PROGRAM HAMIL
3 Februari 2020

Ini 5 Manfaat Kalender Masa Subur Bagi Wanita

Setidaknya ada lima manfaat yang bisa didapat lewat kalender masa subur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms, melacak siklus menstruasi tidaklah hanya sekedar menandai titik merah di sebuah kalender masa subur, dan berharap datang pada waktu yang sama di bulan selanjutnya. Akan tetapi, kalender masa subur kini menjadi lebih canggih berkat kemajuan teknologi lho, Moms.

Dilansir dari Office on Women's Health, mengetahui kapan masa subur kita dapat meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Normalnya, siklus menstruasi adalah 28 hari, tapi setiap wanita berbeda. Ada waktu sekitar 6 hari masa subur di mana Moms bisa hamil.

Baca Juga: Merencanakan Kehamilan, Cek 10 Tanda Fisik Memasuki Masa Subur

Manfaat Kalender Masa Subur

Ini dia manfaat kalender masa subur yang bisa Moms ketahui!

1. Membantu Hasil Olahraga Lebih Maksimal

Olahraga

Moms, sinkronisasi siklus menstruasi dengan kelas gym atau yang melibatkan fisik akan memberikan keuntungan besar saat berolahraga.

Dalam minggu kedua, tepat setelah masa menstruasi, peningkatan estrogen dalam tubuh berarti Moms memiliki lebih banyak energi dan toleransi yang tinggi untuk berolahraga.

Tetapi, minggu ketiga yaitu ketika kombinasi estrogen dan progesterone dalam tubuh Moms membuatnya jauh lebih efesien dalam membakar lemak.

2. Mampu Meningkatkan Kemampuan Kerja

Wanita pekerja

Tengah mencoba untuk bisa dipromosikan dalam pekerjaan? Moms dengan melacak siklus menstruasi lewat kalender masa subur dapat membantu peningkatan kinerja saat bekerja.

Menurut ahil psikoterapi, Dr. Harper, wanita cenderung merasa lebih produktif dan fasih selama dua minggu dari siklus mereka.

Namun, selama minggu ketiga, Moms mungkin bisa menghidari presentasi yang menuntut serta menekan.

“Tingkat esterogen dan testosterone akan merosot setelah ovulasi. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita menjadi kurang pintar dan tak pandai berbicara selama fase ini, Jadi ada baiknya mempertimbangkan untuk merencanakan komitmen kerja dalam hal ini,” ucapnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Ajaib Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

3. Kelola Kalender Sosial

Pertemanan

Mengatur pertemuan dengan para teman? Moms mungkin harus mempersiapkan siklus yang sesuai agar tidak mengganggu. Di sinilah manfaat kalender masa subur semakin terasa.

Seminggu sebelum menstruasi biasanya Moms akan merasa lelah dan lamban. Jadi, ada baiknya untuk mendapatkan me time.

Untuk pengingat, Moms bisa mengatur pemberitahuan di ponsel dua hari sebelum periode menstruasi dimulai.

Lalu, tunggu hingga kadar estrogen (pengangkat suasana hati) dan testosteron (penambah energi) naik setelah beberapa hari memasuki masa menstruasi.

4. Melacak Waktu Subur

Kehamilan

Moms berkeinginan untuk hamil, atau berusaha menghindari? Nah, lewat kalender masa subur kini melacak siklus menstruasi lebih populer dibanding kontrasepsi.

Bagi kebanyakan wanita, masa subur terjadi di antara 12 dan 16 hari sebelum menstruasi dimulai, dan yang paling tidak subur adalah hari-hari terakhir setelah menstruasi Moms berakhir.

Baca Juga: Dads, Ini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesuburan Pria yang Perlu Diketahui

5. Membantu Tidur Nyenyak

sleep1.jfif

Setelah mengetahui kapan harus menghindari beberapa pertemuan, mengetahui siklus Moms juga dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Pada saat menjelang, selama, dan tepat setelah minggu haid, suhu tubuh Moms naik, dan mengalami kurang tidur akibat gerakan mata yang cepat (REM), sehingga Moms akan merasa berjuang lebih untuk bisa tidur.

Untuk membantu, batasi kafein setelah tengah hari, berolahraga di pagi hari dan di malam hari, serta tetap tidur pada waktu yang konsisten untuk membantu mengatur ritme tubuh.

(WAR/ERW)

Artikel Terkait