KESEHATAN
17 Mei 2020

3 Manfaat Garam Epsom untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Nyeri!

Bisa membantu mengurangi sakit dan kram
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Manfaat garam epsom untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Ia adalah salah satu bahan yang sering direkomendasikan oleh spesialis medis integratif untuk memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental.

Meskipun tidak ada uji klinis yang mengkonfirmasi manfaat garam Epsom, banyak dokter mempromosikannya untuk kemudahan penggunaan, harga yang wajar dan pengiriman invasif yang minimal.

Biasanya garam epsom ini bisa digunakan saat kita mandi. Melarutkan garam epsom atau magnesium sulfat heptahidrat, dalam air mandi akan membantu tubuh kita menyerap magnesium yang sangat dibutuhkan.

Baca Juga: 3 Manfaat Mandi Garam Epsom untuk Anak, Patut Dicoba!

Mineral ini mengandung magnesium yang dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tekanan darah tetap terkendali, memperkuat tulang, mengatur gula darah, dan banyak lagi.

Berdasarkan Canadian Medical Association Journal, magnesium dikenal untuk meningkatkan relaksasi, mengurangi peradangan, dan membantu fungsi otot dan saraf.

Manfaat Garam Epsom

Nah, untuk mengetahui manfaat garam epsom untuk kesehatan secara lebih lanjut, yuk lihat penjelasannya di bawah ini Moms.

1. Menghilangkan Sakit dan Kram

manfaat garam epsom

Foto: medium.com

Beberapa dokter, seperti Mao Shing, dokter akupunktur dan pengobatan Tiongkok di Los Angeles, dan penulis Secrets of Longevity: Hundreds of Ways to Live to Be 100, merekomendasikan garam epsom karena banyak mendengar saran dari pasiennya bahwa ini merupakan bahan yang aman.

“Kita tidak menggunakannya setiap hari, tetapi Moms dapat menggunakannya beberapa kali karena manfaat garam epsom dapat menghilangkan rasa sakit dan kram,” kata Dr. Mao Shing.

Menurut artikel Pharmaceutical Influences of Epsom Salts yang terdapat pada jurnal American Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics, magnesium dapat meregulasi aktivitas enzim yang berfungsi baik untuk tubuh. Karenanya, ia dapat meningkatkan relaksasi, mengurangi peradangan, dan membantu fungsi otot dan saraf.

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

2. Memberikan Relaksasi

manfaat garam epsom

Foto: verywellmind.com

Menambahkan garam epsom dalam air saat kita mandi, akan membuat kita bisa berendam dengan santai.

“Manfaat mandi faram epsom akan membantu kita untuk rileks setelah bekerja keras seharian, yang dengan sendirinya akan membantu mempercepat pemulihan karena kortisol meningkatkan kerusakan otot," kata Greg Grosicki, asisten profesor dan direktur laboratorium fisiologi olahraga di Georgia Southern University.

Manfaat garam epsom yang dilarutkan dalam air hangatakan membuat kita merasa lebih santai.

Baca Juga: 6 Pose Yoga untuk Membantu Relaksasi

3. Meredakan Peradangan

manfaat garam epsom

Foto: babycentre.com

Manfaat garam epsom yang potensial dan membuat pemandian garam epsom patut dicoba adalah menyembuhkan peradangan. Cobalah rendam kaki Moms dalam garam epsom, karena dapat membantu meredakan lepuh.

“Magnesium membantu mengurangi peradangan di lapisan endotel kulit, sehingga mampu membantu menyembuhkan lecet," kata Dendy Engelman, direktur bedah dermatologis di Rumah Sakit Metropolitan di New York City.

Nah, setelah tahu beragam manfaatnya, mungkin Moms tertarik untuk menggunakan garam epsom untuk kesehatan Moms?

(AWD/DIN)

Artikel Terkait