TRIMESTER 2
24 September 2020

8 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Penuh Gizi!

Kacang almond cocok dijadikan camilan sehat untuk ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, pernah mendengar kabar bahwa makan kacang-kacangan saat hamil bisa bikin anak jadi alergi saat lahir nanti?

Wah, sebaiknya segera buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Hal tersebut hanya menjadi mitos yang tidak dibuktikan secara ilmiah. Mitos ini juga sudah dibantah oleh Journal of Allergy and Clinical Immunology.

Kacang-kacangan justru menjadi camilan sehat bagi ibu hamil. Salah satu jenis kacang yang bisa Moms pilih adalah kacang almond. Lalu, apa saja manfaat kacang almond untuk ibu hamil?

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Peanut Butter atau Almond Butter?

Nutrisi Kacang Almond untuk Ibu Hamil

nutrisi kacang almond

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui tentang manfaat kacang almond untuk ibu hamil, tidak ada salahnya bila Moms mengetahui nutrisi dari kacang almond. Almond adalah makanan yang sarat dengan vitamin, mineral, protein, dan lemak sehat yang dibutuhkan wanita selama kehamilan.

Mengutip Healthy Eating, satu porsi 1 ons almond mentah mengandung 6 gram protein, yang merupakan 8,5 persen dari tunjangan diet harian yang direkomendasikan, untuk wanita hamil. Karena tubuh manusia seluruhnya terdiri dari protein, jadi manfaat kacang almond untuk ibu hamil sangat penting untuk perkembangan bayi.

Riboflavin adalah vitamin B kunci dalam nutrisi kehamilan. Kekurangan riboflavin telah dikaitkan dengan peningkatan risiko preeklamsia, suatu kondisi pada wanita hamil yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, retensi air dan protein dalam urin. Satu porsi almond mentah 1 ons menyediakan 23 persen dari RDA harian untuk wanita hamil.

Mineral magnesium memainkan berbagai peran penting dalam pertumbuhan, dan asupan yang cukup selama kehamilan sangat penting untuk perkembangan embrio dan janin. Wanita hamil bisa mendapatkan 20 persen dari RDA untuk magnesium dengan makan 1 ons almond mentah.

Selain itu, amond juga kaya akan asam lemak tak jenuh ganda. Lemak sehat ini membantu menurunkan kolesterol tidak sehat, dan juga membantu perkembangan otak dan mata bayi. Almond paling tinggi dalam jenis lemak tak jenuh ganda yang disebut asam linoleat, dengan 1 ons menawarkan 27 persen dari RDA wanita hamil.

Baca Juga: Manfaat Makan Kacang Rebus untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Tidak disangka, ternyata ada ragam manfaat bisa Moms dapatkan dengan makan kacang almond untuk ibu hamil. Cari tahu apa saja manfaatnya berikut ini.

1. Mengandung Asam Folat

Kenali Manfaat Kacang Almond untuk Bumil-1.jpg

Foto: newsroom.almonds.com

Kacang almond adalah salah satu sumber asam folat terbaik yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Ini menjadi manfaat kacang almond untuk ibu hamil yang pertama.

Menurut studi yang dikembangkan dalam jurnal The Lancet, kandungan folat secara signifikan membantu dalam perkembangan otak dan sistem neurologis bayi. Asam folat juga penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Selama kehamilan, Moms membutuhkan sekitar 400 mcg asam folat.

“Makanan yang kaya dengan asam folat, yaitu sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan kubis, kacang-kacangan, dan buah jeruk. Makanan lainnya seperti roti, sereal, dan pasta juga diperkaya dengan asam folat. Jika diperlukan, suplemen asam folat juga bisa dikonsumsi,” ungkap Dr. Diane Ashton, wakil direktur medis untuk March of Dimes.

Baca Juga: 5 Makanan Pengganti untuk Alergi Makanan pada Ibu Hamil

2. Menjadikan Anak Lebih Cerdas

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil juga bisa membuat Si Kecil cerdas. Studi yang dilakukan oleh Barcelona Institute for Global Health mengungkapkan, wanita yang mengonsumsi kacang di awal kehamilan akan melahirkan anak-anak yang lebih cerdas. Anak juga akan memiliki daya ingat yang lebih baik, tingkat perhatian yang lebih tinggi, dan lebih banyak keterampilan dalam berpikir.

