KESEHATAN
20 November 2020

Inilah Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, Termasuk Menjaga Kesehatan Jantung!

Buah ceri yang sering dijadikan toping atau hiasa dalam kue memiliki banyak manfaat kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Buah ceri merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi, banyak orang yang belum memahami kandungan serta manfaat buah ceri untuk kesehatan ini.

“Ceri adalah buah yang menawarkan rasa enak dan banyak manfaat kesehatan, terutama ceri tart Montmorency yang merupakan jenis ceri tart paling umum di AS dan paling banyak diteliti," kata ahli gizi yang berbasis di New York City Alisa Rumsey , RD dikutip dari womenshealthmag.com.

Menurut Jessica Cording, RD, ahli gizi dan penulis The Little Book of Game-Changers mengatakan ceri memiliki banyak manfaat dari sudut pandang gizi. Buah ini memang terlihat berukuran kecil, tapi manfaat kesehatannya cukup besar.

Dikutip dari U.S. Department of Agriculture, kandungan dalam buah ceri yang membuatnya sangat bermanfaat, antara lain:

  • Kalori: 51 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 12,5 gram
  • Serat: 1,7 gram
  • Gula: 8,7 gram
  • Protein: 1 gram

Ceri juga buah yang memiliki banyak antioksidan dan senyawa anti-inflamasi. Pigmen atau warna ceri yang terlihat jelas menandakan bahwa buah itu memiliki banyak antioksidan dan senyawa anti-inflamasi.

Misalnya anthocyanin, yakni jenis polifenol yang membuat makanan atau buah berwarna merah tua. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Begini 3 Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Menurut penelitian dalam jurnal Food & Function, minum delapan ons jus ceri setiap hari selama empat minggu dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit kronis secara signifikan.

Berikut ini manfaat buah ceri untuk kesehatan, antara lain:

1. Bantu Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat ceri - kesehatan usus - 1.jpg

Foto: shutterstock.com

Ini merupakan manfaat buah ceri yang pertama. Rumsey mengatakan beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaa buah ceri, khususnya Montmorency ceri, mungkin memainkan peran dalam kesehatan usus.

Contohnya, satu studi yang menemukan bahwa polifenol ceri mungkin memiliki dampak positif pada mikrobioma usus. Apalagi buah ini mengandung serat, yang pada dasarnya bisa menyebabkan masalah kesehatan usus dan mendukung keteraturan pencernaan.

2. Memperbaiki Kondisi Kulit

Vitamin C dalam buah ceri dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Di sisi lain, kerusakan akibat radikal bebas yang diperangi antioksidan di seluruh tubuh juga terjadi di kulit.

Jadi, asupan antioksidan yang baik dan benar akan membuat tubuh jauh lebih baik, dari luar dan dalam. Ini bisa menjadi manfaat buah ceri lain untuk kesehatan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ceri - kesehatan jantung - 3.jpg

Foto: shutterstock.com

Meningkatkan asupan buah padat gizi seperti ceri adalah cara yang lezat untuk melindungi kesehatan jantung. Ini menjadi manfaat buah ceri selanjutnya.

Banyak penelitian dilansir oleh Healthline.com, menunjukkan bahwa diet yang kaya buah-buahan berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Ceri sangat bermanfaat dalam hal ini, karena buah ini kaya akan nutrisi dan senyawa yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung, termasuk antioksidan kalium dan polifenol.

Cukup 1 cangkir ceri manis, yakni sekitar 154 gram bisa memberikan 10 persen dari DV untuk kalium, mineral penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Manfaat buah ceri untuk kesehatan juga bisa membantu mempertahankan detak jantung, membantu menghilangkan kelebihan sodium dari tubuh dan mengatur tekanan darah.

Karena itu, asupan kalium yang lebih tinggi berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Apalagi ceri kaya antioksidan polifenol yang kuat, termasuk anthocyanin, flavonol dan katekin yang membantu menjaga kesehatan jantung dengan melindungi dari kerusakan sel serta mengurangi peradangan.

Sebuah penelitian pada 84.158 orang menemukan bahwa asupan polifenol yang lebih tinggi, terutama anthocyanin, flavonol dan katekin berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung secara signifikan selama 5 tahun.

Baca Juga: 3 Manfaat Hebat Madu untuk Kesehatan Jantung

4. Mengatasi Gejala Radang Sendi

Manfaat buah ceri dapat mengurangi gejala radang sendi dan asam urat karena memiliki sifat anti-inflamasi kuat. Kondisi ini termasuk sejenis radang sendi akibat penumpukan asam urat yang dapat menyebabkan pembengkakan, peradangan dan rasa sakit ekstrem di persendian.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa ceri membantu menghambat stres oksidatif dan mengurangi peradangan dengan menekan protein peradangan, yang dapat membantu mengurangi gejala berkaitan dengan artritis.

