KESEHATAN
22 September 2020

Ini Dia 11 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

Selain mengatasi sembelit, ini adalah daftar manfaat lain dari jagung untuk ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat hamil, ibu hami harus mendapatkan makanan yang bergizi. Selain dari nasi, sumber karbohidrat lain bisa Moms dapatkan dari jagung.

Namun hingga kini masih ada yang mempertanyakan tentang keamanan jagung bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, apakah memang ada manfaat jagung untuk ibu hamil?

Jagung adalah salah satu sereal biji-bijian yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Mengandung serat, vitamin, dan mineral, jagung sebenarnya boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil.

Saat hamil, Moms boleh makan jagung dalam jumlah sedang, karena banyak manfaat jagung untuk ibu hamil.

Meski begitu, potensi efek samping jagung bisa saja terjadi jika berlebihan mengkonsumsinya.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh National Center of Biotechnology Information pada kelompok kecil pada tikus, asupan asam lemak tak jenuh ganda seperti jagung dapat mengubah perilaku dan aktivitas bayi mereka. Ini juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Jika Moms didiagnosis menderita penyakit jantung, kurangi asupan jagung karena mengandung asam lemak. Selain itu, intoleransi gluten adalah kondisi umum yang disebabkan oleh respons auto-imun terhadap gluten dalam gandum, gandum hitam, dan barley.

Jagung mengandung juga zein yang berhubungan dengan gluten dan dapat menunjukkan gejala seperti intoleransi gluten, seperti kelelahan, kembung dan penurunan berat badan.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi jagung segar dalam jumlah terbatas. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang manfaat jagung untuk ibu hamil berikut ini, Moms.

Baca Juga: 9+ Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin

Kandungan Nutrisi Jagung

nutrisi jagung

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mencari tahu apa saja yang menjadi manfaat jagung untuk ibu hamil. Moms dapat mengetahui kandungan dari nutrisi jagung.

Dilansir Food Data Central AS, dalam 100 g jagung mentah, terdiri dari: Kalori: 96 %, Air: 73%, Protein: 3.4 g, Karbohidrat: 21 g, Gula: 4.5 g, Serat: 2.4 g, dan Lemak: 1,5 g.

1. Karbohidrat

Jagung, seperti semua biji-bijian sereal lainnya terdiri dari banyak karbohidrat. Karbohidrat utama terdiri dari pati, yang terdiri dari 28–80% dari berat keringnya.

Ini juga memberikan sedikit gula (1-3%). Akan tetapi, jagung manis adalah varietas istimewa dengan tepung rendah yang memiliki kandungan gula lebih tinggi, hampir 18% dari berat keringnya.

Sebagian besar gula adalah sukrosa. Meskipun gula dalam jagung manis, peringkatnya rendah atau sedang pada indeks glikemik (GI)

2. Serat

Jagung mengandung serat yang cukup banyak. Satu kantong sedang (112 gram) popcorn memiliki sekitar 16 gram serat. Ini adalah sekitar 42% dan 64% dari Nilai Harian (DV) masing-masing untuk laki-laki dan perempuan.

Meskipun kandungan seratnya bervariasi menurut jenis jagung yang berbeda, pada umumnya sekitar 9–15% dari berat keringnya. Serat yang dominan pada jagung tidak larut, seperti hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

Baca Juga: Resep Lumpia Jagung Keju, Pas untuk Camilan Keluarga!

3. Protein

Jagung merupakan sumber protein yang memiliki kadar protein berkisar antara 10–15% tergantung pada varietasnya. Protein yang dikenal sebagai jagung adalah yang paling melimpah karena memiliki 44-79% dari total kandungan protein.

Inilah yang membuat jagung banyak digunakan dalam industri, karena digunakan dalam produksi perekat, tinta, dan pelapis untuk pil, permen, dan kacang.

4. Vitamin dan Mineral

Jagung mungkin mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral. Khususnya, jumlah vitamin dan mineral sangat bervariasi tergantung pada jenis jagung.

Secara umum, popcorn kaya akan mineral, sedangkan jagung manis lebih tinggi jenis vitaminnya.

Baca Juga: Perut Kembung dan Terasa Penuh Sering Jadi Pertanda Awal Hamil, Hindari 4 Makanan Berikut

Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

Jadi, apa saja manfaat jagung untuk ibu hamil?

1. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat dalam jagung dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, yang mungkin akan dialami selama awal kehamilan, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of California, Berkeley.

Ini menjadi manfaat jagung untuk ibu hamil yang pertama.

2. Menunjang Kesehatan Mata

manfaat jagung untuk ibu hamil-untuk kesehatan mata

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat jagung untuk ibu hamil selanjutnya adalah berkontribusi terhadap kesehatan mata.

Jagung mengandung zat karotenoid yang disebut zeaxanthin yang memiliki sifat oksidatif. Zeaxanthin dapat membantu mencegah degenerasi makula pada mata, dikutip dari British Journal of Ophthalmology.