Selain kacang almond, Moms juga bisa mendapatkan nutrisi yang sama dengan mengonsumsi jenis kacang-kacangan lainnya, seperti kenari, kacang tanah, dan hazelnut yang juga mengandung asam lemak sehat untuk kesehatan tubuh.

3. Mencegah Kenaikan Berat Badan yang Berlebihan

Kenali Manfaat Kacang Almond untuk Bumil-3.jpg

Foto: womenshealth.gov

Berat badan ibu hamil memang pasti akan naik, namun pastikan tidak berlebihan, ya Moms! Kenaikan berat badan berlebih dapat mengakibatkan diabetes gestasional dan ini berbahaya untuk kesehatan Moms dan janin.

Untuk itu, jadikan kacang almond sebagai camilan yang sehat dan mencegah kelebihan berat badan berlebihan pada ibu hamil. Ini menjadi manfaat kacang almond untuk ibu hamil selanjutnya.

Mengonsumsi almond setiap hari akan membuat rasa kenyang lebih lama dan meningkatkan hormon leptin yang mengurangi nafsu makan. Almond juga berperan dalam menjaga agar berat badan tetap ideal dan tubuh tetap sehat.

Baca Juga: 6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil, Tengok di Sini

4. Memenuhi Kebutuhan Zat Besi

Moms, tahukah bahwa zat besi dibutuhkan selama kehamilan? Nah, 1 ons kacang almond mengandung 1,1 mg zat besi yang memenuhi 6 persen dari kebutuhan zat besi harian ibu hamil.

Kebutuhan zat besi akan sangat tinggi terutama pada trimester pertama. Oleh sebab itu, Moms bisa mengonsumsi almond untuk memenuhi kebutuhan tersebut sebagai manfaat kacang almond untuk ibu hamil.

5. Mengandung Kalsium

Kenali Manfaat Kacang Almond untuk Bumil-5.jpg

Foto: mom.com

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil selanjutnya adalah bisa menjadi asupan kalsium. Kacang almond tidak hanya mengandung zat besi, melainkan juga kalsium. Satu ons almond menyediakan sekitar 75 mg kalsium.

Nah, manfaat almond yang satu ini dapat membantu menurunkan risiko preeklamsia dan membantu pembentukan tulang dan gigi pada bayi yang belum lahir. Ketika kebutuhan kalsium saat hamil berkurang, maka nantinya akan mengambil dari tulang Moms, sehingga dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas?

6. Kaya Akan Kandungan Protein

Mengutip Almond Board of California, manfaat kacang almond untuk ibu hamil sebagai asupan kandungan protein yang tinggi, dan membantu perkembangan massa otot yang sehat pada bayi yang sedang tumbuh.

Ini juga mendorong kekuatan pada ibu untuk mengatasi nyeri ketika persalinan. Kacang almond juga dapat membantu menjaga berat lahir bayi yang sehat.

7. Sebagai Asupan Vitamin E

manfaat kacang almond untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Kacang almond mengandung vitamin E. Vitamin E mengandung antioksidan yang cukup tinggi, seperti tokoferol. Mengutip U.S Department of Agriculture, satu ons (28,4 g) kacang almond polos memberikan 7,27 miligram (mg) vitamin E, yang merupakan sekitar setengah dari kebutuhan harian seseorang.

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil yaitu kandungan vitamin E dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan oksidatif dalam tubuh. Kerusakan ini bisa terjadi bila terlalu banyak radikal bebas yang menumpuk.

Radikal bebas dihasilkan dari proses alami tubuh dan tekanan lingkungan. Tubuh dapat menghilangkan banyak dari mereka, tetapi antioksidan makanan membantu menghilangkannya juga. Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang mengakibatkan kerusakan sel. Hal ini dapat menimbulkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Dalam jurnal IOS Press, para ilmuwan juga secara tentatif mengaitkan asupan vitamin E yang lebih tinggi dengan risiko penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

Baca Juga: Seberapa Penting Periksa Gula Darah Saat Hamil?

8. Berkontribusi dalam Menjaga Kadar Gula Darah

Ada beberapa bukti bahwa manfaat kacang almond untuk ibu hamil juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Banyak penderita diabetes tipe 2 memiliki kadar magnesium yang rendah. Kekurangan sering terjadi pada mereka yang mengalami kesulitan mengelola kadar gula darahnya.

