KEHAMILAN
5 Mei 2020

6 Manfaat Kembang Kol untuk Ibu Hamil, Catat!

Yuk, cari tahu manfaat kembang kol untuk ibu hamil juga risikonya selama masa kehamilan berlangsung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kehamilan merupakan waktu di mana Moms harus menjaga kesehatan diri serta Si Kecil dalam kandungan. Seluruh gaya hidup Moms biasanya akan berubah serta akan memberi perhatian ekstra terhadap apa yang dimakan serta diminum karena semua orang tahu bahwa makan-makanan yang sehat penting untuk kehamilan yang lancer.

Percayalah, akan ada banyak nasihat dari semua orang tentang apa yang harus dimakan dan tidak boleh dimakan selama kehamilan Moms. Sayuran utamanya paling sering didengar untuk dikonsumsi selama kehamilan, salah satunya kembang kol.

Ya, kembang kol adalah sejenis sayuran yang terlihat seperti versi putih dari sepupunya, brokoli. Meskipun putih merupakan warna yang paling umum, Moms juga akan menemukan kembang kol dalam nuansa orange, ungu, dan hijau.

Manfaat Kembang Kol untuk Ibu Hamil

4 kembang kol

Foto: Orami Photo Stock

Kembang kol awalnya berasal dari wilayah Mediterania dan tiba di Eropa sekitar akhir abad ke-15. Ini adalah cabang dari jenis kubis liar yang juga merupakan nenek moyang kale, kubis Brussel, dan kohlrabi.

Lalu, apa saja manfaat kembang kol untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

1. Baik Untuk Jantung

Berdasarkan jurnal yang dikeluarkan oleh Nutrients, kembang kol adalah sayuran yang tepat untuk memberikan Moms berbagai manfaat termasuk untuk jantung.

2. Turunkan Kolesterol

Manfaat kembang kol untuk ibu hamil selanjutnya adalah kaya akan serat, sehingga bisa dikonsumsi setiap hari dengan makan siang atau makan malam sebagai salad.

3. Antioksidan

Antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh merupakan manfaat kembang kol untuk ibu hamil yang lainnya. Menurut jurnal Hindawi, kembang kol melawan berbagai penyakit, juga membuat Moms tetap aktif dan sehat.

Kembang kol yang memainkan peran sebagai anti-oksidan mampu mencegah kemungkinan radikal bebas untuk membahayakan ibu atau Si Kecil dalam kandungan.

Baca Juga: 9 Sayuran Ini Punya Banyak Manfaat Bagi Ibu Hamil dan Optimalkan Kesehatan Janin

4. Perkembangan Janin

Moms, manfaat kembang kol untuk ibu hamil yang tak diduga adalah membantu untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh Si Kecil dalam kandungan sehingga membuat mereka bugar serta sehat.

Tak hanya itu, Kembang kol mengandung kalsium yang tinggi dan ibu hamil membutuhkan sekitar 1000-3000 mg kalsium untuk memenuhi kebutuhan janin yang tumbuh selama kehamilan.

5. Kaya Mineral

Kembang kol adalah sumber mineral terbaik selama kehamilan Moms. Ini mengandung seng, fosfor, selenium, natrium yang membantu menjaga anak yang sehat di dalam rahim seorang ibu.

6. Mengantisipasi Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah satu masalah umum yang dihadapi sebagian besar Moms ketika hamil. Hal ini membuat Moms menjadi tidak nyaman dan tertekan.

Nah, manfaat kembang kol bagi ibu hamil adalah mengatasi masalah konstipasi karena mengandung banyak serat.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Risiko Mengonsumsi Kembang Kol Berlebihan untuk Ibu Hamil

manfaat kembang kol untuk bayi 1 tahun

Foto: Orami Photo Stock

Sementara itu, ada beberapa risiko yang mungkin Moms hadapi ketika konsumsi kembang kol berlebihan selama kehamilan. Moms wajib tahu!

1. Heartburn

Moms, mengonsumsi kembang kol secara berlebihan dapat memicu kasus-kasus parah heartburn jantung pada ibu hamil

2. Membentuk Gas

Makan terlalu banyak kembang kol juga dapat menyebabkan pembentukan gas di perut Moms yang bahkan dapat berubah sangat berisiko selama kehamilan.

3. Cacing dan Serangga

Kembang kol perlu dicuci secara menyeluruh dan disimpan direndam dalam air hangat untuk beberapa saat sebelum dikonsumsi karena mungkin ada serangga dan cacing di dalamnya.

Jika tidak dibersihkan benar ada risiko seseorang terutama ibu hamil tertular infeksi atau penyakit yang tidak diinginkan yang dapat membahayakan Moms serta Si Kecil dalam kandungan.

Baca Juga: Ini Buah dan Sayuran Pantangan Ibu Hamil

Jadi pastikan Moms memasukkan sayuran yang luar biasa ini dalam jumlah sedang dalam makanan maka akan mendapatkan manfaat kembang kol untuk ibu hamil.

Seperti biasa, dokter kandungan atau bidan harus menjadi orang terbaik untuk membimbing Moms tentang berapa banyak kembang kol yang ideal untuk masa kehamilan.

Artikel Terkait