KESEHATAN
6 November 2019

Manfaat Kopi untuk Ginjal, Simak di Sini!

Kopi bisa menurunkan risiko kematian pada penderita penyakit ginjal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Apakah benar ada manfaat kopi untuk penderita penyakit ginjal? Sebab, mitos yang beredar, kopi justru buruk untuk ginjal.

Kopi merupakan minuman pokok bagi sebagian besar orang Amerika, yang meminumnya setiap hari. Ketika orang mengetahui bahwa mereka memiliki penyakit ginjal dan harus melakukan perubahan pola makan, salah satu pertanyaan pertama yang mereka tanyakan adalah, "apakah saya harus berhenti minum kopi?"

Baca Juga: Pentingnya Minum Air untuk Menghindari Batu Ginjal

Jawaban utamanya adalah tidak. Kopi tidak membawa efek buruk untuk para pecinta kopi yang menderita penyakit ginjal. Mengapa? Simak jawabannya di bawah ini.

Menurunkan Risiko Kematian

penyakit ginjal

Foto: webmd.com

Moms, ternyata ada manfaat kopi untuk ginjal yang membuatnya direkomendasikan dokter untuk pasien yang menderita penyakit ginjal kronis (Chronic Kidney Disease). Menurut sebuah penelitian terbaru dalam Nephrology Dialysis Transplantation mengenai ginjal dan kopi, mengonsumsi lebih banyak kafein dapat menurunkan risiko kematian bagi pasien penyakit ginjal.

Para peneliti percaya bahwa dampak positif dari kafein terkait dengan efek vaskular, karena kafein telah diketahui meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Baca Juga: Tidak Hanya Minum Air Putih, Ini 6 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Menurut penelitian baru yang melibatkan hampir 5.000 orang dengan penyakit ginjal kronis, kenaikan asupan kafein setiap hari mampu menurunkan kemungkinan kematian dini.

“Bahkan setelah mempertimbangkan faktor-faktor penting lainnya seperti usia, jenis kelamin, ras, merokok, penyakit lain dan diet," kata Miguel Bigotte Vieira, salah satu penulis utama penelitian dari North Hospital Hospital Center di Portugal.

Meskipun penelitian ini tidak dapat membuktikan sebab dan akibatnya, hal ini menemukan bahwa asupan kafein yang lebih besar dikaitkan dengan harapan hidup yang lebih besar untuk orang dengan penyakit ginjal kronis.

Kopi Merangsang Ginjal untuk Mengeluarkan Cairan

penyakit ginjal

Foto: healthline.com

Manfaat kopi untuk ginjal selanjutnya adalah sifat diuretiknya, makanya minuman satu ini merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak cairan, membuat penderita penyakit ginjal lebih butuh pergi ke toilet.

“Ini karena kafein mengganggu cara cairan diserap kembali ke dalam darah,” kata Profesor Chris Eden, konsultan urologis di Royal Surrey County Hospital di Guildford.

Baca Juga: Efek Kafein Pada Kesuburan, Baik atau Buruk?

Kopi kaya akan oksalat, senyawa yang berikatan dengan kalsium dalam darah untuk membuat kalsium oksalat, komponen utama batu ginjal.

Menurut sebuah penelitian dalam Institute of Medicine Amerika Serikat, orang-orang dengan riwayat penyakit ginjal mengalami peningkatan kadar kalsium dalam urin mereka setelah minum dua cangkir kopi setiap hari.

'Kopi adalah netral kesehatan bagi orang-orang yang sehat, tetapi perlu diperlakukan dengan hati-hati. jika Anda memiliki masalah kesehatan, 'kata Profesor Eden.

Nah, sekarang Moms sudah paham manfaat kopi untuk ginjal, ya? Jadi, jangan takut untuk mengonsumsinya. Tapi, ingat, jangan sampai kebanyakan juga ya.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait