KESEHATAN
8 Agustus 2020

Kenali Manfaat Double Cleansing untuk Wajah

Membersihkan wajah sebanyak dua kali ternyata memberikan manfaat yang lebih besar, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Kulit adalah bagian terbesar dan paling luar dari tubuh kita, sehingga kesehatannya harus dijaga dengan baik.

Begitu pula halnya dengan menjaga kesehatan kulit wajah. Jangan pernah biarkan Moms tidur dengan wajah belum dibersihkan, apalagi makeup masih menempel pada wajah.

American Academy of Dermatology menyarankan, sebaiknya setiap mencuci wajah sebanyak dua kali dengan pembersih yang lembut. Waktu yang paling tepat adalah saat bangun dan sebelum tidur.

Pastikan memakai produk yang bebas minyak, tidak akan menyumbat pori-pori, dan tidak memicu munculnya komedo.

Kini, tren kecantikan Korea Selatan mengenalkan wanita dengan teknik double cleansing, yang disebut-sebut memberikan manfaat untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: Pewangi pada Skincare, Berbahayakah?

Benarkah demikian? Lantas, apa saja manfaat double cleansing untuk kesehatan kulit wajah? Ini ulasannya.

Penjelasan Tentang Double Cleansing

Kenali Manfaat Double Cleansing untuk Wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dilihat dari namanya saja, teknik double cleansing merupakan proses membersihkan wajah lebih dari satu kali.

Sebelumnya, pahami pentingnya membersihkan wajah, yang merupakan tahapan awal dari rangkaian perawatan wajah.

Dr. Anjali Mahto, dokter kulit dari London, melalui bukunya berjudul The Skincare Bible: Your No-Nonsense Guide to Great Skin menjelaskan, mencuci wajah sering dianggap perawatan yang sepele padahal memberikan dampak yang besar.

Mencuci wajah bukan saja membuat wajah semakin bersih dan lembut, namun juga mencegah berbagai paparan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan kulit.

Saat ini banyak sekali jenis pembersih wajah yang dapat dipilih, seperti foaming dan non-foaming cleanser, micellar water, cleansing milk, oil cleanser, cleansing balm, toner, scrub, dan lainnya.

Sebenarnya, Moms tidak perlu langsung mengikuti tren dalam hal memilih pembersih wajah yang tepat. Melainkan tentukan jenis pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan bujet yang dimiliki.

Baca Juga: Manfaat Ceramide untuk Kulit Kering, Bikin Lembap!

Menurut Dr. Anjali melanjutkan, double cleansing artinya membersihkan wajah dua kali dengan jenis pembersih yang berbeda.

Tahapan pertama, yaitu membersihkan wajah dari bekas sisa makeup atau produk perawatan yang dipakai sebelumnya. Misalnya, menggunakan makeup remover, cleansing balm, atau cleansing oil.

Kemudian, tahapan kedua adalah membersihkan wajah dari residu yang masih tersisa memakai facial wash atau facial foam.

Jika Moms memiliki kulit yang kering dan sensitif, sebaiknya berhati-hati karena proses double cleansing rentan membuat kulit jadi sangat kering.

Jadi, sebaiknya pilih pembersih wajah yang benar-benar lembut. Micellar water untuk tahap pertama bisa menjadi pilihan yang baik untuk pemilik kulit kering dan sensitif.

Manfaat dari Double Cleansing

Kenali Manfaat Double Cleansing untuk Wajah

Foto: allure.com

Setelah memahami konsep double cleansing, mungkin Moms akan mengira prosesnya jauh lebih ribet, ya.

Namun, ternyata ada manfaat yang bisa Moms dapatkan ketika rutin melakukan double cleansing, lho!

“Membersihkan wajah dengan double cleansing sambil memijat wajah secara perlahan mampu meluruhkan seluruh sisa makeup, racun, polusi, dan penumpukan yang masih menempel,” ungkap ahli facial klinis, Kate Kerr.

Melakukan double cleansing pada malam hari mampu mencerahkan kulit yang kusam dan mengangkat sel-sel kulit mati yang masih menempel.

Sedangkan, melakukan double cleansing pada pagi hari juga penting karena Moms masih menghasilkan minyak dan keringat saat tidur.

Double cleansing pada pagi hari mempersiapkan kulit untuk mampu menyerap produk skincare lainnya dengan lebih baik lagi.

“Melakukan double cleansing juga mampu mencegah munculnya jerawat karena seluruh lapisan kulit dibersihkan secara mendalam. Selain itu, double cleansing mampu menjaga kulit tetap awet muda karena seluruh polusi dan racun dapat dibersihkan,” ungkap Dr. Anjali.

Baca Juga: Manfaat Masker Lumpur untuk Kulit Berminyak

Terpenting, Moms harus memilih pembersih wajah yang bebas dari sulfat untuk menghindari pengelupasan kulit dari minyak alami dan hindari menggosok kulit terlalu keras. Jadi, tertarik untuk melakukan double cleansing mulai dari hari ini?

Artikel Terkait