DI ATAS 5 TAHUN
10 April 2020

5 Manfaat Grapefruit Bagi Anak, Bagus untuk Kekebalan Tubuh!

Banyak direkomendasikan, apa saja manfaatnya bagi kesehatan anak?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Intan Aprilia

Berasal dari daerah beriklim subtropis, manfaat grapefruit atau dikenal juga dengan nama jeruk limau gedang memang belum begitu dikenal di Indonesia.

Namun, buah berdaging merah yang memiliki perpaduan rasa manis, asam, dan sedikit pahit ini sebenarnya telah lama diketahui bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk anak jika dikonsumsi dengan benar.

Manfaat Grapefruit untuk Anak

Yuk Moms, baca sampai selesai untuk tahu lebih banyak tentang manfaat grapefruit untuk kesehatan anak!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

5 Manfaat Grapefruit Untuk Anak 1.jpg

Foto: freepik.com

Seperti buah golongan sitrus lainnya, grapefruit juga kaya akan vitamin C yang penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh anak.

Namun, sebenarnya buah ini juga mengandung berbagai antioksidan kuat lain, seperti:

  • Beta-karoten: Akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, dan diketahui bisa mengurangi resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan gangguan penglihatan seperti degenerasi makular.
  • Lycopene: Diketahui memiliki potensi untuk mencegah pertumbuhan jenis kanker tertentu, melambatkan pertumbuhan tumor, dan mengurangi efek samping pengobatan kanker.
  • Flavanones: Memiliki khasiat anti inflamasi alami yang dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, juga menurunkan resiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan 5 Jenis Jeruk untuk Masakan

2. Mengendalikan Berat Badan

5 Manfaat Jeruk Limau Gedang (Grapefruit) Untuk Anak 2.jpg

Foto: freepik.com

Anak usia sekolah memang masih butuh makan banyak untuk mendukung aktivitas dan tumbuh kembangnya, tapi tetap harus dijaga supaya berat badannya tetap dalam rentang ideal.

Dengan kandungan serat dan air yang cukup tinggi, rutin makan grapefruit sebelum makan atau sebagai camilan bisa membantu anak merasa kenyang lebih lama dan tidak makan terlalu banyak. Dengan begitu berat badan Si Kecil bisa tetap terjaga.

3. Mencegah Resistensi Insulin

5 Manfaat Jeruk Limau Gedang (Grapefruit) Untuk Anak 3.jpg

Foto: freepik.com

Menurut sebuah studi yang dilansir National Institutes of Health, konsumsi grapefruit sebelum makan besar terbukti bisa menurunkan kadar insulin dan mencegah resistensi insulin.

Sebagaimana Moms tahu, resistensi insulin membuat kadar gula darah dan insulin melonjak drastis sehingga meningkatkan rsiko terjadinya diabetes tipe-2.

Baca Juga: Selain Jeruk, Ini 4 Buah Penambah Kekebalan Tubuh yang Patut Dikonsumsi

4. Mengatasi Insomnia

5 Manfaat Jeruk Limau Gedang (Grapefruit) Untuk Anak 4.jpg

Foto: freepik.com

Insomnia pada anak bisa terjadi karena berbagai sebab, dan jika tidak segera diatasi bisa mengganggu mood, mengurangi konsentrasi belajar, memicu masalah perilaku, juga menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Sebagai salah satu buah dengan kandungan tryptophan, manfaat grapefruit sangat baik untuk anak yang mengalami gangguan tidur.

Menurut penjelasan yang dikutip dari Healthline, tryptophan akan diubah tubuh menjadi molekul pembentuk hormon serotonin yang mempengaruhi tidur dan hormon melatonin yang memicu kantuk dan berperan dalam mengatur siklus tidur.

5. Menjaga Kesehatan Rambut

5 Manfaat Jeruk Limau Gedang (Grapefruit) Untuk Anak 5.jpg

Foto: freepik.com

Kombinasi berbagai komponen nutrisi di dalam grapefruit ternyata sangat baik juga untuk pertumbuhan rambut anak yang kuat dan sehat, seperti:

  • Vitamin C membantu rambut tumbuh dengan sehat dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Ekstrak bijinya memiliki fungsi anti bakteri alami, yang bisa mencegah ketombe dan penyumbatan folikel, sehingga rambut bisa tumbuh tanpa gangguan.
  • Sari buahnya membantu menjaga kelancaran peredaran darah, termasuk di kulit kepala. Dengan peredaran darah yang baik di kulit kepala, kondisi kulit kepala dan rambut bisa tetap sehat.

Baca Juga: Sumber Vitamin B1 Anak untuk Hindari Beri-beri

Walau manfaat grapefruit sangat baik untuk tubuh dan kesehatan anak, sebaiknya buah ini tidak dulu dikonsumsi saat Si Kecil sedang minum obat ya, Moms.

Makan grapefruit bersama dengan obat dapat mengganggu proses metabolisme obat sehingga menimbulkan efek samping yang berbahaya. Bagaimana Moms, sudah pernahkah memberikan Si Kecil grapefruit?

Artikel Terkait