KESEHATAN
27 September 2019

7 Fakta Mengejutkan Tentang Manfaat Donor Darah

Ternyata mendonorkan darah punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, sudah pernah mencoba donor darah? Mungkin mendonorkan darah adalah kegiatan yang dihindari bagi Moms yang takut akan jarum suntik. Padahal, ada banyak sekali, lho, manfaat-manfaat donor darah bagi tubuh.

Sebelum membahas tentang donor darah lebih lanjut, kita bahas dulu tentang penggolongan darah ya, Moms. Golongan darah ditemukan oleh Karl Landsteiner pada tahun 1901.

Ada 4 jenis golongan darah di dunia, yakni A, B, AB, dan O. Golongan darah O merupakan golongan darah universal (bisa didonorkan ke mana saja), sedangkan golongan darah AB adalah golongan darah yang paling jarang di dunia.

Meskipun saat ini pengetahuan dan inovasi sudah berkembang pesat, tapi nyatanya para peneliti sampai sekarang belum bisa menciptakan pengganti darah.

Jadi, kegiatan donor darah pun masih sangat dibutuhkan, terutama mengingat banyaknya pasien yang memang membutuhkan transfusi darah.

“Persyaratan mendonorkan darah adalah berusia 17 tahun, memiliki berat minimal 50 kg, dan tekanan darah di atas 90/50 dan di bawah 180/100,” jelas dr. Cedrina Calder, MD, dokter pengobatan pencegahan dan pakar kesehatan dari Nashville.

Nah, jika Moms sedang mempertimbangkan mau atau tidak melakukan donor darah, berikut ini fakta-fakta mengejutkan tentang manfaat donor darah yang bisa jadi pertimbangan Moms. Yuk, simak!

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu tentang Penyakit Kulit Menular Scabies

1. Bagus untuk Jantung

kesehatan jantung

Aliran darah dan volume darah merupakan bagian penting dalam menjaga detak jantung.

Namun, ternyata mendonorkan darah secara rutin bukan malah membuat detak jantung melemah, lho, melainkan bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut Blood Flow Online, mendonorkan darah secara teratur bisa membantu mengurangi kekentalan darah, sehingga memungkinkan darah mengalir lebih mudah melalui pembuluh darah dan mencapai jantung lebih cepat.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat donor darah ternyata bisa mengurangi risiko terkena kanker, lho, Moms. Zat besi, salah satu mineral utama dalam darah ternyata bisa meningkatkan risiko kesehatan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Nah, penelitian tahun 2008 menemukan bahwa mendonorkan darah bisa membantu mengurangi cadangan zat besi dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi risiko membahayakan dari radikal bebas seperti kanker.

3. Memproduksi Sel Darah Merah

Rutin Cek Darah Penting 04 tabung darah freepik com.jpg

Ternyata, selain bisa menstabilkan jumlah zat besi dalam tubuh, manfaat donor darah lainnya adalah bisa menstabilkan jumlah sel darah merah, Moms.

Ketika mendonorkan darah, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi kembali sel darah merah. Dengan begitu, sel darah merah dalam tubuh Moms akan tergantikan dengan sel yang baru.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Lupus, Penyakit yang Dikenal sebagai "Peniru Ulung"

4. Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Sebelum mendonorkan darah, Moms akan diajak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan oleh anggota staf. Pemeriksaan ini akan meliputi bagian tubuh mulai dari nadi, tekanan darah, suhu tubuh, dan kadar hemoglobin.

Moms nantinya juga akan diuji untuk beberapa jenis penyakit, seperti hepatitis B, hepatitis C, HIV, virus west nile, sipilis, malaria, dan lain-lain. Dengan begitu, Moms juga bisa mendeteksi lebih dini apabila ada penyakit yang diderita.

5. Membakar Kalori

manfaat donor darah 1.jpg

Apabila Moms mau membakar kalori tanpa berolahraga, Moms cukup mendonorkan darah. Ternyata, ketika mendonorkan darah, tubuh membakar sekitar 650 kalori per satu liter darah, lho.

Jumlah kalori ini bahkan lebih banyak dibandingkan jika Moms melakukan lari selama 30 menit. Wah, menarik, ya?

6. Menolong Pasien Kanker

Fakta mengejutkan lainnya tentang manfaat donor darah adalah ternyata ketika Moms mendonorkan darah, Moms kurang lebih akan membantu pasien kanker. Sebab, ternyata kebanyakan hasil donor darah ini digunakan oleh pasien yang mengalami kanker.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Telinga Berdenging yang Mengganggu

7. Membuat Diri Sendiri Bangga

hero zodiak bahagia percintaan agustus

Meskipun ada banyak manfaat kesehatan fisik yang bisa Moms dapatkan dari donor darah, tapi ternyata donor darah pun bisa memberikan manfaat kesehatan psikologis.

Dengan mendonorkan darah, berarti Moms sudah menolong orang yang sangat membutuhkan di luar sana.

Saat kita tahu kita bisa menolong orang lain, hal ini akan memunculkan perasaan bangga dan haru pada diri sendiri.

Moms, itulah 7 fakta mengejutkan tentang manfaat donor darah. Bagiamana, Moms? Apakah Moms sudah memutuskan mau ikut mendonorkan darah atau tidak?

Apapun keputusan Moms, pastikan memang itulah kemauan Moms, ya. Jangan mendonorkan darah karena paksaan orang lain.

(SR/ERW)

Artikel Terkait