Bahkan ceri dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, yang membuatnya sangat bermanfaat bagi penderita asam urat.

Sebuah studi pada 10 wanita menemukan bahwa makan 2 porsi (280 gram) ceri manis setelah puasa semalam bisa menurunkan kadar penanda inflamasi C-reactive protein (CRP) dan mengurangi kadar asam urat 5 jam setelah mengonsumsinya.

Studi lain pada 633 penderita gout menunjukkan bahwa mereka yang makan ceri segar selama 2 hari memiliki serangan gout 35 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi buah ini.

Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa asupan ceri yang dikombinasikan dengan obat gout allopurinol, serangan gout 75 persen lebih kecil dibandingkan selama periode ketika ceri atau allopurinol tidak dikonsumsi.

Baca Juga: Mari Cegah, 4 Komplikasi Asam Urat Ini Sangat Perlu Diwaspadai!

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat ceri - kualitas tidur - 5.jpg

Foto: shutterstock.com

Manfaat buah ceri atau minum jus ceri dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Karena, ceri mengandung melatonin, zat yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun.

Sebuah studi pada 20 orang menunjukkan bahwa mereka yang minum konsentrat jus ceri selama 7 hari mengalami peningkatan kadar melatonin, durasi tidur dan kualitas tidur siginifikan dibandingkan dengan plasebo.

Demikian pula, sebuah studi selama 2 minggu pada orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia, menemukan bahwa minum 1 cangkir (240 ml) jus ceri sebelum tidur meningkatkan waktu tidur hingga 84 menit.

Namun, penelitian ini menggunakan produk ceri pekat. Jadi, belumi jelas kalau makan ceri segar sebelum tidur akan memiliki efek yang sama atau tidak.

Karena itu, perlu studi lebih banyak untuk memahami manfaat konsumsi ceri sebelum tidur.

Baca Juga: 3 Perbedaan Nutrisi Buah Utuh dan Jus Buah, Signifikan!

6. Mempercepat Pemulihan Pascaolahraga

Penelitian dari jurnal Molecules menunjukkan bahwa senyawa anti-inflamasi dan antioksidan dalam ceri dapat membantu meredakan nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga, kerusakan, dan pembengkakan.

Konsentrat ceri telah ditemukan untuk mempercepat pemulihan otot, mengurangi nyeri otot akibat olahraga, dan mencegah kehilangan kekuatan pada atlet elit, seperti pengendara sepeda dan pelari maraton.

Selain itu, beberapa bukti menunjukkan bahwa produk ceri dapat meningkatkan kinerja olahraga.

Meskipun sebagian besar penelitian yang mengeksplorasi hubungan antara ceri dan olahraga melibatkan atlet terlatih, jus ceri asam juga dapat bermanfaat bagi non-atlet. Manfaat buah ceri ini sangat tak disangka ya, Moms.

7. Penuh dengan Kandungan Antioksidan

manfaat buah ceri

Foto: Orami Photo Stock

Menurut jurnal Nutrients, ceri adalah sumber antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang kuat. Manfaat buah ceri untuk kesehatan ini memperlambat penuaan dan menangkal penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, Alzheimer, diabetes, dan obesitas.

8. Melindungi Tubuh dari Risiko Diabetes

Efek anti-inflamasi dari ceri membantu menjaga kesehatan tubuh, tetapi terlebih lagi, ceri memiliki peringkat lebih rendah daripada banyak buah pada indeks glikemik.

Itu berarti manfaat buah ceri tidak memicu lonjakan dan penurunan kadar gula darah dan insulin. Hal ini membuat keduanya melindungi terhadap diabetes, dan penting untuk mengelola kondisi jika sudah mengidap diabetes.

9. Menurunkan Risiko Serangan Asam Urat

Manfaat ceri - mengatasi radang sendi - 4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah ceri juga dapat menurunkan risiko asam urat.

Lebih dari delapan juta orang dewasa di A.S. menderita asam urat. Artritis inflamasi ini dipicu ketika produk limbah yang disebut asam urat mengkristal di dalam persendian, menyebabkan nyeri dan pembengkakan yang menyiksa.

Mengutip Health, dalam sebuah penelitian, pasien asam urat yang mengonsumsi ceri hanya selama dua hari (baik buah segar, serta ekstrak dan jus ceri) menunjukkan risiko serangan asam urat 35% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan ceri.

