KESEHATAN
30 Juli 2020

Manis dan Legit, Ini Manfaat Buah Kelengkeng yang Tak Terduga!

Siapa sangka buah manis ini kaya manfaat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Memiliki rasa manis dan tekstur daging yang legit, buah kelengkeng menjadi salah satu buah yang dikonsumsi banyak orang. Tak hanya nikmat, ketahui ragam manfaat kelengkeng untuk kesehatan.

Data dari USDA Food Composition Databases, buah ini memiliki kandungan nutrisi yang mirip dengan buah leci. Buah kelengkeng rendah kalori dan karbohidrat, serta tidak mengandung lemak.

Yuk, cari tahu lebih lanjut apa saja ragam manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat Buah Kelengkeng

Moms mungkin sering mendengar bila buah kelengkeng kerap disandingkan dengan buah duku. Tetapi, masing-masing buah ini memiliki keunggulan nutrisinya sendiri.

Berikut ini beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan yang mungkin belum pernah Moms ketahui sebelumnya.

1. Sumber Vitamin C

manfaat buah kelengkeng-1.jpg

Foto: amazon.com

Salah satu manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan adalah sumber vitamin C yang baik. Dalam data USDA Food Composition Databases, disebutkan kandungan vitamin C pada buah kelengkeng adalah 84 mg.

Kadar vitamin C dalam buah kelengkeng ini setara dengan 140% asupan harian yang direkomendasikan.

Mengutip jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity, vitamin C merupakan nutrisi penting dengan sifat antioksidan. Sehingga, dapat membantu melindungi tubuh terhadap stres oksidatif.

Baca Juga: Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit, Wajib Tahu!

2. Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Tubuh

Selain vitamin C, buah kelengkeng tidak mengandung nutrisi lain dalam jumlah tinggi, tetapi memiliki nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Hal ini menjadi manfaat buah kelengkeng lainnya.

Buah kelengkeng menyediakan ragam vitamin dan mineral dalam jumlah kecil hingga sedang, seperti tembaga, kalium, dan riboflavin.

Meskipun mungkin bukan merupakan buah yang padat nutrisi dibanding buah lainnya, manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan juga menawarkan profil nutrisi yang cukup baik.

3. Mengandung Berbagai Polifenol

manfaat buah kelengkeng-2.jpg

Foto: yahoo.com

Buah kelengkeng adalah sumber polifenol. Menurut jurnal Frontiers in Nutrition, polifenol adalah senyawa kimia yang dianggap memiliki efek kesehatan yang bermanfaat.

Di antara manfaat buah kelengkeng ini, peneliti menemukan bahwa polifenol mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk mengatur tekanan darah, kadar lemak, peradangan, dan resistensi insulin.

Sebagian besar penelitian tentang kadar polifenol pada kelengkeng telah dilakukan dengan mengekstrak dari biji dan kulitnya.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Buah Biksu, Ketahui 5 Manfaat Buah Lo Han Kuo untuk Kesehatan

4. Memiliki Manfaat Medis

Seperti yang disebutkan, sebagian besar penelitian tentang polifenol buah lengkeng berfokus pada ekstrak dari biji dan kulit buah.

Meskipun perlu penelitian lebih lanjut, tetapi ada manfaat buah kelengkeng dari biji dan kulitnya untuk tubuh. Berikut beberapa hasil penelitian terkait buah kelengkeng.

5. Anti Peradangan

manfaat buah kelengkeng-3.jpg

Foto: eyeem.com

Pada studi dengan tikus oleh Evidence-based Complementary and Alternative Medicine, ekstrak kelengkeng menunjukkan efek penghambatan oksidasi, penurunan tingkat peradangan, dan meningkatkan kadar antioksidan plasma yang tinggi.

Selain itu, orang Asia menggunakan bubur buah kelengkeng untuk menyembuhkan luka, alergi, flu, dan penyakit radang lainnya. Lapisan luar, pulp, dan biji buah kelengkeng memiliki phytochemical anti-inflamasi seperti asam galat, epicatechin, dan ellagic acid.

Senyawa ini menghambat produksi bahan kimia proinflamasi seperti prostaglandin, histamin, nitrit oksida, dan faktor nekrosis jaringan (TNF) dalam tubuh, menurut jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine.

