterstock.com

Biji chia sarat dengan antioksidan. Ini bisa menjadi manfaat chia seed lain untuk kesehatan.

Mengutip Health, antioksidan dapat melawan radikal bebas yang bisa merusak susunan sel DNA, meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, menyebabkan peradangan, dan melemahkan daya tahan tubuh.

Meskipun manfaat suplemen antioksidan masih diperdebatkan, para peneliti setuju bahwa mendapatkan antioksidan dari makanan dapat memiliki efek kesehatan positif, salah satunya menurunkan risiko terkena penyakit yang mematikan seperti kanker.

Tak cuma itu, antioksidan juga dapat melindungi otak karena stres sehingga menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Artikel Terkait