GAYA HIDUP
25 Juni 2020

Ini 4 Manfaat Kesehatan Jamur Shiitake, Moms Harus Tahu

Apakah Moms sudah mengetahuinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Dari sekian banyak jamur yang bisa dikonsumsi, Moms mungkin sudah sering mengonsumsi jamur shiitake yang biasanya diolah menjadi masakan sayuran yang lezat.

Jamur shiitake sudah dapat dengan mudah dibeli di pasar. Dengan teksturnya yang kenyal dan legit, siapa sangka bahwa ada ragam manfaat kesehatan dari jamur shiitake lho, Moms.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui apa saja manfaat dari mengonsumsi jamur shiitake berikut ini.

Manfaat Kesehatan Jamur Shiitake

Dalam Agricultural Research Service, disebutkan bahwa jamur mengandung beberapa nutrisi utama, termasuk tembaga, potasium, folat dan niasin.

Jamur juga menyediakan sejumlah besar kalium, mineral yang membantu tubuh mempertahankan ritme jantung normal, menjaga keseimbangan cairan, dan fungsi otot dan saraf.

Baca Juga: Resep Pepes Jamur Tiram

1. Mendukung Fungsi Kekebalan Tubuh

manfaat kesehatan jamur shiitake-kekebalan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Jamur shiitake mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memerangi banyak penyakit dengan menyediakan asupan vitamin, mineral, dan enzim yang penting untuk tubuh.

Dalam Journal of American College of Nutrition dilakukan studi dengan mengevaluasi 52 pria dan wanita yang sehat, usia 21-41 tahun, untuk menentukan adanya hubungan antara jamur shiitake dengan kekebalan tubuh.

Studi ini melibatkan percobaan kelompok paralel selama empat minggu, di mana peserta mengonsumsi lima atau 10 gram jamur setiap harinya.

Hasilnya, ditunjukkan bahwa makan jamur shiitake meningkatkan fungsi efektor sel dan meningkatkan kekebalan usus. Peradangan tubuh juga berkurang karena konsumsi jamur.

Baca Juga: Resep Mie Ayam Jamur yang Enak, Cepat, dan Mudah

2. Melawan Obesitas

manfaat kesehatan jamur shiitake-cegah obesitas

Foto: Orami Photo Stock

Jamur shiitake memiliki efek hipolipidemik (pengurangan lemak), dan jamur ini mengandung serat makanan yang larut. Sama seperti yang juga ditemukan dalam gandum.

Studi dalam Journal of Obesity meneliti efek jamur shiitake pada profil lipid plasma, disposisi lemak, efisiensi energi dan indeks lemak tubuh. Disimpulkan, jamur shiitake dapat membantu mencegah penambahan berat badan dan penumpukan lemak.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa manfaat kesehatan lain dari jamur shiitake yaitu dapat mencegah obesitas. Terutama bila dibarengi dengan pola makan yang sehat.

3. Bantu Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

manfaat kesehatan jamur shiitake-kesehatan kardiovaskular

Foto: Orami Photo Stock

Jamur shiitake punya manfaat kesehatan lainnya, yaitu membantu menjaga kesehatan kardiovaskular. Ini karena ada senyawa sterol yang membantu mencegah penumpukan plak di pembuluh darah.

Sebuah penelitian pada Journal of Nutritional Science and Vitaminology di Jepang, menemukan bahwa jamur shiitake mencegah peningkatan tekanan darah pada tikus dengan hipertensi.

Baca Juga: 3 Manfaat Hebat Madu untuk Kesehatan Jantung

4. Meningkatkan Energi dan Fungsi Otak

manfaat kesehatan jamur shiitake-tingkatkan fokus dan energi

Foto: Orami Photo Stock

Jamur shiitake adalah sumber vitamin B, yang membantu mengubah nutrisi pada makanan menjadi energi. Selain itu, konsumsi jamur ini dapat menyeimbangkan hormon yang bisa mempertahankan fokus sepanjang hari.

Menurut Journal of Gerontology, menambahkan jamur shiitake ke dalam menu makanan dapat memberikan tambahan vitamin B yang dibutuhkan untuk menghindari kekurangan energi.

Nah, itu dia Moms beberapa manfaat kesehatan jamur shiitake yang mungkin belum Moms ketahui.

Artikel Terkait