RUPA-RUPA
7 Februari 2020

4 Manfaat Food Processor untuk Membuat MPASI, Lebih Sehat?

Mempermudah Moms dalam menentukan kualitas makanan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tengok manfaat food processor untuk membuat MPASI di sini yuk, Moms.

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat membuat makanan pendamping ASI atau MPASI bayi adalah harus membeli peralatan yang sesuai, agar makanan bayi bisa terbuat dengan baik.

Moms harus memikirkan apakah ingin menggunakan blender atau food processor untuk membuat MPASI Si Kecil ketika membuat makanan bayi. Mungkin banyak yang sudah menggunakan blender, namun ada juga yang ingin mencoba food processor.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Blender MPASI, Jangan Salah Pilih ya Moms

Untuk Moms yang ingin mencoba menggunakan food processor, berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dari membuat MPASI bayi menggunakan food processor.

Kelebihan Food Processor

food processor

Foto: hangrybabies.com

Food Processor sangat cocok untuk digunakan dalam mengolah berbagai macam makanan padat untuk bayi. Food Processor bahkan mampu menggiling biji-bijian untuk membuat sereal bayi buatan sendiri.

Berdasarkan American Academy of Pediatrics (AAP), pengenalan makanan padat (termasuk sereal) sampai seorang anak berusia 6 bulan untuk bayi yang disusui secara eksklusif dan 4-6 bulan untuk bayi yang diberi susu formula.

Bukan hanya itu saja, bahkan food processor juga memiliki banyak fungsi lain. Alat ini mampu mengolah makanan dapat menjadi bubur, mengiris, memotong, membelah, dan bahkan mengaduk adonan jika diperlukan.

Biasanya, food processor bekerja pada satu kecepatan saja, makanya terlihat jauh lebih lambat daripada blender. Food processor memiliki bilah yang dapat berputar ke arah yang berbeda, sehingga memungkinkan untuk memotong atau menghaluskan.

Juga, alat satu ini memberi Moms kontrol lebih besar atas pemrosesan makanan karena aksi denyut nadi bawaan.

Baca Juga: 6 Menu MPASI untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi 6-12 Bulan

Manfaat Food Processor

food processor

Foto: sabilymarket.com

Apa manfaat lain yang bisa kita rasakan ketika membuat MPASI bayi dengan food processor?

1. Tahu Apa yang Dimakan oleh Si Kecil

Ini adalah satu-satunya cara agar Moms bisa memastikan apa yang bayi makan. Jika tidak mengolah makanan bayi sendiri, bisa jadi makanan yang kita beli untuk Si Kecil mengandung pengawet dan gula tambahan yang tidak kita inginkan ada dalam makanan bayi.

Dengan menggunakan food processor, Moms bisa mengontrol kualitas makanan anak. apa jenis buah-buahan dan sayuran yang digunakan, seberapa segar dan dari mana asalnya.

2. Nilai Nutrisi

Hal berikutnya yang tidak bisa Moms kendalikan dalam MPASI anak adalah cara hidangan disiapkan. Mengukus makanan adalah cara yang bagus untuk menyimpan dan mengunci semua nutrisi berharga di dalam makanan.

Pola makan yang sehat dan seimbang dengan semua vitamin dan mineral yang diperlukan adalah bagian penting dari pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik untuk Asupan Nutrisi Lansia

3. Menyimpan Makanan

Saat Moms membuat MPASI anak, bisa memikirkan hidangan yang bisa kita dan bayi makan bersama! Siapkan pasta brokoli untuk makan malam dan haluskan brokoli untuk Si Kecil.

Ini juga baik untuk bayi, untuk mencegah anak menjadi pemilih makanan.

4. Menghemat Pengeluaran

Food processor untuk MPASI bayi merupakan opsi termurah. Bahkan jika Moms memperhitungkan harga pengolah makanan bayi lainnya. Makanan bayi yang dibeli di toko berkualitas tinggi bisa sangat mahal, tetapi Moms tidak bisa mengendalikan bahan dan proses membuatnya.

Itulah manfaat food processor untuk membuat MPASI, Moms. Food processor memungkinkan Moms membuat makanan bayi yang lezat, dengan gampang. Kita hanya perlu sedikit waktu dan ide untuk berkreasi.

Artikel Terkait