BALITA DAN ANAK
12 November 2019

3 Manfaat Fluoride untuk Kesehatan Gigi Anak

Fluoride melindungi gigi dari karies lho Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms mungkin sudah tidak asing lagi dengan fluoride. Kandungan yang ada dalam pasta gigi ini dipercaya mampu melindungi gigi dari kerusakan.

Tapi, bagaimana dengan gigi anak? Apakah fluoride aman untuk gigi anak? Menurut drg. Nydia Hanan, yang saat ini aktif praktik di RSUD Abdul Wahab Sjahrani dan RS H. Darjad Samarinda, fluoride ternyata penting lho untuk kesehatan gigi anak.

Manfaat Fluoride untuk Kesehatan Gigi Anak

Karena itu, drg Nydia mengatakan sangat penting bagi Moms untuk memilih pasta gigi berfluoride untuk Si Kecil. menurutnya, ada beberapa manfaat fluoride untuk kesehatan gigi anak.

Apa saja manfaat fluoride untuk kesehatan gigi anak? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Melindungi Gigi dari Karies

manfaat fluoride untuk kesehatan gigi anak

Manfaat fluoride untuk kesehatan gigi anak yang pertama adalah melindungi gigi dari karies. Moms tentu tahu dong gigi anak sangat rentan mengalami karies.

Masih minimnya perhatian pada kebersihan gigi dan mulut jadi penyebab utamanya. Nah, dengan menggunakan pasta gigi berfluoride, gigi Si Kecil bisa terlindung dari karies.

"Fluor bekerja dengan cara menghambat metabolisme bakteri plak. Hal ini penting dilakukan sebagai bentuk tindakan preventif atau pencegahan karies gigi pada anak,” ujar drg. Nydia, saat berbincang-bincang melalui Kulwap Orami Community, pada Senin (15/4) lalu.

Nah, Moms bisa mulai membiasakan Si Kecil untuk menggosok gigi dengan pasta gigi berfluoride. Salah satu cara agar ajaran yang bisa Moms terapkan pada anak adalah selalu biasakan menyikat gigi, paling tidak dua kali sehari.

Jangan biarkan gigi dalam keadaan kotor sebelum tidur. Rutin menyikat gigi dapat menghindarkan anak dari berbagai infeksi penyakit gigi dan mulut, salah satu yang paling rentan terjadi adalah karies gigi.

Baca Juga: Pasta Gigi untuk Ibu Hamil Harus Bebas Fluoride, Mitos atau Fakta?

2. Membantu Memerbaiki Lubang pada Gigi

manfaat fluoride untuk kesehatan gigi anak

Manfaat fluoride untuk kesehatan gigi anak yang selanjutnya adalah membantu memerbaiki lubang pada gigi. Nah, sebelum itu terjadi, sebaiknya Moms ketahui gejala awal dari terjadinya karies pada gigi anak.

Tanda awal yang bisa dideteksi adalah munculnya bercak putih pada gigi (white spot).

Bercak putih ini muncul karena adanya proses penghilangan kadar garam dan mineral pada jaringan keras gigi akibat plak dan sisa-sisa makanan yang menumpuk.

Jika dibiarkan, bercak putih tersebut akan berubah menjadi bercak kecokelatan yang menyebar dan membentuk lubang pada gigi. Hati-hati, Moms.

"Karies gigi adalah kondisi yang berbahaya karena dapat menyebabkan gigi tanggal, infeksi berbahaya, bahkan kematian,” ungkap drg. Nydia, yang juga tergabung sebagai anggota IDGAI (Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia) Jawa Timur ini.

Nah, fluoride ini mampu membantu memperbaiki lubang pada gigi dan melindungi kesehatan gigi dan mulut Si Kecil. American Dental Association menyebutkan bahwa begitu masuk ke email, fluoride bekerja sama dengan kalsium dan fosfat di sana untuk menciptakan sistem pertahanan paling kuat yang bisa dimiliki gigi untuk mencegah gigi berlubang.

Baca Juga: Anak Menelan Pasta Gigi Saat Sikat Gigi, Berbahayakah?

3. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman pada Gigi yang Sakit

manfaat fluoride untuk kesehatan gigi anak

Manfaat fluoride untuk kesehatan gigi anak yang selanjutnya adalah mengurangi rasa tidak nyaman pada gigi yang sakit. Dilansir dari Mediplus.gov, fluoride pada pasta gigi, air, atau sumber lainnya bisa membantu memerbaiki enamel gigi dengan cara mengganti mineral-mineral yang hilang karena proses alami.

Fluoride membantu melindungi gigi dengan cara memerkuat enamel sehingga membuat gigi lebih tahan terhadap asam dari plak yang akan merusak gigi.

Dengan cara ini, rasa tidak nyaman pada gigi yang sakit bisa berkurang. Nah, untuk itu, penting bagi Moms memerkenalan Si Kecil pada pasta gigi berfluoride.

“Sebaiknya anak diberikan pasta gigi mengandung fluoride mulai dari ia berusia 2,5 sampai 3 tahun ketika gigi geliginya sudah lengkap, yaitu 20 gigi susu. Jadi, lebih aman jika memberikan pasta gigi anak mengandung fluoride ketika ia sudah berkumur atau diajarkan untuk berkumur sendiri dengan benar,” lanjut drg. Nydia, menjelaskan.

Jika anak Moms masih berusia di bawah 2 tahun, atau belum bisa berkumur sendiri, cukup gunakan ukuran pasta gigi anak sebesar biji beras.

Nah, baru setelah dia berusia 2 tahun ke atas, ajarkan untuk menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung fluoride, ya!

Baca Juga: Cerdas Memilih Sikat dan Pasta Gigi Anak

Itulah beberapa manfaat fluoride untuk kesehatan gigi anak. Ada baiknya untuk mencegah karies gigi yaitu dengan rajin menyikat gigi dan menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Namun, jika anak sudah memiliki gejala awal karies, sebaiknya Moms segera membawa Si Kecil untuk melakukan perawatan ke dokter gigi anak, ya!

(DG)

Artikel Terkait