Dalam World Journal of Diabetes, para ilmuwan telah menyarankan mungkin ada hubungan antara kekurangan magnesium dan resistensi insulin. Dalam sebuah studi 2011, 20 orang dengan diabetes tipe 2 makan 60 g almond sehari selama 12 minggu. Secara keseluruhan, mereka melihat peningkatan dalam kadar gula darah, serta kadar lipid darah atau lemak.

Satu ons kacang almond menyediakan 76,5 mg magnesium, atau antara 18% dan 24% kebutuhan harian orang dewasa. Beberapa ahli menyarankan penggunaan suplemen magnesium untuk meningkatkan profil gula darah, tetapi almond mungkin menawarkan sumber makanan yang sesuai.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Minyak Almond yang Perlu Diketahui

Cara Makan untuk Mendapatkan Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Kenali Manfaat Kacang Almond untuk Bumil-2.jpg

Foto: momjunction.com

Berkat teknologi modern, Moms tidak hanya bisa mengonsumsi kacang almond langsung, tetapi dapat diolah menjadi minuman, dipanggang, atau diolah dengan cara lain.

1. Konsumsi dalam Susu Almond

Susu kacang almond bisa menjadi pilihan alternatif produk susu yang bagus. Moms dapat menuangkan susu almond di atas sereal, atau tambahkan ke dalam smoothie atau langsung diminum. Moms juga dapat mengganti yogurt biasa untuk alternatif kaya antioksidan dan menggunakannya sebagai camilan, parfait atau saus untuk salad.

2. Gunakan Mentega Almond

Selain itu, mentega almond juga menjadi bentuk olahan yang dapat memberikan manfaat kacang almond untuk ibu hamil. Moms bisa menggunakan mentega almond layaknya selai kacang, oleskan pada sandwich, dengan batang seledri dan irisan apel, atau dicampur ke dalam oatmeal.

3. Taburan Kacang Almond

Cara lain untuk bisa merasakan manfaat kacang almond untuk ibu hamil adalah dengan olahan taburan kacang almond. Moms dapat mencampurnya ke dalam hidangan yogurt kental, kue, atau smoothie lezat, atau bahkan dimakan langsung.

Jika Moms ingin membuatnya gurih, campurkan garam. Bila ingin camilan yang manis, pangganglah kacang almond dengan sedikit gula dan rempah-rempah dan semuanya enak.

Baca Juga: Makan Kacang saat Hamil, Benarkah Bikin Anak Jadi Alergi?

Risiko Mengonsumsi Kacang Almond

Kenali Manfaat Kacang Almond untuk Bumil-4.jpg

Foto: momjunction.com

Meskipun ada segudang manfaat kacang almond untuk ibu hamil, tetapi Moms perlu mengetahui adanya potensi risiko yang berkaitan dengan konsumsi kacang almond.

1. Alergi Terhadap Kacang dan Produknya

Terlepas dari manfaat kacang almond untuk ibu hamil, jika Moms memiliki alergi kacang maka harus menghindari konsumsi kacang almond. Jika Moms mengalami gatal-gatal, bengkak, dan kesulitan bernapas setelah makan almond, maka harus segera mencari bantuan medis. Suatu kondisi yang dikenal sebagai anafilaksis dapat berkembang dengan cepat dan dapat mengancam nyawa.

Moms yang mengalami alergi diketahui harus memeriksa kemasan makanan yang sudah jadi dan memastikan bahwa hidangan di restoran tidak mengandung kacang.

2. Mengalami Tersedak

Anak kecil, sebagian lansia, dan siapa saja yang mengalami kesulitan menelan sebaiknya menghindari konsumsi kacang utuh, karena berisiko tersedak. Orang dengan demensia, penyakit Parkinson, dan penurunan mobilitas mungkin memiliki risiko aspirasi yang lebih tinggi, yang dapat menyebabkan makanan masuk ke paru-paru.

Baca Juga: 15 Manfaat Almond untuk Kesehatan, Simak Moms!

Itu dia beberapa manfaat kacang almond untuk ibu hamil. Kacang almond juga memberikan stamina yang dibutuhkan untuk melahirkan serta menjaga perkembangan bayi agar tetap sehat.

Artikel Terkait