KEHAMILAN
13 Februari 2020

6 Manfaat Kismis Bagi Ibu Hamil dan Bahayanya

Apakah aman konsumsi kismis bagi ibu hamil? Jawabannya adalah kismis sangat bergizi serta dikonsumsi selama kehamilan
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Makanan yang sehat tentu akan berpengaruh pada Si Kecil dalam kandungan. Tapi, ada juga makanan yang berbahaya bagi ibu hamil yang harus dihindari seperti pepaya muda dan nanas.

Bagaimana dengan kismis? Apakah buah tersebut dapat membantu Moms selama kehamilan? Atau justru harus dihindari? Berdasarkan artikel dari University of Michigan tentang Snacking Sehat Selama Masa Kehamilan, kismis kaya akan nutrisi seperti kalium, kalsium, dan fosfor, yang mendukung pertumbuhan janin.

Alternatif makanan sehat ini mampu menawarkan energi dan perlu dicatat, Moms harus memakannya dalam jumlah sedang agar terhindar dari komplikasi.

Manfaat Konsumsi Kismis bagi Ibu Hamil

Setelah mengetahui kismis yang kaya akan nutrisi, Lalu apa manfaat konsumsi kismis bagi ibu hamil yang lainnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Mencegah Anemia

Ibu hamil alami anemia

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kismis untuk ibu hamil yang pertama adalah mencegah anemia. Anemia defisiensi besi adalah keluhan umum selama kehamilan.

Kismis mengandung kadar zat besi dan vitamin C yang baik yang membantu menurunkan risiko anemia

2. Mengobati Sembelit

Sembelit pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kismis untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengobati sembelit. Banyak wanita menderita sembelit dan masalah pencernaan lainnya selama kehamilan.

Kismis dapat memberikan solusi untuk masalah yang sering menjengkelkan ini karena mengandung serat yang memudahkan pergerakan usus.

Baca Juga:6 Manfaat Buah Kismis yang Jarang Diketahui

3. Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi bagi ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kismis untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk kesehatan gigi. Moms menderita gusi bengkak atau radang gusi yang merupakan kondisi umum lainnya selama kehamilan.

Nah, menurut American Society for Nutrition dengan mengonsumsi kismis yang kaya akan asam oleanolik dan kalsium maka akan melindungi gigi serta gusi.

4. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Kanker

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kismis untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah kanker dan penyakit jantung. Menurut Maricopa County Department of Public Health, buah dan sayuran berwarna biru atau ungu diwarnai oleh pigmen tumbuhan alami yang disebut “Anthocyanin”.

Antosianin dalam blueberry, anggur, dan kismis bertindak sebagai antioksidan kuat yang melindungi sel dari kerusakan.

Bila Moms mengonsumsi kismis diyakini dapat mengurangi risiko kanker, stroke hingga penyakit jantung.

5. Persediaan Energi

Ibu hamil jalan santai

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kismis untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk persediaan energi. Berdasarkan Dhanwantari : A Complete Guide to the Ayuverdic Life, kismis merupakan sumber glukosa dan gula buah yang baik.

Segenggam kismis dapat memberi ibu hamil dorongan energi instan.

6. Tulang dan Penglihatan Janin

Ilustrasi janin

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kismis untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah tulang dan penglihatan janin. Konsumsi kismis pun baik untuk membantu Si Kecil yang belum lahir.

Kandungan vitamin A membantu dalam pengembangan penglihatan, dan kalsium membuat tulang jauh lebih kuat.

Baca Juga:Kismis Untuk Bayi: Kapan Boleh Diberikan dan Apa Manfaatnya?

Bahaya Kismis untuk Ibu Hamil

Kismis.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun banyak manfaat konsumsi kismis untuk ibu hamil, buah tersebut pun dapat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, di antaranya:

  • Meningkatkan kadar gula darah, dan karenanya dapat berkontribusi untuk didiagnosis dengan diabetes gestasional.
  • Dapat menyebabkan obesitas pada bayi.
  • Meningkatkan risiko Moms dan bayi terkena diabetes tipe 2.

Tips Konsumsi Kismis untuk Ibu Hamil

manfaat kismis untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Momjunction, Ibu hamil dapat mengonsumsi kismis saat menginginkan sesuatu yang manis. Cobalah cara berikut ini agar mendapat manfaat konsumsi kismis bagi ibu hamil:

  • Rendam segenggam kismis dalam air dingin selama satu jam. Kuras airnya dan makan bersama susu panas sebelum tidur.
  • Tambahkan kismis ke air mendidih, dan curam selama 10 hingga 15 menit. Anda bisa mengonsumsi air dalam jumlah kecil sepanjang hari.
  • Buat campuran kismis, kacang-kacangan dan aprikot kering untuk membuat camilan sehat.
  • Ambil sejumlah kismis dan kacang pilihan Anda, dan tambahkan madu. Simpan dalam wadah, dan Anda dapat menikmati satu sendok makan camilan lezat ini setiap pagi.

Baca Juga:Ini Dia 7 Jenis Buah Anggur yang Wajib Diketahui

Terakhir, konsultasikan dengan dokter sebelum memasuk kismis ke dalam diet kehamilan. Lakukan diet sehat yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, dan buah-buahan dan kacang kering.

Hal ini akan memastikan bahwa Moms memiliki kehamilan yang sehat. Tak lupa, Moms untuk tetap bahagia agar memiliki masa kehamilan yang sehat!

Artikel Terkait