Meski begitu, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh National Center of Biotechnology Information, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan peran karotenoid dalam mencegah gangguan tertentu yang dapat memengaruhi bayi.

3. Menghindari Cacat Lahir

Jagung memiliki asam folat yang diperlukan selama kehamilan untuk mengurangi risiko spina bifida dan malformasi saraf lainnya pada bayi, dikutip Home & Garden Information Center; Clemson University (2005).

Menghindari cacat lahir menjadi manfaat jagung untuk ibu hamil.

Selain itu, asam folat sangat penting tidak hanya untuk kehamilan tetapi juga kehamilan dan saat menyusui.

Baca Juga: Ibu Hamil, Konsumsi 5 Makanan Sumber Folat Ini Agar Kesehatan Janin Optimal

4. Meningkatkan Fungsi Otot dan Sistem Saraf

manfaat jagung untuk ibu hamil-untuk sistem saraf dan otot

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat jagung untuk ibu hamil selanjutnya adalah mendukung metabolisme energi dan meningkatkan fungsi otot dan sistem saraf.

Jagung mengandung tiamin yang berperan dalam metabolisme energi dan penting untuk fungsi otot dan sistem saraf, dikutip dari Oxford Medicine dan National Institute of Health.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Beta-karoten dalam jagung mengandung vitamin A yang dibutuhkan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan serta perkembangan bayi yang sehat, dilansir Oregon State University.

Sehingga, manfaat jagung untuk ibu hamil ini dapat membantu menjaga imunitas tubuh Moms.

Baca Juga: Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil Sesuai Usia dan Makanan yang Disarankan Agar Tulang Kuat

6. Meningkatkan Daya Memori

manfaat jagung untuk ibu hamil-untuk daya ingat

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat jagung untuk ibu hamil dapat membantu Moms membeli bahan makanan tanpa daftar belanjaan, karena jagung juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya memori pada ibu hamil lho!

Selain itu, rutin mengkonsumsi jagung dengan beragam bentuk juga akan meningkatkan perkembangan otak pada janin.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat jagung untuk ibu hamil penuh dengan antioksidan seperti lutein yang berperan dalam meningkatkan penglihatan bayi yang belum lahir.

Dengan memakan jagung, terkandung beta-karoten yang menghasilkan vitamin A dalam tubuh. Jagung sangat baik untuk penglihatan dan kulit secara umum.

Beta-karoten juga memiliki antioksidan dalam jumlah tinggi yang dapat mencegah kanker dan penyakit jantung. Karena vitamin A bisa menjadi racun jika tertelan dalam jumlah tinggi, yang terbaik adalah mendapatkan vitamin A melalui beta-karoten dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil, Tengok di Sini

8. Mencegah Kanker

11 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil -8

Foto: Orami Photo Stock

Para ahli percaya bahwa antioksidan yang ada pada jagung dapat mencegah terjadinya beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara. Kandungan antioksidan pada jagung menjadi manfaat jagung untuk ibu hamil yang lain.

Antioksidan sangat penting karena menghilangkan radikal bebas dalam sistem tubuh. Penumpukan radikal bebas inilah yang seringkali memicu terjadinya kanker.

Selain itu, jagung juga dikenal karena kemampuannya untuk menginduksi apoptosis pada sel kanker, dan membiarkan sel kesehatan tidak terpengaruh. Jagung juga mengandung fitokimia yang juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

9. Menurunkan Resiko Tumor

Manfaat jagung untuk ibu hamil juga termasuk kandungan senyawa fenolik seperti asam ferulic yang dapat menurunkan risiko tumor.

Baca Juga: 5 Makanan Pengganti untuk Alergi Makanan pada Ibu Hamil

10. Meningkatkan Imunitas

11 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil -10

Foto: Orami Photo Stock

Jagung kaya vitamin A. itu akan membantu menjaga kulit tetap sehat, meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh saat hamil, dan meningkatkan daya ingat selama kehamilan.

11. Meningkatkan Kolesterol Baik

Asupan minyak kulit jagung selama kehamilan dapat meningkatkan penurunan LDL plasma dan meningkatkan keberadaan kolesterol baik dalam tubuh. Ini menjadi manfaat jagung untuk ibu hamil yang patut diketahui.

Berbagai Bentuk Jagung

ragam bentuk jagung

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui ragam manfaat jagung untuk ibu hamil. Tentunya, tanaman jagung sendiri dapat diolah menjadi ragam bahan makanan.

Jagung tersedia dalam berbagai bentuk seperti tepung jagung, minyak jagung, sirup jagung, popcorn, dan lain sebagainya. Tetapi, apakah semuanya sama-sama memiliki manfaat jagung untuk ibu hamil?

Sebenarnya, jagung segar memang sangat menyehatkan tidak semua turunan jagung aman dan bahkan sebaiknya dihindari selama kehamilan.

