KEHAMILAN
18 Mei 2020

6 Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil, Sudah Tahu?

Ternyata kacang mete bagus untuk pembentukan tulang janin lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Adanya batasan untuk ibu hamil mengonsumsi makanan tertentu menjadikan Moms lebih berhati-hati. Utamanya, tidak semua makanan dianggap aman bagi Si Kecil dalam kandungan. Tapi, bagaimana dengan kacang kacang mete. Apakah kacang mete aman dan punya manfaat untuk ibu hamil?

Artikel dari Charlesworthnuts mengungkapkan kacang mete aman untuk dikonsumsi sebagai tambahan nutrisi bagi ibu hamil. Asalkan, Moms tidak alergi terhadap kacang mete.

Baca Juga: Kacang Pistachio dan Berbagai Manfaatnya

Kacang mete kaya akan vitamin dan mineral penting yang membantu pertumbuhan serta perkembangan Si Kecil dalam kandungan. Moms, bisa memilih kacang mete organik untuk ibu hamil yang ukurannya lebih kecil serta nutrisi tinggi karena ditanam tanpa menggunakan pestisida, herbisida, atau insektisida.

Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil

manfaat kacang mete untuk ibu hamil

Foto: Freepik.com

Kacang mete tinggi kalori dan lemak. Menurut Australian Dietary Guidelines, sebanyak 30 gram beragam kacang-kacangan dapat dikonsumsi setiap hari atau sama dengan sekitar 15 kacang mete. Lalu, apa manfaat konsumsi kacang mete untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

1. Mengandung Zinc

Manfaat kacang mete untuk ibu hamil yaitu mengandung zinc. National Institutes of Health menerangkan zinc merupakan mineral penting untuk pertumbuhan sel pada janin.

2. Sumber Kalsium

Moms, saat hamil tentu akan mengalami pula masalah umum kehamilan yaitu soal gigi dan gusi. Nah, manfaat kacang mete untuk ibu hamil yaitu menjadi sumber kalsium.

Tak hanya itu, The American College of Obstetricians and Gynecologists mengungkapkan kalsium juga bagus untuk membangun tulang Si Kecil dalam kandungan.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Semangkuk Kacang Hijau

3. Kaya Zat Besi

Manfaat kacang mete untuk ibu hamil lainnya adalah sumber zat besi yang baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah serta melawan kelelahan dan anemia pada ibu hamil.

4. Jaga Kadar Glukosa

Diabetes gestasional selama kehamilan ternyata bisa diantisipasi dengan konsumsi kacang mete. Berdasarkan artikel diabetesqld, manfaat kacang mete untuk ibu hamil bisa membantu menjaga kadar glukosa darah.

5. Penuh Kalori dan Lemak

Kacang mete untuk ibu hamil pun berguna untuk menambah berat badan. Lantaran, menurut clevelandclinic, kacang mete kaya akan kalor dan lemak.

6. Sumber Vitamin K

Kacang mete untuk ibu hamil merupakan sumber vitamin K yang baik untuk mencegah janin dari risiko gangguan pendarahan yang disebut sebagai pendarahan defisiensi vitamin K atau penyakit hemoragik pada bayi baru lahir menurut artikel kidshealth.org.

Aturan Konsumsi Kacang Mete untuk Ibu Hamil

manfaat kacang mete untuk ibu hamil

Foto: Freepik.com

Namun, sebelum mengonsumsi kacang mete untuk ibu hamil. Ada beberapa hal yang harus Moms ketahui, yaitu:

  • Konsumsi kacang mete dengan rasa original. Karena kacang mete yang asin bisa mengandung natrium tinggi yang mana harus dihindari selama kehamilan.
  • Dianjurkan untuk tidak makan lebih dari satu ons kacang mete selama kehamilan per hari karena dapat menyebabkan kecemasan.
  • Pastikan Moms tidak mengkonsumsi kacang mete jika memiliki riwayat alergi terhadap kacang mete. Tanda-tanda alergi kacang mete dapat termasuk bersin, batuk, ruam kulit, radang kulit dan gangguan pencernaan.
  • Selalu periksa dengan dokter kandungan maupun bidan apakah Moms boleh menambahkan kacang mete selama kehamilan.

Baca Juga: 6 Rahasia Kacang yang Bermanfaat Untuk Kehamilan

Manfaat kacang mete untuk ibu hamil bisa sangat besar asalkan dikonsumsi dalam jumlah wajar. Karena, kehamilan adalah salah satu kesempatan paling membahagiakan bagi Moms maupun Dads.

Sehingga, perlu secara hati-hati tentang apa yang dimakan dan diminum terutama yang dapat membahayakan Si Kecil dalam kandungan.

Artikel Terkait