KESEHATAN
27 Maret 2020

Konon Berkhasiat Atasi Virus Corona, Ini 5 Manfaat Jahe Merah

Menjadi salah satu bahan jamu empon-empon yang konon dapat menangkal virus corona.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Setelah langkanya cairan pembersih cuci tangan (hand sanitizer) dan masker, masyarakat Indonesia mulai 'berburu' jahe merah karena dianggap dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan virus corona (COVID-19).

Meskipun hingga saat ini belum ada studi yang menunjukkan kemampuan jahe merah dalam melawan infeksi virus corona, tetapi ada manfaat jahe merah lainnya yang tak kalah menarik.

Baca lebih lanjut tentang manfaat jahe merah berikut ini ya, Moms.

Manfaat Jahe Merah

Jahe merah merupakan salah satu jenis varietas jahe, yang memiliki nama latin Zingiber officinale varieties rubrum, dengan aroma dan rasa pedas yang lebih kuat.

Cari tahu apa saja manfaat dari jahet merah berikut ini.

Baca Juga: Inilah 7 Khasiat Jahe untuk Menjaga Kesehatan Balita Secara Alami

1. Dapat Mengobati Penyakit Peradangan

manfaat jahe merah-1

Foto: Orami Photo Stock

Tumbuhan herbal ini memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga manfaat jahe merah dapat mengurangi dan meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan.

Mengutip Springer Nature, penyakit yang disebabkan oleh gangguan peradangan contohnya seperti alergi, asma, penyakit autoimun, penyakit seliaka, hepatitis, penyakit radang usus, dan penolakan transplantasi.

Dalam Journal of Medicinal Food, disebutkan bahwa jahe merah telah diresepkan sebagai analgesik untuk nyeri radang sendi dalam pengobatan tradisional Indonesia.

2. Mengurangi Stres Oksidatif

manfaat jahe merah-2

Foto: Orami Photo Stock

Jahe merah merupakan tanaman dengan sumber antioksidan yang sangat baik. Penelitian dalam jurnal Biomolecular and Clinical Aspects, menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi berbagai jenis stres oksidatif.

Stres oksidatif terjadi ketika terlalu banyak radikal bebas menumpuk di dalam tubuh. Radikal bebas ini adalah zat beracun yang dihasilkan oleh metabolisme dan faktor lain.

Karena itu, mengonsumsi makanan dengan tingkat antioksidan tinggi menjadi cara menghilangkan radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya kanker.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Sebagai Working Moms

3. Punya Kandungan Antibakteri

manfaat jahe merah-3

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Fitofarmaka, disebutkan bahwa manfaat jahe merah dapat menekan pertumbuhan berbagai bakteri menular yang umum, termasuk Staphylococcus aureus dan Listeria monocytogenes.

Bakteri Staphylococcus aureus bisa menyebabkan beberapa infeksi kulit ringan seperti jerawat, impetigo, bisul, selulitis, folikulitis, hingga kondisi yang berat seperti penyakit pneumonia, meningitis, osteomielitis, dan sindrom syok toksik.

Sementara, bakteri Listeria monocytogenes dapat menyebabkan penyakit meningitis.

Selain itu, penggunaan jahe merah memberikan manfaat dengan menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori, yang bisa memerangi penyakit saluran pencernaan.

4. Cocok untuk Penderita Diabetes

manfaat jahe merah-4

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diabetes terjadi ketika pankreas tidak memproduksi cukup insulin (hormon yang mengatur gula darah), atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkan secara efektif.

Moms perlu juga mengonsumsi jahe merah, karena ada manfaat jahe merah bagi penderita diabetes, karena kandungan zat di dalamnya.

Dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology, dilakukan penelitian pada tikus dengan diabetes tipe 1 menggunakan jus jahe merah. Hasilnya, terjadi peningkatan kadar insulin yang signifikan dan penurunan kadar glukosa yang cepat.

Pengobatan dengan jahe merah juga menyebabkan penurunan kolesterol serum, trigliserida serum dan tekanan darah pada tikus dengan kondisi diabetes.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Penderita Diabetes saat Hamil

5. Dapat Meredakan Mual

manfaat jahe merah-5

Foto: Orami Photo Stock

Tentunya sudah Moms tahu bahwa jahe secara umum dapat meredakan mual. Ini juga menjadi yang sama pada jahe merah.

Studi pada 2010 dari jurnal Pediactric Blood & Cancer, meneliti efek suplemen bubuk jahe terhadap mual pada 60 anak-anak dan dewasa muda yang menjalani kemoterapi.

Hasilnya, menunjukkan bahwa terjadi pengurangan rasa mual pada sebagian besar orang yang meminumnya.

Itu dia, manfaat jahe merah yang dianggap bisa melawan penyakit virus corona COVID-19.

Meski belum ada studi yang menunjukkan efektivitas jahe merah terhadap virus corona, tidak ada salahnya mencoba untuk merasakan manfaat lainnya, ya.

Selain menjaga kesehatan dengan minum jamu, pastikan Moms tetap melindungi keluarga dan orang-orang tersayang dengan mengikuti anjuran pemerintah serta tenaga medis ya, Moms.

Sebisa mungkin jangan keluar rumah untuk mengindari terinfeksi virus corona. Bila bosan di rumah saja, tenang saja, Moms!

Soalnya Orami memiliki promo lindungi keluarga yang sangat menarik, jadi Moms bisa menghabiskan waktu di rumah sambil shopping!

Moms bisa berbelanja berbagai kebutuhan secara mudah dan dengan harga yang miring. Orami juga menjamin kebersihan produk, gudang, dan kurir, sehingga Moms tidak perlu khawatir untuk berbelanja di Orami!

Artikel Terkait