Memasak jagung manis akan meningkatkan manfaatnya. Dalam studi Cornell, para peneliti menemukan bahwa meskipun jagung manis kehilangan vitamin C selama memasak, aktivitas antioksidannya meningkat.

Studi menunjukkan makan makanan tinggi antioksidan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung serta penyakit Alzheimer, katarak, dan masalah kesehatan lain yang terkait dengan penuaan.

"Ada anggapan bahwa buah dan sayuran olahan memiliki nilai gizi yang lebih rendah daripada produk segar. Gagasan asli tersebut tampaknya salah, karena jagung manis yang dimasak tetap mempertahankan aktivitas antioksidannya, meskipun vitamin C telah hilang," kata Rui Hai Liu, asisten profesor ilmu pangan di Universitas Cornell, yang juga penulis utama artikel.

Moms harus menghindari beberapa bentuk jagung, seperti popcorn dengan mentega, garam atau gula yang mengandung sodium dan transfat, jagung kalengan karena berisiko dari BPA, tepung jagung karena hanya mengandung karbohidrat, sirup jagung karena tinggi gula, dan minyak jagung karena tinggi lemak dan kalori.

Karena itu, untuk mendapatkan manfaat jagung untuk ibu hamil yang maksimal, Moms cukup mengonsumsinya langsung dengan mengukusnya terlebih dahulu sebagai camilan.

Berikut ini penjelasan tentang beberapa jenis olahan jagung, serta seberapa besar manfaat jagung untuk ibu hamil.

1. Jagung Rebus

Jagung sebagai rebus manis dan segar sangat bergizi dan aman untuk dikonsumsi selama kehamilan hingga 3 sampai 4 gelas. Indeks glikemik jagung adalah 52, yang jatuh di bawah kisaran kisaran menengah.

2. Tepung Jagung atau Maizena

Jagung dengan jenis tepung hanya mengandung karbohidrat. Tidak disarankan mengonsumsi tepung maizena secara rutin.

Selama kehamilan, Moms membutuhkan vitamin, mineral, dan protein dalam yang jumlah besar untuk mengatasi masalah ini. Saat Moms makan tepung maizena, yang didapatkan hanyalah karbohidrat yang akan menurunkan nafsu makan.

3. Cornflakes

Cornflakes memiliki indeks glikemik tinggi 81. Artinya, pelepasan glukosa ke aliran darah lebih cepat. Pada perempuan yang mengalami obesitas, risiko kelainan menjadi empat kali lipat dengan mengonsumsi makanan tinggi GI.

Moms hanya membutuhkan sekitar 1800-2400 kalori per hari selama kehamilan. Cornflakes bisa berkontribusi maksimal hanya 350 yang setara dengan 2-3 cangkir (55-85 gram).

4. Popcorn

Popcorn memang sehat dan kaya serat, tetapi hindari konsumsi berlebihan karena mengandung garam dan lemak trans yang tinggi. 1 cangkir ukuran sedang sesekali masih boleh untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut selama Hamil dengan Makanan Ini

Tips Membeli dan Menyimpan Jagung

tips membeli jagung

Foto: Orami Photo Stock

Selain mengetahui apa yang menjadi manfaat jagung untuk ibu hamil, MOms juga perlu tahu seperti apa tips membeli dan menyimpan jagung.

Saat membeli jagung, coba cari sekam yang berwarna hijau, serta hanya pilih jagung segar. Moms dapat memeriksa kesegarannya dengan menarik kulitnya dan menusuk bijinya dengan kuku jari.

Jika kennel jagung keras tetapi lembut dan mengeluarkan sedikit sari buah saat ditusuk, berarti masih segar. Di sisi lain, jika berubah warna atau penyok, berarti berkurang kesegarannya.

Jagung yang terpapar suhu tinggi dapat kehilangan sedikit rasa manisnya, karena gula diubah menjadi pati. Karena itu, biarkan jagung tetap disekam dan taruh di lemari es.

Jika Moms telah mengupas jagung, masukkan ke dalam kantong plastik, dan kemudian masukkan ke dalam kulkas. Bila ingin makan jagung segar, makanlah segera setelah Moms membawanya pulang setelah membelinya.

Jangan membuang sekam untuk mempertahankan kesegaran jagung. Ibu hamil harus makan jagung segar, bukan jagung kaleng atau beku.

Untuk mendapatkan manfaat jagung untuk ibu hamil yang optimal, hindari juga menaburkan pemanis buatan pada biji jagung. Saat menyimpan tongkolnya, jaga kulitnya tetap utuh untuk menjaga kesegarannya.

Saat menyimpan biji jagung, disimpan di dalam freezer. Pilihlah jagung manis segar daripada jagung beku jagung kalengan.

Mengenali manfaat jagung untuk ibu hamil akan memudahkan Moms dalam mengolahnya menjadi berbagai makanan sehat dan enak.

Artikel Terkait