Karena banyaknya vitamin B dan C, manfaat buah kelengkeng juga memberikan penyembuhan dan mengobati kondisi peradangan kronis seperti edema, GERD, penyakit iritasi usus (IBS), alergi kulit, luka bakar, psoriasis, dan penyakit Crohn.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Begini 3 Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

6. Meningkatkan Memori

Studi tikus lain dari Journal of Ethnopharmaecology, menunjukkan bahwa pemberian ekstrak polifenol kelengkeng pada tikus menyebabkan peningkatan memori selama 14 hari.

Selain itu, bunga kelengkeng telah diuji mampu untuk mencegah penyakit Parkinson pada tikus.

Para penulis dalam jurnal National Library Health of Medicine menduga manfaat buah kelengkeng dapat melindungi neuron dopamin di otak dari kerusakan.

Para ilmuwan juga menyelidiki apakah lengkeng dapat meningkatkan antioksidan dan mengurangi peradangan pada sel-sel otak

7. Mengurangi Radikal Bebas

manfaat buah kelengkeng-4

Foto: eyeem.com

Ada lagi manfaat dari bunga buah kelengkeng yang muncul untuk mencegah penyakit Parkinson pada tikus. Para penulis menduga lengkeng melindungi neuron dopamin di otak dari kerusakan.

Para ilmuwan juga menyelidiki apakah lengkeng dapat meningkatkan antioksidan dan mengurangi peradangan pada sel-sel otak.

Dalam studi oleh Food and Chemical Toxicology, ditunjukkan bahwa ekstrak buah kelengkeng menunjukkan aktivitas pengurangan radikal bebas.

Namun, semua manfaat buah kelengkeng dari hasil studi di atas merupakan efek dari ekstrak polifenol lengkeng berkekuatan tinggi. Perlu penelitian lebih lanjut untuk menemukan manfaat lain dari buah ini.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

8. Mengobati Anemia Dan Kekurangan Zat Besi

Ekstrak kelengkeng, bersama dengan herbal asli lainnya, digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk menyembuhkan anemia, trombositopenia, dan gangguan terkait darah lainnya.

Dalam Peer Journal, diidentifikasi bahwa wanita perkotaan yang tidak mengonsumsi zat besi dengan takaran yang dianjurkan WHO (<5 porsi buah atau sayuran per hari) berada pada risiko yang lebih tinggi dari anemia sedang dan berat.

Buah kelengkeng kering mengandung 1,5 mg zat besi per ons. Mengonsumsi buah ini akan meningkatkan jumlah trombosit dan konsentrasi hemoglobin, terutama pada wanita yang sedang menstruasi dan hamil. Ini menjadi manfaat buah kelengkeng yang lainnya.

9. Anti-penuaan Kulit

manfaat buah kelengkeng-7.png

Foto: dragonherbs.com

Menurut satu teori yang tidak diverifikasi dari jurnal National Library of Medicine, ada senyawa antioksidan kelengkeng (yang mungkin menetralkan radikal bebas) dan potensi pengurang glukosa dan kepekaan insulin yang memengaruhi anti-penuaan.

Para peneliti mengeksplorasi apakah kelengkeng dapat mengurangi glikasi dalam sel, suatu proses yang berteori untuk berkontribusi pada penuaan. Glikasi adalah suatu proses di mana protein dan DNA penting diubah dan aktivitasnya diubah.

Proanthocyanidins dalam buah lengkeng tampaknya meningkatkan respons terhadap insulin pada hewan. Secara teoritis, ini dapat membantu mencegah komplikasi dan masalah kesehatan terkait penuaan pada orang dengan diabetes.

Namun, tidak ada studi klinis pada manusia yang mengkonfirmasi hal ini. Selain itu, ada banyak faktor yang mendorong terjadinya penuaan yang masih belum diketahui. Untuk saat ini, manfaat anti-penuaan dari buah kelengkeng tetap tidak pasti.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

10. Dapat Membantu Turunkan Berat Badan

Buah leci dapat membantu menghilangkan lemak tubuh. Menurut sebuah penelitian tahun 2009 di Journal of Functional Foods, ekstrak leci yang kaya polifenol secara signifikan mengurangi berat badan, lingkar perut, dan lemak visceral dibandingkan dengan penggunaan plasebo.

Namun, tidak ada studi ilmiah tentang buah lengkeng dan obesitas. Tetapi jumlah kalori, lemak, dan karbohidratnya yang lebih rendah menjadi salah satu manfaat buah kelengkeng yang bisa menjadi pengganti alternatif untuk makanan olahan yang sarat gula dalam makanan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Itu dia Moms, manfaat buah kelengkeng, ternyata cukup banyak ya Moms! Selamat makan kelengkeng!

Artikel Terkait