FASHION & BEAUTY
9 Agustus 2019

Mengenal Kolagen dan Manfaatnya untuk Kecantikan

Membantu kulit agar lebih awet muda
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Bagi Moms yang memperhatikan perawatan tubuh, terutama perawatan wajah, pasti sudah tidak asing dengan kolagen. Ya, setiap perawatan kecantikan, biasanya kolagen akan diikutsertakan.

Kolagen adalah protein paling banyak di kulit, membentuk 75-80% organ yang mengesankan, kata ahli kulit yang berbasis di New York City Debra Jaliman, MD.

Kolagen ditemukan di dermis atau lapisan tengah kulit. Namun, tak hanya itu, kolagen juga ditemukan di tulang, tendon, ligamen, organ, otot, pembuluh darah, dan rambut, dan merupakan komponen utama dari jaringan ikat kita, kata editor nutrisi penyumbang kesehatan, Cynthia Sass, RD. "Kolagen sering disebut sebagai 'lem' yang menyatukan tubuh," jelas Cynthia.

Untuk tahu manfaat kolagen untuk kecantikan kulit, mari kita simak ulasan di bawah ini!

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Manfaat Witch Hazel dalam Skincare!

Apa Manfaat Kolagen Bagi Kulit?

manfaat kolagen

Sederhananya, manfaat kolagen adalah membuat kulit sehat dan tampak awet muda. Sayangnya, ada juga enzim dalam kulit yang disebut collagenase yang memecah ikatan dalam kolagen; meskipun tubuh kita membuat kolagen baru setiap hari, setelah usia 25 tahun, kita akan kehilangan lebih banyak kolagen daripada yang kita hasilkan.

Saat itulah kita mulai melihat garis-garis halus, kerutan, kulit kendur, dan persendian yang melemah. Ya, kolagen pun akan semakin berkurang seiringnya usia kita.

Jika ditambah dengan pola hidup yang tidak sehat, terpapar polusi dan tak memakai perlindungan apapun, serta mengonsumsi gula terlalu banyak, ini akan semakin membuat tubuh kita sulit memproduksi kolagen. Sehingga, penuaan dini akan lebih cepat datang pada tubuh kita.

Baca Juga: Kolagen di Tubuh Berkurang Sejak Usia 25 Tahun dan Picu Kerutan, Apa Faktor Penyebabnya?

Cara untuk Meningkatkan Kolagen

manfaat kolagen

Selain bertambah tua, gaya hidup yang cenderung tidak sehat dapat menghambat produksi kolagen. Tetapi, diet yang sehat dan seimbang adalah cara mudah untuk meningkatkan pasokan kolagen kita.

"Untuk meningkatkan kolagen, kita perlu mengonsumsi cukup sayur dan buah, lemak sehat, dan membatasi makanan yang memicu peradangan, seperti permen dan produk olahan," ujar Cynthia.

Tak cuma itu, menggunakan krim seperti retinoid dan peptida berbasis vitamin A, dapat membantu meningkatkan produksi kolagen alami kulit.

Baca Juga: Mengenal Retinol, Bahan Skincare untuk Anti-aging

Tentunya, diet sehat dan menggunakan produk kecantikan berbasis kolagen tak langsung memproduksi kolagen secara banyak. Dibutuhkan ketelatenan untuk menerapkan pola hidup sehat agar kolagen tetap diproduksi tubuh.

(SA)

Artikel Terkait