KESEHATAN
18 Oktober 2020

8 Manfaat Infused Water untuk Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Moms, berikut ini manfaat infused water untuk kesehatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, pasti sudah tidak asing dengan infused water. Kebanyakan, orang mulai minum infused water untuk menurunkan berat badan atau kerap dikonsumsi sehabis berolahraga. Sebenarnya, manfaat infused water untuk kesehatan jauh lebih besar daripada itu.

Infused water aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, orang dewasa, hingga anak-anak.

Selain itu, manfaat infused water juga mampu menjaga kesehatan kulit kita, lho! Maka dari itu, simak ulasan berikut ini tentang manfaat infused water, ya!

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Minuman Isotonik? Berikut Penjelasannya

Apa yang Termasuk dalam Infused Water?

apa yang terdapat dalam infused water

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengenal manfaat infused water lebih jauh, sebenarnya minuman seperti apa yang termasuk dalam infused water?

Minuman yang terdiri dari air segar beserta potongan-potongan buah dan sayur yang dipadukan menjadi satu, itulah yang disebut infused water.

Sebenarnya, manfaat infused water sama halnya dengan Moms minum jus buah segar. Hal ini diungkapkan dalam studi dari Pakistan Journal of Nutrition pada tahun 2016 lalu.

Artinya, semakin banyak buah yang dimasukkan ke dalamnya, maka semakin kaya nutrisi yang bisa didapatkan.

Minuman ini rendah kalori dibandingkan minuman manis lainnya. Infused water memang mengandung gula, tapi gula tersebut termasuk gula-gula alami yang berasal dari buah, bukan dari gula buatan yang mengandung kalori tinggi.

Gula dalam buah bersifat fruktosa, artinya lebih mudah terserap dalam sirkulasi tubuh dan menstabilkan kadar glukosa darah.

Dengan begitu, bisa dikatakan manfaat infused water juga didapatkan berdasarkan buah dan sayuran apa saja yang dimasukkan ke dalam. Nah, lebih segar lagi apabila infused water dibuat dengan air dingin.

Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

Secara keseluruhan, infused water dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu di antaranya:

1. Menghidrasi Tubuh dengan Baik

menghidrasi tubuh dengan baik

Foto: freepik.com

Tahukah Moms bahwa ada tiga elemen penting yang diperlukan tubuh untuk menopang kehidupan.

Dilansir dari laman Prairie View A&M University, dalam urutan kebutuhannya adalah udara atau oksigen, air, dan nutrisi dari makanan. Hidrasi yang tepat penting untuk menjaga kesehatan pada tingkat sel.

Setiap sel dalam tubuh manusia bergantung pada air untuk berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, dehidrasi bukan hal sepele karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Manfaat infused water mampu mencegah terjadinya dehidrasi.

“Air memiliki manfaat kesehatan yang penting, begitu pula apabila dicampur dengan buah-buahan.

Cara ini menjadi cara yang tepat untuk menghidrasi tubuh tanpa kelebihan gula dan kalori,” ungkap Dr. Robert Parker dari Parker Health Solutions).

Jika Moms tidak mengonsumsi air dengan cukup, maka kondisi ini dapat mengakibatkan kejang otot, disfungsi ginjal, peningkatan risiko kanker kandung kemih, dan fatalnya adalah kematian. Jadi, jangan lupa untuk minum air yang cukup setiap harinya, ya!

Baca Juga: Yuk Bikin Nabeez, Infused Water Kurma Favorit Nabi!

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

menjaga kesehatan pencernaan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat infused water berikutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya.

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, maka saluran pencernaan juga ikut terjaga dengan baik. Moms akan terhindar dari beberapa penyakit pencernaan, seperti diare atau sembelit.

Nah, buah-buahan yang terdapat dalam infused water umumnya pasti mengandung air, seperti lemon, mentimun, buah-buahan beri, yang pada akhirnya juga memberikan hidrasi lebih untuk tubuh.

