KESEHATAN
8 Oktober 2020

13 Manfaat Ikan Salmon, Ternyata Bukan Hanya Bikin Pintar!

Tak hanya untuk Moms, manfaat ikan salmon ternyata sangat baik untuk bayi atau anak yang sudah lebih besar lho. Ini manfaatnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms sudah coba menu Salmon Mentai Rice yang belakangan sedang hits? Atau apakah Moms memang penggemar sushi yang terbuat dari ikan salmon?

Ya, ikan salmon memang salah satu hidangan ikan yang paling banyak digemari. Tak hanya rasanya nikmat, daging ikan salmon juga sangat lembut, dan pastinya manfaat ikan salmon juga banyak untuk tubuh.

Salmon adalah salah satu ikan yang paling populer di seluruh dunia. Ada banyak jenis jenis ikan salmon di wilayah Pasifik yang berbeda, termasuk Sockeye, Pink, Coho, King (Chinook), dan banyak di antaranya berasal dari alam liar.

Salmon dari Samudera Atlantik juga bisa menjadi pilihan, namun di Amerika Serikat penangkapan ikan salmon telah dilarang dan kini ikan salmon yang Moms beli di supermarket kebanyakan dibesarkan di peternakan.

Dalam satu porsi salmon (3 hingga 4 ons) mengandung sekitar 200 kalori. Ikan ini juga sangat rendah lemak jenuhnya dan merupakan sumber protein yang baik. Ini juga salah satu sumber vitamin B12 terbaik.

Di dalamnya juga ada kalium dan nutrisi lain seperti zat besi dan vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Manfaat Salmon untuk Kulit

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi ikan berlemak seperti salmon dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Asupan makanan salmon juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Ikan salmon adalah alternatif yang bagus untuk sumber protein seperti ayam atau daging sapi. Manfaat ikan salmon yang mungkin Moms wajib tahu adalah membantu mempertahankan berat badan atau indeks massa tubuh di kisaran normal.

Nah, daripada penasaran apa saja manfaat ikan salmon, yuk simak ulasannya berikut!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ikan salmon yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Ikan salmon adalah jenis makanan yang sangat kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini adalah asam lemak tak jenuh ganda yang memiliki banyak ikatan rangkap.

Melansir jurnal yang dipublikasikan Tanaffos, EPA dan DHA adalah dua jenis asam lemak omega-3 yang ada pada ikan salmon. Dua senyawa ini membantu mengurangi kadar trigliserida serum dengan mengurangi kadar LDL dan meningkatkan degradasi asam lemak.

Alhasil, mereka akan membantu mencegah pembentukan plak dan dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan stroke.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Salmon juga merupakan sumber protein bersama dengan asam lemak omega-3. Kedua zat gizi tersebut berpengaruh pada persentase lemak tubuh.

Protein adalah nutrisi yang umumnya sulit dicerna dan karenanya dapat membantu tubuh merasa kenyang untuk durasi yang lebih lama, sehingga membuat kamu makan lebih sedikit.

Mengutip International Journal of Obesity, asam lemak omega-3 juga akan membantu mengurangi penambahan berat badan akibat peradangan, menekan nafsu makan, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi penumpukan lemak dengan meningkatkan oksidasi asam lemak.

Jadi, kamu bisa mendapatkan tubuh yang langsing dan kencang jika mengonsumsi ikan salmon yang dimasak dengan cara yang benar.

3. Mengurangi Inflamasi atau Peradangan

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah mengurangi peradangan. Peradangan adalah hal yang sangat berbahaya. Kondisi ini dapat menyebabkan penambahan berat badan, nyeri sendi, respons autoimun, tukak lambung, dan stroke. Melansir Journal of the American College of Nutrition, asam lemak omega-3 yang ada dalam salmon, EPA dan DHA, akan mengatur hormon lokal.

Kemudian pada gilirannya, mereka akan mengatur jalur seluler dan ekspresi gen, yang membantu menekan biomolekul proinflamasi. Alhasil, salmon akan membantu Moms terhindar dari migrain, artritis, psoriasis, kolitis ulserativa, sklerosis multipel, penyakit Crohn, obesitas yang dipicu peradangan, dan banyak lagi.

4. Melawan Kanker

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah melawan kanker. Kanker bisa terjadi karena ketidakseimbangan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh, yang menyebabkan penumpukan racun, peradangan, dan proliferasi sel yang tidak terkendali.

