KEHAMILAN
27 Mei 2020

5 Manfaat Ibu Hamil Makan Biji Bunga Matahari, Patut Dicoba!

Tidak banyak yang menyadari biji bunga matahari dikemas dengan berbagai nutrisi penting.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

.

Biji bunga matahari kini tengah populer karena biasa dijadikan roti multi gandum, cemilan langsung dari tas hingga bar nutrisi. Mereka kaya akan lemak sehat, senyawa tanaman bermanfaat dan beberapa vitamin serta mineral.

Menurut artikel dari Dietary Antioxidants and Health Promotion, biji bunga matahari secara teknis merupakan buah dari tanaman bunga matahari (Helianthus annuus). Benih dipanen dari kepala bunga matahari yang dapat berisi hingga 2.000 biji.

Ada dua jenis tanaman bunga matahari. Satu jenis ditanam untuk yang Moms makan, sedangkan yang lainnya ditanam untuk menjadi minyak.

Baca Juga: Ini Tips Berjemur Matahari Pagi untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Manfaat Ibu Hamil Makan Biji Bunga Matahari

Sebagai calon ibu, Moms harus khawatir apakah biji bunga matahari baik untuk Si Kecil dalam kandungan. Nah, berikut ini merupakan manfaat ibu hamil makan biji bunga matahari.

1. Mencegah Kanker

Ilustrasi ibu hamil kunjungi dokter

Foto: Orami Photo Stocks

Kanker utamanya disebabkan karena oksidasi yang tak terkendali dalam tubuh.

Biji bunga matahari bertindak sebagai antioksidan dan membantu mencegah oksidasi, sehingga melindungi tubuh terhadap sel kanker.

Camilan ini juga merupakan sumber selenium yang mendetoksifikasi tubuh dan membersihkan sel-sel tubuh yang rusak.

Selenium secara khusus membantu mencegah kanker payudara. Biji ini juga memiliki kandungan Vitamin E yang tinggi yang dikenal dapat mengurangi risiko kanker paru-paru dan kanker usus besar.

2. Mengandung Sifat Anti-inflamasi

Manfaat Makan Biji Bunga Matahari Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat ibu hamil makan biji bunga matahari adalah kandungan vitamin E yang baik menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak dan kolesterol yang baik.

Berdasarkan artikel dari Free Radical Biology & Medicine, vitamin E sangat anti-inflamasi sehingga menja asma artritis reumatoid dan osteoartritis.

Ini juga secara signifikan membantu hot flash pada wanita yang mengalami menopause.

Baca Juga:4 Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari Ketika Hamil

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat Makan Biji Bunga Matahari Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, manfaat ibu hamil makan biji bunga matahari lainnya yaitu kandungan magnesium yang secara efektif mampu menstabilkan gula darah. Saat dimakan, biji bunga matahari akan berhasil mengendalikan kenaikan gula dalam aliran darah.

Studi dari European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang makan 1 ons (30 gram) biji bunga matahari setiap hari sebagai bagian dari diet sehat dapat mengurangi gula darah puasa sekitar 10% dalam enam bulan, dibandingkan dengan diet sehat saja.

Efek penurunan gula darah dari biji bunga matahari sebagian mungkin disebabkan oleh asam klorogenat senyawa tanaman.

4. Membantu Mengurangi Kolesterol

Manfaat Makan Biji Bunga Matahari Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Fitosterol adalah senyawa yang dikenal untuk mengalahkan kolesterol dan untungnya biji bunga matahari memiliki kandungan pitosterol yang tinggi.

Tidak hanya itu, biji bunga matahari sarat dengan lemak tak jenuh tunggal yang membantu mengurangi produksi kolesterol jahat dalam tubuh.

Biji bunga matahari juga mengandung vitamin yang disebut niacin yang juga membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: Ini Manfaat Tersembunyi Ibu Hamil Mengkonsumsi Vitamin E

5. Melawan Depresi

Ibu Hamil Stres

Foto: Orami Photo Stocks

Saat hamil tak jarang Moms merasakan stress hingga depresi lantaran perubahan mood maupun aktifitas.

Nah, manfaat ibu hamil makan biji bunga matahari yaitu adanya niacin yang mempercepat aktivitas GABA dalam sel-sel otak yang membantu untuk mengekang kecemasan dan depresi.

Biji bunga matahari juga mengandung magnesium yang membantu memperbaiki gangguan mood dan mengurangi depresi.

Walaupun begitu, ibu hamil makan biji bunga matahari pun dapat menimbulkan risiko kesehatan utamanya saat dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini hal-hal yang harus Moms perhatikan saat makan biji bunga matahari:

  • Konsumsi biji bunga matahari dalam jumlah besar dapat menyebabkan keracunan fosfor yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan masalah non-tulang.
  • Moms mungkin menderita keracunan selenium yang menyebabkan gejala seperti selenosis. Lekas marah dan tubuh lelah adalah gejala umum dalam kasus ini.
  • Terlalu banyak biji bunga matahari juga dapat menyebabkan kerusakan kulit dan membuat rambut dan kuku rapuh.

Terakhir, tetap tanyakan kepada dokter kandungan apabila Moms ingin mengambil manfaat ibu hamil makan biji bunga matahari. Jika mendapat sinyal hijau darinya maka aman untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang setiap hari.

Baca Juga:Tips Menanam Bunga Matahari, Ketahui Hal yang Perlu Diperhatikan

Artikel Terkait