FASHION & BEAUTY
22 Januari 2020

Mengenal Manfaat Citric Acid yang Bisa Mencerahkan Kulit

Cocok bagi Moms yang mengalami masalah kulit kusam dan bernoda
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi Moms yang mengalami masalah kulit kusam dan terdapat banyak noda di wajah, bisa mencoba skincare yang mengandung citric acid!

Citric acid adalah asam yang didapatkan secara alami dari buah seperti lemon, jeruk nipis, nanas, jeruk bali, dan tomat.

Dilansir dari Cosmetic Info, pada 2016 U.S. Food and Drug Administration’s (FDA) Voluntary Cosmetic Registration Program (VCRP) melaporkan citric acid digunakan pada hampir semua kategori produk kosmetik, dengan lebih dari 10.000 produk yang menggunakannya.

Dengan begitu populernya pemakaian citric acid pada produk kecantikan, yuk kita simak lebih lanjut manfaat-manfaat citric acid bagi kulit!

Baca Juga: 3 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Ibu Hamil

Manfaat Citric Acid Bagi Kulit

manfaat citric acid

Foto: betterorganicskincare.com

Sebagai bahan skincare, citric acid berguna untuk mencerahkan kulit, meminimalisir tampilan noda hitam, dan mengurangi garis-garis halus di wajah.

Chemical Safety Facts menyebutkan bahwa produk yang mengandung citric acid bisa digunakan di area dekat mata, bibir, dan aman diaplikasikan pada kulit bayi.

Ketika diaplikasikan ke kulit, citric acid akan membersihkan sel kulit mati dan mempercepat pembaharuan kulit. Dengan begitu, kulit dapat menjadi lebih cerah dan bersih.

Citric acid masuk ke dalam kategori alpha hydroxy acids (AHA), yakni chemical exfoliation alias eksfoliasi kimia yang biasanya hadir dalam bentuk toner.

Bahan ini biasa ditemui dalam produk bayi, makeup, toner, pelembap, perawatan rambut, dan lotion.

Baca Juga: Salicylic Acid untuk Ibu Hamil, Aman atau Tidak ya?

Efek Samping Citric Acid

manfaat citric acid

Foto: healthline.com

Akibat bersifat asam, citric acid bisa menimbulkan sensasi terbakar, geli seperti tertusuk kecil (tingling), dan kemerahan sementara. Efek samping ini perlu diperhatikan bila Moms memiliki kulit sensitif.

Sebelum mengaplikasikan produk dengan citric acid, lakukan dulu tes dengan cara mengoleskan sedikit ke pergelangan tangan. Tunggu selama beberapa jam, lalu cek hasilnya.

Bila selama beberapa jam tersebut timbul rasa gatal, perih, kemerahan, bahkan iritasi, sebaiknya Moms tidak menggunakan produk tersebut.

Baca Juga: 5 Jenis Vitamin pada Skincare dan Manfaatnya

Dengan manfaat citric acid yang dapat mencerahkan wajah kusam dan mengurangi tanda-tanda penuaan, apakah Moms ingin mencobanya?

Artikel Terkait