“Air membantu makanan melewati usus dan mencegah sembelit. Minum air dan tetap terhidrasi diperlukan untuk fungsi pencernaan. Pencernaan yang lebih mudah adalah salah satu manfaat terbesar air. Kombinasi buah yang berbeda dalam infused water juga membantu kesehatan pencernaan,” ujar Dr. Arturo Olivera, ahli gastroenterologi di Advocate Illinois Masonic Medical Center, Chicago.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

membantu menurunkan berat badan

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms yang saat ini sedang berusaha menurunkan berat badan, pasti sudah tidak asing dengan infused water.

Sebenarnya, apa yang membuat infused water dapat membantu menurunkan berat badan? Ingat, Moms kuncinya bukan buah-buahan atau sayuran yang bikin Moms langsing, tapi semua kembali pada asupan kalori.

Infused water memiliki kalori yang sangat sedikit, karena isinya adalah air, buah-buahan, dan bisa ditambah juga dengan sayuran.

Minum infused water akan menekan keinginan tubuh untuk mengonsumsi minuman manis lainnya yang mengandung kalori tinggi.

Jika dilakukan dalam waktu yang lama, maka manfaat infused water mampu membantu menurunkan berat badan.

Namun, cara efektif untuk menurunkan berat badan tentunya tidak hanya minum infused water, ya, Moms!

Pola makan yang sehat, rutin berolahraga, dan kualitas tidur yang cukup tetap menjadi kombinasi terbaik untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal.

Selain itu, hindari ngemil makanan yang mengandung gula atau pemanis buatan secara berlebihan apabila Moms ingin mendapatkan berat badan yang ideal.

Baca Juga: Mengenal Diet Defisit Kalori, Turunkan Berat Badan dengan Cepat!

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

meningkatkan daya tahan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Di masa pandemi seperti ini, kita dituntut untuk mampu menjaga daya tahan tubuh dengan baik agar terhindar dari penyakit.

Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti minum suplemen atau vitamin, pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, dan berolahraga.

Nah, manfaat infused water juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik. Mengapa demikian? Buah-buahan dan sayuran diketahui membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu, ketika buah dan sayuran dalam bentuk utuh dimasukkan ke dalam air akan memberikan lebih banyak nutrisi.

Buah-buahan dan sayuran yang mengandung antioksidan tinggi mampu menjaga tubuh dari radikal bebas yang akhirnya meningkatkan daya tahan tubuh. Apa saja buah dan sayuran dengan antioksidan yang tinggi?

Buah dan sayuran seperti jeruk, lemon, kiwi, stroberi, blueberry, tomat, dan mentimun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah asupan antioksidan dalam tubuh.

Meskipun memasukkan buah dan sayuran ke dalam air tidak masalah, pastikan Moms juga tetap mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang disarankan.

5. Baik untuk Kecantikan Kulit

baik untuk kesehatan kulit

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa manfaat infused water juga baik untuk kecantikan kulit? Manfaat satu ini bisa Moms dapatkan ketika infused water dicampurkan dengan buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

Dilansir dari jurnal Nutrients, vitamin C sudah terkenal penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C mampu menstimulasi sintesis kolagen dan membantu perlindungan antioksidan terhadap kerusakan foto akibat UV. Hasilnya, kulit menjadi lebih cerah, lembut, dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Selain itu, Moms bisa mendapatkan kulit yang lebih lembap dan terhidrasi ketika mencampurkan buah-buahan yang mengandung banyak air.

Nah, bingung kombinasi buah dan sayuran apa saja yang mendukung kecantikan kulit. Berikut ini infused water untuk kulit yang bisa Moms coba:

  1. Stroberi dan daun mint, untuk aroma yang menyegarkan dan menjadikan kulit lebih fresh.
  2. Melon dan mentimun, kaya vitamin dan bermanfaat untuk kesehatan kulit.
  3. Biji delima, jeruk, dan buah-buahan beri, mampu menjaga kekebalan tubuh dan merawat kulit lebih sehat.
  4. Lemon, nanas, dan mentimun, kaya antioksidan dan vitamin C sehingga baik untuk kecantikan kulit.
  5. Buah sitrus (jeruk, lemon, atau jeruk nipis) dan daun mint, menyegarkan dan kaya vitamin C sehingga baik untuk kesehatan kulit.
  6. Kiwi dan blackberry, kiwi memiliki lebih banyak vitamin C daripada jeruk dan mengandung vitamin K, tembaga, serat dan vitamin. Semua komponen bermanfaat ini dicampur dengan blackberry dalam infused water.
  7. Grapefruit dan rosemary, kaya akan antioksidan sehingga baik untuk kesehatan kulit serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Itulah beberapa manfaat infused water yang bisa didapatkan untuk tubuh secara keseluruhan. Ternyata, infused water juga bermanfaat untuk ibu hamil, lho! Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit dan Kecantikan

