PARENTING ISLAMI
5 Juni 2020

6 Manfaat Gerakan Shalat untuk Kesehatan, Masya Allah!

Gerakan shalat ternyata dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Zarah Amala
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sebagai seorang muslim, shalat 5 waktu merupakan kewajiban yang harus kita lakukan. Selain untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT, solat juga punya manfaat untuk kesehatan lho Moms. Setiap gerakan shalat ternyata punya manfaat tersendiri yang luar biasa. Masya Allah.

Shalat merupakan ibadah yang paling dicintai oleh Allah SWT karena aktivitas shalat dapat mendekatkan diri kepada-Nya. Tidak hanya untuk mendekatkan diri pada Allah, shalat juga bermandaat untuk menenangkan hati, menyehatkan mental dan fisik secara keseluruhan.

Manfaat Gerakan Shalat untuk Kesehatan

Bahkan hal ini juga dibuktikan dari beberapa penelitian ilmiah. Berikut ini manfaat gerakan shalat untuk kesehatan seperti dikutip dari Islamic Finder.

Baca Juga: Ini Hukum Menggunakan Makeup dalam Islam, Wajib Tahu!

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

manfaat gerakan shalat untuk kesehatan

Beberapa gerakan shalat terbukti dapat membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Misalnya pada posisi rukuk, di mana aliran darah bagian atas diatur. Sedangkan pada posisi tasyahud, aliran darah bagian bawah diatur.

2. Melancarkan Pencernaan

manfaat gerakan shalat-1.jpg

Foto: Shutterstock

Menurut penelitian ilmiah, shalat juga membantu pencernaan tubuh. Sebagai contoh, selama keadaan tasyahud, atau posisi duduk dengan menopang pada satu kaki melengkung di bawah mereka dan wanita duduk dengan kedua kaki di bawah mereka, postur sedemikian rupa memungkinkan dan melanjarkan pencernaan.

Ini meningkatkan fungsi hati dan mengendurkan usus, yang pada akhirnya memfasilitasi pergerakan usus di dalam tubuh. Shalat juga dapat membantu meringankan sembelit.

3. Meredakan Nyeri Punggung dan Nyeri Sendi

manfaat gerakan shalat untuk kesehatan

Fato: Dakwah Surga

Posisi rukuk tidak hanya dapat melancarkan peredaran darah, tapi juga dapat mengatasi beberapa keluhan, seperti nyeri pinggul, nyeri dengkul, nyeri, telapak kaki, juga nyeri tulang belakang.

Posisi tubuh selama sujud dan rukuk membantu membuka dan meringankan persendian. Penggunaan sendi secara rutin membuat mereka sehat dan berfungsi.

Selain itu, posisi rukuk membantu mengurangi rasa sakit di punggung bawah dengan merilekskan ligamen dan otot (mirip dengan yoga). Ini juga membantu meringankan rasa sakit di sumsum tulang belakang dan sendi pinggul.

Dengan relaksasi tulang belakang ini, sakit punggung dan penyakit tulang belakang juga dapat dihindari. Shalat secara keseluruhan merilekskan sendi bahu, siku, lutut, pergelangan kaki, dan pinggul.

Baca Juga: 9 Cara Mendampingi Ibu Hamil dalam Islam, Dads Wajib Tahu!

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Waspada Takikardia, Kondisi Detak Jantung Terlalu Cepat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pada dasarnya, shalat juga bentuk olahraga dan meningkatkan metabolisme seseorang, termasuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular seseorang secara keseluruhan.

Setiap gerakan shalat yang Moms lakukan mirip dengan berolahraga setiap hari yang meningkatkan fungsi keseluruhan organ-organ dalam tubuh dan mengatur sekresi kelenjar dan aliran darah dalam tubuh.

5. Menyehatkan Mental

hak ibu dalam islam-3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut ilmu pengetahuan modern, salah satu bentuk olahraga paling sehat adalah yoga dan telah ditemukan bahwa gerakan-gerakan selama shalat menyerupai gerakan-gerakan yang ditemukan dalam gerakan yoga.

Seperti yang kita tahu, yoga tidak hanya bertujuan untuk menjaga kebugaran fisik, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan mental seseorang.

Yoga dapat membawa harmoni dalam kehidupan seseorang dengan menyatukan semua aspek kehidupan termasuk fisik, sosial, spiritual, psikologis, dan lain-lain, juga menciptakan lingkaran penuh harmoni.

Inilah tepatnya yang dirasakan saat shalat, yaitu dapat menimbulkan keharmonisan dan kedamaian sepenuhnya dalam diri seseorang. Shalat juga berfungsi sebagai penghilang stres dan kecemasan.

6. Membuat Jiwa Lebih Damai

Meredam amarah menurut pandangan Islam 1.png

Foto: Orami Photo Stock

Bila dengan shalat saja bisa menyehatkan mental, seseorang yang melakukanya dengan khusuk juga akan merasakan jiwa yang lebih tenang. Terlebih, dengan doa-doa yang kita panjatkan pada Allah SWT, shalat menjadikan jiwa kita lebih dekat dengan-Nya, sehingga seseorang akan lebih tenang menjalani hidupnya.

Baca Juga: 7 Kewajiban Orang Tua pada Anak dalam Islam, Sudahkah Dipenuhi?

Tapi ingat, lakukan gerakan-gerakan shalat dengan khusuk dan tumaninah ya, Moms. Tentu saja agar manfaat di atas semakin dirasakan.

Artikel Terkait