Dengan menambahkan salmon ke dalam makanan, maka ini dapat membantu meningkatkan kadar asam lemak omega-3, sehingga mengurangi peradangan dan toksisitas dalam tubuh.

Mengutip Cancer Lett, banyak penelitian telah membuktikan bahwa EPA dan DHA dapat digunakan untuk mengobati kanker dan mencegah perkembangan kanker payudara. Mereka juga dapat membantu mencegah kehilangan otot akibat kemoterapi.

5. Sumber Vitamin D Yang Baik

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah sumber vitamin D. Salmon juga merupakan sumber vitamin D yang bagus, yang membantu memperkuat tulang, mengurangi risiko diabetes tipe 2, melawan kanker, dan mencegah penyakit jantung.

Jika Moms bukan tipe orang yang suka berjemur di pagi hari untuk mendapatkan cahaya matahari, sangat mungkin Moms tidak mendapatkan jumlah vitamin D yang dibutuhkan. Selain itu, jika Moms memiliki kulit yang sangat sensitif, lebih baik hindari paparan sinar matahari.

Dalam kasus seperti itu, Moms harus mengonsumsi salmon untuk membantu tubuh memproduksi melanin, pigmen yang membantu melindungi kulit dari sinar UV serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Heboh Krisdayanti Suntik DNA Salmon, Ternyata Manfaatnya Segudang Lho!

Manfaat Salmon untuk Anak

Manfaat Salmon untuk Anak

Foto: Orami Photo Stock

Salmon juga bisa jadi bekal makan siang anak yang sehat lho Moms, apalagi manfaatnya juga banyak seperti berikut ini:

6. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah meningkatkan kinerja otak. Asam lemak omega-3 yang ada dalam salmon penting agar otak anak dapat berfungsi dengan baik. Asam lemak tak jenuh ganda ini bersifat neuroprotektif.

Selain itu, EPA dan DHA membantu meningkatkan pertumbuhan neurit pada tahap perkembangan otak. DHA juga membantu dalam diferensiasi sel induk saraf menjadi sel saraf dewasa.

Mengutip Front Aging Neuroscience, manfaat ini tak hanya didapatkan pada anak-anak, asam lemak omega-3 juga telah ditemukan mampu meningkatkan fungsi kognitif pada wanita yang lebih tua.

Jika anak mengalami kesulitan berkonsentrasi, maka asam lemak omega-3 ini juga akan membantu anak untuk mengingat dan berkonsentrasi sehingga kemampuan belajarnya meningkat. Oleh karena itu, sangat tepat jika Moms memberikan anak sajian ikan salmon dalam jumlah yang dibutuhkan untuk mendapatkan dosis asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otaknya.

7. Mencegah ADHD pada Anak

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah mencegah ADHD. Asam lemak omega-3, DHA dan EPA, juga memainkan peran penting namun berbeda di dalam tubuh. DHA bertanggung jawab untuk perkembangan otak sebelum dan sesudah melahirkan sementara EPA membantu mengontrol suasana hati dan perilaku.

Mengutip Journal of Clinical Therapeutic, para peneliti telah menemukan bahwa pemberian DHA dan EPA dalam kombinasi tertentu dapat membantu mengurangi gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) pada anak-anak. Kombinasi ini juga bermanfaat bagi anak autis dan disleksia.

8. Sumber Protein Yang Sangat Baik

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah sumber protein yang baik. Hanya dalam seperempat cangkir salmon, Moms bisa mendapatkan 13 gram protein, yakni bahan penyusun tubuh. Asam amino ini bergabung membentuk protein dan karenanya, penting bagi Moms dan anak untuk mendapatkan asam amino esensial dalam jumlah yang dibutuhkan.

Salmon adalah sumber asam amino esensial dan protein tanpa lemak. Protein juga merupakan gizi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Ia juga akan membantu membangun massa otot tanpa lemak untuk mendapatkan tubuh yang lebih kencang, meningkatkan kekuatan otot, mencegah rambut rontok, menekan nafsu makan, dan meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Manfaat Makan Ikan Sejak Kecil

Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Hamil dan Bayi

Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ikan salmon juga merupakan makanan bergizi tinggi untuk ibu hamil. Ia menyediakan lemak omega-3, iodium dan selenium. Namun, selama kehamilan, sebaiknya batasi ikan salmon dan beberapa jenis ikan berlemak lain seperti sarden dan mackerel tidak lebih dari dua kali seminggu.

