KESEHATAN
2 Februari 2020

5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Bisa digunakan untuk melawan sel-sel kanker, salah satunya leukemia
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms pasti tahu daun salam kan? Daun satu ini memiliki banyak manfaat. Bisa digunakan sebagai bumbu penyedap dalam berbagai masakan. Daun salam sendiri dapat digunakan langsung, kering, ditumbuk, atau utuh.

Sayangnya daun ini akan sedikit terasa pahit jika dimakan langsung. Meski begitu, selain bisa dijadikan sebagai penyedap rasa dalam masakan, daun salam juga memiliki banyak manfaat baik lho.

Baca Juga: Tidak Cuma Dari Dedaunan, 5 Teh Bunga Ini Juga Lezat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Manfaat lain dari daun salam ada dalam hal kesehatan. Tumbuhan satu ini mengandung sifat antibakteri, antiperadangan, diuretik (memperlancar buang air kecil), dan baik untuk kulit. Apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Mengobati Diabetes

manfaat daun salam

Manfaat daun salam dipercaya bermanfaat untuk mengobati diabetes. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry, pasien diabetes tipe 2 mengambil kapsul 1, 2, atau 3 gram daun salam per hari selama 30 hari. Kelompok keempat mengambil plasebo.

Tiga kelompok yang mengkonsumsi daun salam terbukti memiliki kadar glukosa yang lebih rendah.

Selain itu juga mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Pentingnya Daun Katuk untuk Melancarkan dan Menghasilkan ASI Eksklusif

2. Memerangi Peradangan

manfaat daun salam

Dalam sebuah jurnal berjudul Anti-Inflammatory Potential of Native Australian Herbs Polyphenols, yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, manfaat daun salam dapat menghambat aktivitas enzim COX-21, yang diketahui memicu peradangan.

Daun salam mengandung sesquiterpene lactones2, yang dikenal bisa memerangi peradangan dengan menghambat produksi oksida nitrat. Studi menunjukkan bahwa oksida nitrat yang tinggi berguna untuk penyakit inflamasi.

3. Membantu Melawan Kanker

manfaat daun salam

Manfaat daun salam berikutnya adalah membantu melawan kanker. Pada penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Bioresources, Mie University di Jepang, ditemukan bahwa cineole, senyawa utama dalam daun salam, mampu menekan pertumbuhan sel-sel kanker leukemia.

Sementara itu juga terbukti efektif dalam terapi kanker payudara. Studi ini menemukan bahwa ekstrak daun bisa membuat kematian sel kanker payudara.

Baca Juga: Kena Leukemia, Ini Rangkaian Pengobatan Panjang yang Harus Dijalani Anak

4. Membantu Melawan Infeksi Jamur

manfaat daun salam

Tumbuhan ini juga memiliki sifat antijamur, terutama terhadap infeksi Candida. Manfaat daun salam bisa mencegah adhesi Candida ke dinding sel, dengan demikian menjaganya agar tidak menembus ke membran.

5. Membantu Menyembuhkan Luka

manfaat daun salam

Manfaat daun salam yang terakhir adalah menjadi salah satu cara alami penyembuhan luka. Luka terbukti bisa sembuh dengan bantuan tumbuhan ini.

Ini dia Moms beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan. Jadi jangan hanya menggunakan daun salam sebagai penyedap masakan ya Moms.

Artikel Terkait