BALITA DAN ANAK
7 Juli 2020

Manfaat Cod Liver Oil di Musim Pancaroba bagi Si Kecil

Perhatikan daya tahan tubuhnya ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, saat ini di Indonesia sedang memasuki pergantian musim, yaitu dari musim kemarau ke musim hujan.

Saat musim pancaroba seperti ini, Si Kecil biasanya menjadi lebih rentan terserang penyakit batuk, pilek, bahkan demam.

Memerhatikan daya tahan tubuh Si Kecil sebagai salah satu langkah untuk membuatnya tetap aktif dan sehat.

Banyak dokter yang merekomendasikan Cod Liver Oil atau Minyak Hati Ikan Kod sebagai pendukung asupan makan Si Kecil setiap harinya.

Menurut penuturan dr. Weston A.Price, DDS pada laman healthychild.com, Cod Liver Oil sangat baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuhnya.

Hal ini didukung menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 1918 – 2001 menurut laman yang sama, di mana disebutkan bahwa Cod Liver Oil mempunyai rating A+.

Baca Juga: 4 Rahasia Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi

Kandungan Nutrisi Cod Liver Oil untuk Si Kecil

manfaat cod liver oil

Foto: babycenter.com

Cod Liver Oil merupakan Minyak Hati Ikan Cod yang berasal dari perairan laut dalam. Ikan Cod ini memiliki timbunan lemak yang tinggi sebagai pertahanan hidup di laut dalam.

Ikan Cod juga mengonsumsi tanaman dasar laut (phytoplankton) yang kaya akan Omega-3, membuatnya baik dikonsumsi untuk tubuh, khususnya untuk Si Kecil.

Menurut jurnal The College of Physicians and Surgeons, Columbia University, St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center, New York, USA, yang dipublikasikan di The College of Physicians and Surgeons, Columbia University, dijelaskan bahwa Cod Liver Oil mengandung Asam Lemak Omega-3, Vitamin A, dan Vitamin D yang tinggi.

Masih dalam jurnal yang sama, penelitian klinis yang telah dilakukan menghasilkan fakta bahwa Cod Liver Oil sangat cocok digunakan sebagai suplemen multivitamin atau mineral.

Hal itu dikarenakan Cod Liver Oil mempunyai tingkat kemurnian yang dapat diterima oleh bayi dan anak kecil. Selain itu, Cod Liver Oil juga baik untuk daya tahan tubuh Si kecil.

Baca Juga: Anak Masuk Sekolah Lagi? Pastikan Daya Tahan Tubuhnya Prima

Manfaat Cod Liver Oil dengan Minyak Ikan Biasa

manfaat cod liver oil

Foto: ourmarinespecies.com

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa Ikan Cod hidup di perairan laut dalam. Di mana ikan yang hidup di perairan laut dalam mempunyai kelebihan seperti bebas kontaminasi, timbunan lemak tinggi, sampai mengonsumsi makanan tinggi Omega-3 seperti phytoplankton.

Berbeda dengan minyak ikan biasa, Cod Liver Oil mempunyai kandungan Omega-3, Vitamin A, dan Vitamin D lebih tinggi. Kandungan tersebut sangat berguna untuk:

  • Mengoptimalkan perkembangan jaringan otak dan saraf pada janin, bayi, dan anak
  • Mengoptimalkan tumbuh kembang retina mata pada janin, bayi, dan anak
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Meningkatkan nafsu makan

Selain itu, di dalam Cod Liver Oil juga terkandung DHA dan EPA. DHA yang bertindak sebagai pembentuk 8 – 10% jaringan otak dan berfungsi sebagai pembentuk struktur syarat/ myelin sheath.

Sedangkan kandungan EPA dalam Ikan Kod merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan ikan lainnya atau minyak ikan yang lain. Di mana EPA sendiri berfungsi sebagai penghantar impuls syaraf.

Baca Juga: Supaya Tidak Sakit, Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan 3 Bahan Ini

Cod Liver Oil Terkandung dalam Susu vidoran Xmart

Brand vidoran yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1977, menghadirkan serangkaian produk susu dengan kandungan Cod Liver Oil, mulai dari susu vidoran Ibunda, susu vidoran Xmart 1+, susu vidoran Xmart 3+, susu vidoran Xmart 5+, dan susu vidoran Xmart UHT.

Produk susu vidoran tersebut mengandung Cod Liver Oil, Inulin, dan Asam Linoleat. Cod Liver Oil yang efektif mengoptimalkan kecerdasan dan daya tahan tubuh.

Inulin yang merupakan serat pangan larut yang berguna untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna sehingga daya tahan tubuh terjaga.

Lalu, Asam Linoleat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil.

Susu vidoran Xmart menjadi susu pertumbuhan pertama di Indonesia yang diperkaya dengan Cod Liver Oil dan diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak Indonesia.

Ada berbagai varian dari susu vidoran Xmart, yaitu:

  • Susu vidoran Xmart 1+ untuk Si Kecil berusia 1 – 3 tahun, rasa madu dan vanilla
  • Susu vidoran Xmart 3+ untuk Si Kecil berusia 3 – 5 tahun, rasa madu dan vanilla,
  • Susu vidoran Xmart 5+ untuk Si Kecil berusia 5 – 12 tahun, rasa madu dan cokelat.

Yuk Moms, berikan Si Kecil susu vidoran Xmart atau susu vidoran Xmart UHT, yang tinggi kandungan Cod Liver Oil untuk menjaga daya tahan tubuhnya tetap kuat, saat musim pancaroba sekarang ini.

Lebih baik mencegah, daripada mengobati kan, Moms?

(ADV)

Artikel Terkait