KESEHATAN
26 Februari 2020

5 Manfaat Diet Mediterania untuk Kesehatan

Pola hidup sehat dipilih agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Diet bukan berarti tidak makan seharian dan membiarkan diri kelaparan. Diet artinya mengatur pola makan yang tepat untuk menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Beberapa orang juga memilih diet tertentu agar dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Ada banyak jenis diet, salah satunya yang bisa Moms pilih adalah diet Mediterania.

US News & World Report memberikan peringkat pertama kepada diet Mediterania di tahun 2019 lalu. Diet yang diadaptasi dari pola makan warga di dekat Laut Mediterania bahkan disebut warisan budaya oleh UNESCO.

Lalu, mengapa diet Mediterania begitu terkenal? Apa saja manfaatnya untuk kesehatan?

Baca Juga: Tertarik Mencoba Diet Mediterania? Intip 4 Tipsnya

Manfaat Diet Mediterania

Manfaat Diet Mediterania untuk Kesehatan-1.jpg

Foto: heatlhline

Menurut International Journal of Environmental Research and Public Health, fokus dari diet Mediterania adalah mengonsumsi masakan nabati yang menggunakan sayuran, buah-buahan, sereal, kacang-kacangan, ikan, yang lebih banyak ditambahkan minyak zaitun.

Makanan laut atau produk olahan susu boleh dikonsumsi sesekali saja. Sedangkan asupan daging dan alkohol sebaiknya dihindari dari pola diet ini.

Nah, adapun beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari diet Mediterania, yaitu:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat Diet Mediterania untuk Kesehatan-2.jpg

Foto: yourhealth.net.au

Jurnal yang diterbitkan oleh Critical Reviews in Food Science and Nutrition mengungkapkan, diet Mediterania yang berfokus pada mengonsumsi kacang-kacangan dengan minyak zaitun extra-virgin ternyata berguna untuk cegah penyakit kardiovaskular.

“Menjalani diet Mediterania memiliki risiko 30 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Diet ini mengurangi mengonsumsi gula sehingga memotong kalori yang masuk ke dalam tubuh, serta lebih menyehatkan,” ujar Dr. Jo Ann Carson, profesor nutrisi klinis di UT Southwestern Medical Center, Dallas.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Manfaat Diet Mediterania untuk Kesehatan-3.jpg

Foto: eatthis.com

Bagi Moms yang mengikuti diet Mediterania akan makan maksimal 1.500 kalori per hari.

Sementara untuk pria akan dibatasi hingga 1.800 kalori per hari, dengan tujuan tidak lebih 35 persen kalori dari lemak.

Hal ini yang membuat pola diet ini dapat membantu Moms untuk mencapai berat badan ideal.

Menjalani diet Mediterania dengan teratur juga dapat mengurangi lingkar pinggang secara signifikan, menurut analisis dari penelitian dalam jurnal The Lancet: Diabetes and Endocrinology.

Baca Juga: Diet Mediterania Bisa Kurangi Risiko Osteoporosis, Ini Penjelasannya!

3. Membantu Cegah Diabetes Tipe 2

Manfaat Diet Mediterania untuk Kesehatan-4.jpg

Foto: thefix.com

Menurut American Journal of Clinical Nutrition pada Januari 2013 lalu, diet Mediterania membantu mengontrol gula darah.

Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah dan diet protein tinggi pada diet Mediterania menjadi cara efektif untuk membantu menangkal komplikasi kesehatan terkait diabetes tipe 2.

Jurnal Diabetes Care mengungkapkan, diet Mediterania yang baik dengan minyak zaitun atau kacang-kacangan, memiliki risiko 52 persen lebih rendah untuk diabetes tipe 2.

4. Mengurangi Risiko Penurunan Kognitif

Manfaat Diet Mediterania untuk Kesehatan-5.jpg

Foto: verywellhealth.com

Pola makan Mediterania juga mencegah risiko terjadinya penurunan kognitif dan daya ingat seiring bertambahnya usia.

Otak adalah organ tubuh yang membutuhkan nutrisi dan oksigen agar berfungsi optimal.

Nah, untuk memasok semua nutrisi tersebut, Moms memerlukan pembuluh darah yang sehat.

Diet Mediterania dapat menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga dapat mencegah berbagai penyakit penurunan kognitif di usia tua, seperti penyakit alzheimer dan demensia.

Baca Juga: Diet Mediterania Bisa Kurangi Risiko Osteoporosis, Ini Penjelasannya!

5. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat Diet Mediterania untuk Kesehatan-6.jpg

Foto: rappler.com

Diet Mediterania membantu mencegah jenis kanker tertentu. Jurnal Nutrients mengungkapkan, diet Mediterania membantu mengurangi risiko kanker seperti kanker payudara dan kanker kolorektal.

Alasannya, diet Mediterania kaya akan asupan buah, sayuran, dan biji-bijian yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan dan mampu mencegah penyakit kanker.

Itulah yang bisa didapatkan dari diet Mediterania. Manfaat kesehatan dapat Moms dapatkan, untuk itu miliki gaya hidup dengan pola makan yang sehat, ya!

Artikel Terkait