Manfaat Infused Water untuk Ibu Hamil

Jika Moms minum infused water saat hamil dengan takaran yang tepat, maka dapat mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh, yaitu:

6. Membantu Meredakan Mual dan Muntah

membantu meredakan mual dan muntah

Foto: Orami Photo Stock

Di trimester pertama, ibu hamil umumnya akan mengalami morning sickness yang ditandai dengan mual, muntah, tubuh mudah lemas, dan nafsu makan mudah berubah. Hal ini yang membuat banyak ibu hamil justru mengalami penurunan berat badan saat awal kehamilan.

Nah, menurut American College of Nurse-Midwives, manfaat infused water mampu meredakan gejala morning sickness ini.

Infused water yang dicampurkan dengan lemon membantu meredakan mual dan muntah, yang umumnya sering terjadi saat trimester pertama kehamilan.

Selain lemon, beberapa buah yang bisa jadi pilihan untuk dijadikan infused water, seperti jeruk, melon, stroberi, blueberry, mangga, raspberry, dan kiwi. Sedangkan, sayuran yang bisa dijadikan pilihan juga seperti timun, basil, dan daun mint.

7. Mencegah Sembelit

mencegah sembelit

Foto: Orami Photo Stock

Sembelit menjadi salah satu masalah pencernaan yang rentan terjadi pada ibu hamil. Kok bisa?

Dilansir dari American Pregnancy Association, sembelit terjadi bila ada sakit perut atau ketidaknyamanan, sulit dan jarang buang air besar, dan buang air besar yang keras.

Sembelit memengaruhi sekitar setengah dari semua wanita di beberapa titik selama kehamilan mereka.

Faktor hormonal menjadi faktor penyebab utama dari kejadian konstipasi pada ibu hamil. Saat trimester awal, Moms akan mengalami peningkatan kadar hormon progesteron yang memengaruhi banyak hal, termasuk salah satunya adalah sistem pencernaan.

Sembelit saat hamil tentunya membuat tubuh terasa tidak nyaman. Nah, manfaat infused water mampu mencegah sembelit pada ibu hamil atau paling tidak meredakan gejala yang ada.

Hal ini karena infused water dicampurkan dengan buah-buahan yang mengandung serat dan air. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, maka hal ini mampu mencegah sembelit pada ibu hamil.

Baca Juga: 5 Pengobatan Alami untuk Sembelit Bagi Ibu Hamil

8. Memberi Energi untuk Ibu Hamil

memberikan energi untuk bumil

Foto: Orami Photo Stock

Mengapa ibu hamil akan lebih rentan untuk kelelahan dan energinya cepat terkuras? Hal ini bahkan sering terjadi sejak awal kehamilan ketika ukuran perut belum membesar.

Moms, tekanan darah akan turun secara alami selama kehamilan karena perubahan hormonal mengendurkan sistem kardiovaskular dan menyebabkan pembuluh darah membesar.

Tekanan darah rendah tersebut bisa membuat Moms mudah merasa lemas dan pusing. Oleh karena itu, asupan nutrisi sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh saat hamil.

Manfaat infused water yang bisa dirasakan ibu hamil adalah memberikan energi yang lebih untuk ibu hamil.

Manfaat ini bisa didapatkan ketika Moms mencampurkan buah-buahan yang mengandung fruktosa ke dalam infused water. Selain itu, sistem kekebalan tubuh Moms juga dapat meningkat saat minum infused water.

Itulah manfaat infused water yang penting untuk ibu hamil. Nah, jadi mulai sekarang minum infused water untuk menunjang kesehatan tubuh, ya!

Artikel Terkait