10. Mengekang Kadar Kolesterol Jahat pada Tubuh

Penelitian dalam jurnal Food & Function, telah ditunjukkan bahwa minum jus ceri asam dapat membantu menurunkan kolesterol total, termasuk jenis "jahat", yang dikenal sebagai LDL.

Itu kuncinya karena setiap penurunan 1% kolesterol menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 2%. Dan LDL yang tinggi sangat mengkhawatirkan terkait dengan risiko serangan jantung. Ini menjadi manfaat buah ceri untuk kesehatan yang lain.

11. Mengontrol Berat Badan

manfaat buah ceri-jaga berat badan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah ceri juga berguna bagi Moms yang mungkin sedang menjalankan program diet. Tak perlu khawatir untuk mengonsumsi ceri sebelum tidur.  

Satu cangkir ceri segar memiliki 100 kalori dan tiga gram serat.

Dengan kandungan tersebut Moms tidak akan hanya mengontrol berat badan saja, tetapi penelitian juga menunjukan bahwa meningkatkan asupan serat memengaruhi penurunan berat badan.

12. Melawan Peradangan pada Tubuh

Peradangan secara menyeluruh dianggap sebagai salah satu ancaman utama bagi kesehatan, karena terjadinya peradangan meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit kronis.

Manfaat buah ceri mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E serta karotenoid dan polifenol, yang semuanya membantu menghilangkan radikal bebas yang merusak dan membantu menetralkan peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit, Wajib Tahu!

Dampak Konsumsi Buah Ceri

Seperti banyak makanan lain, terlepas dari manfaat buah ceri untuk kesehatan, ada juga efek samping dari konsumsi ceri, terutama dalam bentuk jus.

Mengutip Very Well Health, mengonsumsi jus ceri dalam jumlah besar dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan diare, dan kalori serta gula dapat menjadi masalah bagi sebagian orang.

Selain itu, ceri mengandung sorbitol, yang dapat memperburuk gejala pada orang dengan kondisi seperti sindrom iritasi usus besar, pertumbuhan bakteri usus kecil yang berlebihan, atau malabsorpsi fruktosa.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Begini 3 Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Penyajian Buah Ceri yang Patut Dicoba

penyajian buah ceri

Foto: Orami Photo Stock

Tidak ada yang lebih menyegarkan dari semangkuk ceri segar untuk dikonsumsi. Tapi itu bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan manfaat buah ceri dari nutrisinya. Cari tahu ragam penyajian buah ceri berikut ini.

1. Ceri dan Kacang Almond

Ceri memang menyehatkan, tetapi ada cara terbaik untuk memakannya adalah dengan makanan lain. Direkomendasikan untuk mengonsumsi ceri dengan sumber protein atau lemak untuk menstabilkan gula darah.

Selain dengan almond, Moms juga bisa menambahkannya ke dalam oatmeal untuk membuat tubuh merasa lebih kenyang.

2. Smoothie

Cara berikutnya adalah dengan membuat smoothie ceri, Moms bisa membuat jus ceri yang dicampurkan dengan air kelapa atau bahan dasar susu lainnya termasuk susu almond.

Jangan lupa menambahkan selai kacang untuk membuat rasanya lebih nikmat. Upayakan untuk tidak menambahkan es ya, Moms. Bila Moms ingin makan ceri yang dingin maka lebih baik bekukan ceri di dalam kulkas kemudian makanlah layaknya anggur beku.

3. Menambahkan dengan Selai Kacang

Cobalah untuk membuat manisan ceri sendiri! Sangat cocok untuk kreasi selai kacang biasa atau sebagai olesan untuk roti sarapan.

4. Membuat Pai Ceri

Siapa yang tidak suka pai ceri? Moms bisa membuat pai ceri sebagai penyajian buah ceri yang bisa dicoba.

5. Es Krim Ceri

Saat suasana sedang panas, Moms bisa menyiapkan es krim rendah lemak atau yogurt beku dengan manisnya buah segar. Sertakan buah ceri sebagai topping buah.

6. Salad Sayur dan Ceri

Untuk menambahkan rasa pada salad, tambahkan irisan atau ceri utuh ke salad mana pun. Tidak hanya mudah dibuat, tentunya cara penyajian ini juga lezat sekali, lho!

Moms bisa mencincang ceri kering, masukkan bersama selai kacang atau cokelat hitam leleh, lalu taburkan ke salad dan sayuran matang, atau sekadar membagi dua ceri segar.

Itu dia Moms, manfaat buah ceri untuk kesehatan dan tips penyajian buah ceri yang bisa menjadi pilihan. Menjadikan buah ceri sebagai bagian utama dari diet adalah perubahan kecil yang dapat mendatangkan manfaat besar bagi kesehatan.

Artikel Terkait