Tidak perlu menghindari salmon asap di Inggris - aman dikonsumsi selama kehamilan. Tuna tidak lagi dianggap sebagai ikan berminyak, tetapi ia tetap harus dibatasi empat kaleng per minggu karena mungkin mengandung sedikit merkuri.

Sushi aman untuk dimakan jika dibuat dengan salmon yang dimasak matang. Jadi Moms mungkin perlu memeriksa kemasannya atau menanyakannya di restoran. Jika ragu, hindari sushi yang dibuat dengan ikan salmon mentah.

Nah, beberapa manfaat dari ikan salmon yang dikonsumsi selama hamil, antara lain:

9. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah meningkatkan suasana hati. Ya, salmon juga bisa membantu meningkatkan suasana Moms lho. Mengutip Tanushree Podder dalam bukunya "You Are What You Eat" asam lemak omega-3 yang ada dalam ikan salmon akan membantu mengurangi peradangan dan memberikan dukungan untuk kesehatan emosional, terutama untuk Moms yang masih hamil muda yang tengah mengalami fluktuasi hormon.

Hampir 30 persen dari sel-sel otak tertentu terdiri dari DHA, dan itu dikonfirmasi oleh para ilmuwan bahwa orang yang mengidap depresi memiliki kadar asam lemak omega-3 yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak. Moms bisa mendapatkan 2 gram asam lemak omega-3 dari satu porsi salmon, yang dapat menangkal perasaan sedih selama kehamilan.

10. Kaya akan Asam Lemak Omega-3

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dikenal karena banyak manfaatnya, kesehatan jantung yang baik, penglihatan yang lebih baik, dan peningkatan perkembangan saraf menjadi manfaat yang paling umum.

Mengkonsumsi nutrisi ini berarti Moms memastikan nutrisi yang baik untuk Moms dan bayi yang belum lahir.

11. Kaya Protein dan Vitamin

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah kaya protein dan vitamin. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan otot, dan vitamin sangat berperan dalam menjaga tingkat tekanan darah yang optimal, mencegah penyakit jantung, dan meningkatkan kekebalan.

Selain itu, vitamin sangat bagus untuk mata, kulit, dan rambut serta bekerja sebagai antioksidan, sehingga melawan racun.

12. Membantu Mencegah Persalinan Prematur

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah mencegah persalinan prematur. Ikan yang memiliki kandungan rendah lemak dan asam lemak omega-3 yang tinggi sangat bagus untuk tubuh, dan salmon adalah contoh sempurna untuk ini. Penelitian menunjukkan bahwa ikan ini, khususnya, membantu mencegah kelahiran prematur.

Baca Juga: 5 Ikan yang Baik Disajikan sebagai MPASI Bayi, Yuk Coba!

13. Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah mendukung tumbuh kembang bayi. Ikan salmon juga dapat diperkenalkan segera setelah bayi siap untuk mulai makan makanan padat atau MPASI, yang umumnya berusia sekitar 6 bulan. Saat menyajikan ikan untuk bayi, pastikan Moms memasak hingga benar-benar matang.

Moms juga tidak boleh menyajikan ikan salmon yang diawetkan, dikeringkan, diasinkan, atau ikan asap karena mereka mengandung natrium dalam jumlah tinggi yang tidak baik untuk bayi.

Mengutip Science Daily, Ikan salmon mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk berkembang, termasuk vitamin D, zat besi, selenium, dan seng.

Salmon juga salah satu sumber makanan laut utama asam lemak omega-3, termasuk DHA, yang merupakan bagian terbesar dari otak bayi dan sangat penting untuk perkembangan visual dan kognitif.

Namun, ikan bersirip seperti salmon juga kerap menyebabkan alergi pada beberapa orang. Seperti semua makanan baru, perkenalkan salmon dengan menyajikan sedikit saja dan melihat baik-baik efek yang mungkin terjadi usai bayi makan salmon. Jika tidak ada reaksi yang merugikan, secara bertahap tingkatkan jumlahnya ya Moms.

Jika Moms memiliki riwayat keluarga alergi, atau mencurigai bayi memiliki alergi ikan, konsultasikan dengan ahli alergi sebelum memperkenalkan makanan laut di rumah.

Artikel Terkait